Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Perbedaan Jalak Nias Jantan dan Betina Beserta Ciri-cirinya

Jalak Nias Jantan ā€“ Salah satu jenis burung yang juga tak sepi peminat di seluruh penjuru daerah Indonesia khususnya adalah Burung Jalak Nias. Jalak Nias sendiri cukup banyak dipelihara oleh para pecinta burung saat ini. Alasannya karena Jalak Nias memiliki keunikan sendiri jika dibandingkan dengan jenis burung lainnya. Selain itu, kicauannya juga cukup merdu dan keras, membuat banyak yang akhirnya jatuh hati untuk memeliharanya.

Tentunya Jalak Nias jantan lebih banyak dipilih untuk dipelihara sebagai peramai suasana rumah bagi sebagian besar pecinta burung. Namun terkadang, saat akan membeli Jalak Nias jantan banyak yang terkecoh akan jenis kelaminnya. Yang semula dikira Jalak Nias berjenis kelamin jantan, tetapi nyatanya berjenis kelamin perempuan. Nah, karena masalah ini dibawah ini rangkumkan untuk Anda perbedaan Jalak Nias jantan dan betina berserta ciri-cirinya.

Jalak Nias Jantan

Perbedaan Jalak Nias Jantan dan betina Beserta Ciri-cirinya

Jalak Nias jantan memang memiliki kualitas yang lebih baik jika dibandingkan dengan Jalak Nias betina. Baik itu dari kualitas kicauannya ataupun keagrsifannya. Karena itulah, maka tidak heran kalau Jalak Nias jantan lebih dipilih untuk dipelihara di rumah. Namun jika seseorang memiliki tujuan untuk budidaya Jalak Nias, maka Jalak Nias betinalah yang sering menjadi pilihan utama.

Jalak Nias sendiri memiliki warna bulu coklat yang mendominasi disekujur tubuhnya, dengan kepala warna hitam pekat. Selain itu, dibagian bagian belakang atau bokongnya memiliki bulu berwarna putih. Warna kuning juga menjadi pemanis kombinasinya yang berada di bagian paruh, kaki dan lingkar matanya.

Baca ini:   Cara Perawatan Jalak Suren Biar Gacor dan Sehat

Jalak Nias sendiri tersebar hampir diseluruh wilayah Asia, dan hingga kini penyebarannya sudah mulai meluas bahkan hingga keluar Asia, seperti Afrika Selatan, Selandia Baru, Canada, Australia, hawai dan lain sebagainya.
Kembali ke pembahasan awal yakni mengenai perbedaan Jalak Nias jantan dan betina yang perlu Anda tahu. Dengan demikian maka Anda tidak akan terkecoh lagi saat akan membeli Jalak Nias jantan maupun betina. Berikut perbedaan melalui ciri-ciri dari masing-masing jenis kelaminnya.

Ciri-ciri Jalak Nias Jantan

  1. Pada bagian kepala, Jalak Nias jantan memiliki bentuk kepala agak pipih dan tampak seperti persegi. Selain itu, biasanya terdapat jambul dibagian atas kepalanya.
  2. Suara Jalak Nias jantan lebih keras dan bervaritif jika dibandingkan dengan betinanya.
  3. Ketika berkicau, kepala Jalak Nias jantan akan mengangguk-ngangguk, serta jambulnya agak mengembang.
  4. Dari segi bulu yang membalutnya, Jalak Nias jantan berwarna agak lebih mengkilap dan tegas.

Ciri-ciri Jalak Nias Betina

  1. Di bagian kepalanya, Jalak Nias betina memiliki bentuk kepala agak lonjong dan bundar.
  2. Kicauannya tidak terlalu keras dan juga cenderung monoton. Sama sekali tidak bervariatif seperti kicauan di jantan.
  3. Kepalanya cenderung stabil dan diam saat berkicau. Selain itu, jambulnya juga tidak mengembang ketika berkicau.
  4. Bulu yang menyelimuti Jalak Nias betina cenderung lebih kusam.

Jalak Nias memang masih menjadi salah satu burung kicau paling favorit hingga saat ini. Meskipun demikian populasinya masih terbilang kaya dan masih banyak ditemukan di alam liar. Di perkotaan sendiri sering sekali kita menjumpai Jalak Nias yang diikutkan kontes kicau. Tak diherankan memang, karena kualitas kicauan dari Jalak Nias ini bisa disandingkan dengan burung kicau kelas atas lainnya.

Baca ini:   Daftar Harga Resmi Semua Jenis Burung jalak Terbaru Agustus 2017

Tak sampai disitu saja, seperti yang kami singgung diatas bahwa peminat dari Jalak Nias ini masih terbilang banyak. Namun tidak dapat dipungkiri memang, Jalak Nias jantan lebih suka dipelihara oleh para pecinta burung kicau jika dibandingkan dengan Jalak Nias betinanya.

Demikian tadi informasi perbedaan Jalak Nias jantan dan betina yang bisa kami bagikan untuk Anda. Semoga informasi diatas bermanfaat.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *