Tips Persiapan Burung Ciblek 7 Hari Sebelum Lomba H -7

Perlu diketahui bahwa tips persiapan burung Ciblek 7 hari sebelum lomba ini merupakan kelanjutan dari ulasan sebelumnya. Karena memang umumnya saat akan dihadirkan dalam lomba burung sudah disiapkan dari 2 minggu sebelumnya atau H -14. Dan jika sudah memasuki jangka waktu tersebut perawatan un ada perbedaan.

Yang tentu saja terbilang lebih intensif lagi untuk benar benar memantpkan burung agar siap untuk berlomba. Namun perlu anda perhatikan juga bahw akarakter setiap burung tentu akan berbeda. Maka dari itu kami akan mengulas secara umum saja, bagian teknik khusus tentu harus bisa anda kembangkan sendiri. Untuk mempersingkat waktu, langsung saja kita menuju tips persiapan burung CiblekĀ  hari sebelum lomba berikut.

Tips Persiapan Burung Ciblek 7 Hari sebelum Lomba Dilaksanakan

Tips Persiapan Burung Ciblek 7 Hari Sebelum Lomba

Tips Persiapan Burung Ciblek 7 Hari Sebelum Lomba

  • Jika di H-14 hanya tidak didekatkan pada burung sejenis saja atau bertemu muka, dan saat ini anda sudah tidak bisa membiarkan Ciblek mendengar suara kicauan burung lain dari jarak dekat.
  • Danbagi anda yang masih ingin memaster burung, sangat disarankan untuk memperdengarkan suara burung baik dari MP 3 atau pun dari burung master dari jarak jauh (suara samar). Atau dengan kata lain burung ini dalam masa karantina.
  • Pakan Masih diberikan secara teratur dimasa ini, begitu juga dengan multivitamin. Namun ada beberapa Kicau Mania yag menyarankan untuk menambah pemberian EF guna memantapkan stamina agar tetap fit.
  • Ritual mandi dan penjemuran ada sedikit perbedaan dengan umum atau biasanya. Dimana rutinitas mandi dan penjemuran bisa terbilang di buat lebih pendek atau dipersingkat masa nya.
  • Pengerodongan pun masih tetap dilakukan, yang memang hal ini difungsikan agar burung tidak terlelu beraktifitas berat yang menguras energi berlebih.
  • Pemberian EF berjenis Kroto dimasa ini bisa anda berhentikan terlebih dahulu. Yang tentunya kita sangat mengetahui Kroto ini memiliki senyawa kandungan yang mampu memperaktif burung. Dengan memberhentikannya bertujuan untuk mengistirahatkan terlebih dahulu burung yang akan dilombakan.
  • Dan disaat masuk ke H-4 hingga H-2 anda bisa menambahkan pemberian EF lain. Yang umumnya adalah Jangkrik, dimana anda bisa menambahkan 1 ekor di setiap pemberian. Seperti contoh umumnya diberi 2 ekor perhari, anda bisa memberikannya menjadi 3 ekor perhari.
  • Dan pada H-1, anda bisa memberikan support yang memang tidak wajib. Pasalnya hal ini membutuhkan burung Ciblek betina yang dibiarkan menemani selama 15 menit di saat akan bertanding. Hal ini cukup membantu dalam meningkatkan kesiapan mental burung yang akan diperlombakan. Namun tidak perlu dipaksakan jika tidak ada Ciblek Betina.
  • Masih pada H-1 dimana anda bisa mulai memberikan kroto kembali namun baiknya di pagi hari. Dan juga mungkin bisa anda tambahkan 1 ekor lagi dalam porsi EF sebelumnya.

Dan itulah informasi yang mungin bisa anda simak pada kesempatan ini. Yang dimana dalam 2 minggu terakhir anda bisa melakukan banyak hal sebelum burung ditandingkan. Sekian dari kami, semoga tips persiapan burung Ciblek 7 hari sebelum lomba diatas bisa bermanfaat sekaligus membantu. yang wajib di baca juga oleh sahabat yaitu artikel mengenai penyebab burung kenari betina sulit bertelurĀ 

Tags:
    ciri ciri ciblek siap tarung, cara membuat mental ciblek berani, melatih mental ciblek semi, cara ngecas ciblek dengan betina, cara ngecas ciblek,