Solusi Cara Mengatasi Burung Murai Batu Mogok Makan Voer

Cara Mengatasi Murai Batu Mogok Makan Voer, Sebenarnya setiap burung berasal dari habitat alam, artinya tidak pernah makan voer melainkan memakan serangga dan tumbuhan yang ada di hutan baik itu jenis burung besar maupun burung kecil termasuk murai batu.

Tentu, sahabat juga bakal membutuhkan proses seandainya mendapatkan burung murai batu hasil tangkap dari  hutan agar mau makan voer.

Cara Mengatasi Murai Batu Mogok Makan
Solusi Cara Mengatasi Burung Murai Batu Mogok Makan Voer

Ada beberapa tahapan yang memang harus dilakukan si burung terbiasa mengkonsumsi jenis makanan buatan manusia seperti pencampuran bahan, memadu-madankan dengan minuman gula atau minuman manis dan lain-lain.

Nah, adapun ketika burung murai batu milik sahabat sudah biasa makan voer, kemudian tiba-tiba datang penyakit malas untuk mengkonsumi voer, hal tersebut diakibatkan oleh kejenuhan karena menuya tidak pernah diganti.

Maka perlu trik khusus apalagi murai batu yang sedang sahabat pelihara merupakan burung terbaik untuk perlombaan.

Baca ini:   Ramuan Alami Untuk Mengobati Burung Murai Batu Yang Sakit

2 Cara Mengatasi Murai Batu Mogok Makan Voer

1. Dengan Membuatnya Lapar 

Mulai siang hari, murai di buat kelaparan dahulu. Berarti, Anda tidak butuh memberikannya EF berbentuk apa pun, baik jangkrik, ulat hongkong, serta kroto. Namun voer tetaplah disiapkan dalam wadahnya dan begini tahapanya

  • lantaran lapar serta tidak ada pakan lain, beberapa burung umumnya ingin makan voer. Namun ada pula burung yang tetaplah tidak ingin makan voer. Janganlah cemas burung mati, lantaran burung baru alami keadaan gawat sesudah 3 hari berturut-turut tak makan sekalipun.
  • sesudah di buat lapar 1/2 hari lebih, silahkan check keadaan burung besok harinya. Teliti kotorannya, apakah telah berwarna kehijauan serta menggumpal, seperti ciri burung yang makan voer.
  • bila belum tampak ada pergantian, janganlah menyerah! Teruskan dahulu hingga sore hari. Jadi, kita coba tak berikan pilihan pakan pada burung, terkecuali cuma sediakan voer. EF untuk sesaat tetaplah diliburkan.
  • sore hari, amati lagi pergantian pada kotoran burung, juga keadaan kesehatannya. Bila tak ada pergantian, Anda dapat menyebarkan voer ke basic sangkar. Teliti kembali apakah burung yang telah kelaparan ini ingin makan voer.
  • bila telah ada pergantian, berikan saat satu hari lagi dimana burung cuma di beri voer. Hal semacam ini untuk membiasakan burung ingin ngevoer lagi.
  • hari selanjutnya, burung telah mulai di beri EF lagi, tetapi dalam jumlah sedikit dahulu. Dengan cara bertahap, porsinya dapat dinormalkan seperti saat burung belum punya masalah.

2. Beri Suplemen Tambahan

Dengan memberinya suplemen tambahan maka murai batu bisa terpenuhi kebutuhan nutrisi meski ketika itu tidak suka dengan voer. Disisi lain, perlu diingat juga tidak boleh memberikan suplemen vitamin yang berlebihan untuk menghindari overdosis pada burung.

Ada beberapa pilihan vitamin yang direkomendasikan oleh para pecinta burung murai batu antara lain Vitakraft Vita Fit (untuk menjaga sistem kekebalan tubuh), Vitalur (untuk menjaga kestabilan reproduksi burung), Squa Plus Minyak Ikan (untuk mempercepat pertumbuhan bulu dan mengatasi berbagai macam infeksi pada burung) serta BnR AMB ( multivamin untuk menjaga daya tahan tubuh dan menghilangkan rasa dahaga).

Diharapkan dengan pemberian selang-seling antara voer dan suplemen vitamin, nantinya murai batu tetap mau mengkonsumsi voer dalam jumlah yang banyak.

Demikian artikel mengenai Cara Mengobati Murai Batu Mogok Makan Voer. Semoga informasi diatas bermanfaat bagi sahabat semuanya, jangan lupa terus berkunjung ke situs ini untuk tahu update terbaru seputar dunia burung, terima kasih.

Salam,
Kicau Mania
www.caramerawatburung.com

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *