Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Solusi Jitu Atasi Burung Murai Batu Gembung Atau Mbalon

Sebelum menuju ke topik utama mengenai Cara Mengatasi Murai Batu Gembung Atau Mbalon, ada baiknya sahabat tahu pengertinya dulu. Gembung/Mbalon/Nggembung merupakan istilah untuk burung murai batu yang dalam kondisi down atau kurang percaya diri sehingga burung tersebut akan menggembungkan bulu-bulu perut dan dadanya.

Padahal sejatinya gaya murai batu yang gacor adalah ketika menghempaskan bulu bagian ekornya sambil mengangkat ke atas dengan membusungkan dada ke depan dan berjalan di setiap suduh tenggeran. Bahkan untuk sekelas burung pemenang lomba, justru mampu mengeluarkan suara masteran sangat lantang namun tidak diikuti dengan gembungan (mbalon).

Cara Jitu Atasi Burung Murai Batu Gembung Atau Mbalon
burung murai batu dalam kondisi gembung/nggembung/mbalon

Oleh karenanya, jika murai batu peliharaan sahabat mampu berkicau tapi masih terlihat menggembungkan bulu-bulunya (bagian dada dan perut) maka bisa dipastikan burung itu justru kurang tampil percaya diri alias down. Jadi solusi paling tepat untuk mengatasi masalah tersebut, silahkan bisa mengikuti tips sederhana dibawah ini.

Baca ini:   Cara melatih mental Burung Murai Batu Supaya Juara

Solusi Jitu Mengatasi Burung Murai Batu Gembung Atau Mbalon

1. Cobalah untuk memangkas pemberian EF jangkrik, jadi cukup 1 pagi hari dan 1 di sore hari.

2. Mulailah untuk melakukan proses pengembunan secara rutin dari pukul 05.30 sampai 06.30 (tiap hari).

3. Berikan EF cacing rutin yaitu 1 ekor dalam 2 kali seminggu. Contohnya hari senin dan kamis, atau kamis dan minggu.

4. Lakukan proses pemandian rutin baik di pagi, siang atau sore hari. Namun fokuskan untuk lebih sering di pagi hari agar badannya selalu segar.

5.  Sesuaikan proses penjemuran, kalo bisa kurangi 30 menit setiap hari. Maksudnya, tidak perlu dijemur terlalu lama.

6. Hal penting lainya adalah mengisolasi burung murai batu di sebuah tempat khusus dan tidak terdengar burung sejenisnya atau apapun (untuk sementara waktu). Gunakan cara isolasi vool kerodong hingga si burung mulai terlihat kepercayaan dirinya.

7. Jangan lupa untuk menambahkan multivitamin sebagai penunjang kesehatan burung sepeti BirdMineral dan BirdVit.

Itulah penjelasan sekaligus tips paling sederhana soal mengatasi murai batu gembung atau mbalon. Semoga berguna untuk para pembaca setia disini, terima kasih.

salam kicaumania

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *