Perbedaan Cucak Ijo Kalimantan dan Banyuwangi Secara Fisik

Advertisement

Perbedaan Cucak Ijo Kalimantan dan Banyuwangi – Sebagai penggemar burung kicau tentu sudah sangat mengenal jenis burung satu ini, yakni Cucak Ijo. Burung Cucak Ijo atau yang sering di singat CI ini memang cukup populer dan banyak yang meminatinya. Ini dikarenakan keindahan kicauan yang dimilikinya, membuat banyak pecinta burung terpikat. Selain itu, karena kicauan merdunya tersebut Burung Cucak Ijo juga sering di perlombakan.

Burung Cucak Ijo sendiri juga terdiri dari beberapa jenis. Namun, yang paling populer dan banyak dipelihara oleh banyak pecinta burung saat ini hanyalah 2 jenis saja yaitu Cucak Ijo Banyuwangi dan Cucak Ijo Kalimantan. Hampir sama tapi ada beberapa perbedaan antara keduanya, meskipun itu hanya sedikit saja. Karena hal inilah banyak pecinta burung yang sering terkecoh saat menentukan apakah burung tersebut dari jenis Cucak Ijo Banyuwangi atau Kalimantan.

Jika memang Anda kurang mengerti perbedaan keduanya juga tak perlu khawatir. Berikut ini kami bagikan beberapa perbedaan Cucak Ijo Kalimantan dan Banyuwangi secara fisik yang perlu Anda tahu.

Perbedaan Cucak Ijo Kalimantan dan Banyuwangi

Perbedaan Cucak Ijo Kalimantan dan Banyuwangi Secara Fisik

Seperti yang sudah kami singgung diatas, perbedaan antara kedua jenis Burung Cucak Ijo ini sangat tipis sehingga cukup sulit untuk membedakannya. Namun demikian, ada beberapa fisik dari kedua jenis tersebut yang tampak perbedaannya. Perbedaan secara fisik tersebut bisa dilihat dari bagian postur tubuh, Warna bulu, ekor, dan kicauan yang dikaluarkannya. Dengan mengetahui beberapa ciri fisik dari keduanya tersebut, maka Anda bisa dengan mudahnya membedakan.

Baca ini:   Jenis Jenis Burung Cucak Ijo dan Harganya Terbaru Agustus 2017

Nah, daripada berlama-lama lagi, berikut ini perbedaan secara fisik antara Burung Cucak Ijo Kalimantan dan Banyuwangi :

Perbedaan secara postur tubuh

Perbedaan Cucak Ijo Kalimantan dan banyuwangi pertama yang cukup mencolok adalah pada postur tubuhnya. Dimana Cucak Ijo Kalimantan cenderung memiliki postur tubuh yang lebih pendek dan tidak melengkung. Sementara untuk Burung Cucak Ijo Banyuwangi sendiri postur tubuhnya lebih panjang dan agak melengkung. Dengan mendekatkan kedua jenis tersebut, pastinya Anda bisa dengan mudah mengenalinya apakah dari jenis Cucak Ijo Banyuwangi atau Kalimantan.

Perbedaan saat ngetrol

Selanjutnya untuk perbedaan Cucak Ijo Kalimantan dan Banyuwangi yang bisa Anda kenali adalah pada saat keduanya ngetrol. Untuk Cucak Ijo Banyuwangi pada saat ngetrol jambulnya sangat atraktif atau full Njegrik. Sedangkan untuk Cucak Ijo Kalimantan malah sebaliknya, yaitu tidak atraktif saat ngetrol. Jambul yang atraktif sendiri menjadi nilai plus bagi Cucak Ijo jenis Banyuwangi yang memang cukup mendatangkan minat para pemeliharanya.

Perbedaan warna bulu

Pada warna bulu dari masing-masing jenis yaitu Cucak Ijo Banyuwangi dan Kalimantan juga terdapat perbedaan. Yakni untuk Cucak Ijo Banyuwangi bulu ditubuhnya cenderung berwarna hijau tua, tampak sangat cantik. Sementara untuk Burung Cucak Ijo Kalimantan warna bulunya lebih pucat dengan paduan hijau kekuning-kuningan. Perbedaannya semaki mencolok saat Anda menyandingkan keduanya.

Perbedaan ekor burung

Sementara perbedaan lainnya juga terdapat pada bagian ekornya, dimana untuk Cucak Ijo Banyuwangi ekornya cenderung lebih panjang, lentur dan agak melengkung. Sementara itu, untuk Burung Cucak Ijo Kalimantan bentuk ekornya lebih kaku, pendek dan tidak melengkung seperti pada Cucak Ijo Banyuwangi.

Baca ini:   Inilah Perawat Cucak Ijo Ketika Mabung Supaya Cepat Tumbuh Bulu

Perbedaan dari kicauannya

Kicauan dari kedua jenis burung ini juga memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Untuk Burung Cucak Ijo Banyuwangi sendiri kicauannya lebih bervariatif, apalagi saat diadu. Sementara untuk Burung Cucak Ijo Kalimantan kicauannya tak sevariatif Cucak Ijo Banyuwangi. Kicauannya sendiri lebih pendek dan sangat monoton. Pantas, peminatnya cenderung lebih sedikit dari pada Cucak Ijo Banyuwangi.

Demikian tadi informasi perbedaan Cucak Ijo Kalimantan dan Banyuwangi yang bisa kami bagikan kepada Anda. Semoga informasi diatas bermanfaat.

Tags:
    perbedaan kepodang sumatra dan jawa, ciri2 kepodang jawa kalimantan sumatra, c ijo selap, cucak ijo ekor putih, perawatan cak ijo dokor, bedanya tilang sutra vs samyong, beda burung percang dan samyong, knpa cucak ijo tumbuh bulu putih dikepala, ciri2 samyong&gentilang sutra, foto ciri branjangan ntb, 
Loading...
Perbedaan Cucak Ijo Kalimantan dan Banyuwangi Secara Fisik | Hamba Muizun | 4.5