Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Tips Mengatasi Burung Anis Binbin yang Ngedrop

Burung Anis Binbin – Burung Anis Binbin atau yang lebih dikenal dengan nama tledekan atau sulingan ini adalah salah satu jenis burung kicau yang memiliki suara khas dan unik. Terlebih dari kelebihan tersebut, jenis burung satu ini ternyata memiliki satu kelemahan yakni mudah sekali stres atau ngedrop. Ini karena Burung Anis Binbin memiliki sifat teritorial.

Ngedrop sehingga tak mau lagi berkicau memang sering dialami oleh para pemilik burung jenis ini. Tak heran banyak dari mereka mencari cara atau tips mengatasi Burung Anis Binbin yang ngedrop di internet khususnya. Nah, jika memang Anda juga mengalami hal yang sama, maka Anda sudah ada di tempat yang benar. Karena pada artikel ini kami akan membahasnya untuk Anda tips dan caranya.

Burung Anis Binbin

Tips Mengatasi Burung Anis Binbin yang Ngedrop

Burung Anis Binbin memang menjadi favorit bagi banyak pecinta burung. Ini karena kicauannya yang merdu dan membuat siapa saja yang mendengarnya bakal jatuh hati. Bahkan dibeberapa tahun lalu, burung jenis ini mendapat tempat khusus dalam suatu perlombaan burung kicau.

Seperti yang sudah kami singgung diatas, burung jenis ini memang mudah sekali stress dan ngedrop sehingga tak mau berkicau. Ini tentunya disebabkan oleh banyak hal, yang mungkin saja banyak disepelekan oleh beberapa orang. Berikut beberapa penyebab Anis Binbin stress dan ngedrop :

  • Ketika diperlombakan, burung kalah mental saat bertemu dengan burung lain sejenisnya.
  • Penurunan kondisi kesehatan burung.
  • Perubahan pola perawatan.
  • Kalah mental saat terus digempur oleh burung sejenis dengan suara yang lebih keras.
Baca ini:   Cara Membedakan Anis Kembang Jantan dan Betina

Setelah mengetahui beberapa penyebab burung ngedrop diatas, sekarang saatnya mengetahui cara mengatasinya. Berikut cara mengatasi Burung Anis Binbin yang ngesrop.

Jauhkan dari burung yang berkarakter sama

Tips yang pertama, Anda harus menghindarkan burung jenis satu ini dari jenis burung lain yang memiliki karakter yang sama. Beberapa jenis burung sejenis tersebut, antara lain murai batu, kacer, dan jenis lain yang memiliki karakter suara keras dan lantang.

Rutin memandikan malam

Burung Anis Binbin yang ngedrop ternyata bisa disembuhkan sehingga rajin bunyi kembali saat dilakukan terapi mandi malam. Mandikan saja burung tersebut selama satu minggu dulu, dengan rentang waktu jam 19.00 – 20.00. Setelah dimandikan, berilah burung dengan 2-3 ekor jangkrik. Jika mandi malam ini dilakukan, maka mandi di pagi atau sore hari bisa dihilangkan. Jadi, burung hanya mandi 1 kali sehari yakni di malam hari.

Lakukan Pengembunan

Selain memandikan di malam hari, Anda juga diharuskan untuk melakukan pengembunan di pagi hari. Keluarkan dan gantang saja burung tersebut di halaman rumah di waktu pagi antara pukul 05.00 – 05.30. Waktu di embunkan, berilah burung dengan 1-2 ekor jangkrik. Ditambah juga 1 sendok teh kroto yang bisa diberikan 2-3 hari sekali.

Berikan juga pakan dan vitamin

Dan yang terakhir adalah dengan memberikan pakan dan vitamin pada burung secara teratur. Berikan saja jangkrik sesuai takaran, 1-2 ekor ulat hongkong setiap hari dan 1 sendok teh kroto setiap 2-3 kali sehari.

Baca ini:   Cara Membedakan Anis Kembang Jantan dan Betina

Sebenarnya Burung Anis ini memiliki jenis lainnya yang juga tak kalah menarik dan memiliki kicauan sempurna. Beberapa jenis tersebut adalah Burung Anis Merah dan Burung Anis Kembang. Meskipun demikian, jenis burung tersebut berbeda satu sam lainnya, baik sari segi bulu-bulu cantik yang menyelimutinya, atau ciri-ciri fisik lainnya.

Demikian tadi tips mengatasi Burung Anis Binbin ngedrop atau stres yang bisa Anda terapkan sendiri. Semoga informasi diatas bermanfaat.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *