Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Perawatan Terbaik Burung Perkutut Macet Bunyi Akibat Stress

Cara Mengatasi Burung Perkutut Macet Bunyi – Pada dasarnya semua jenis burung punya kemampuan khusus untuk berkicau secara alami dan seiring petumbuhan biasanya akan makin berkembang. Meskipun begitu, ada banyak kasus dimana burung belum mau menonjolkan kicauanya walau umurnya sudah matang.

Salah satu contoh burung yang paling sering macet bunyi adalah burung perkutut. Dan biasanya pengaruh utamanya itu akibat stress entah karena kelelahan habis perlombaan, kalah mental dengan burung lain, inkonsistensi dalam perawatan atau pemberian makan yang kurang teratur

Nah sebelum hal itu terjadi, maka sahabat bisa sesegara mungkin mengambil tindakan pencegahan sehingga dapat memahami penyebab penurunan performa dari burung perkutut secara dadakan.

Lantas bagaimana jika perkutut macet bunyi, adem ayem bahkan tidak mau berkicau meski sudah dipancing dengan lawan jenisnya? Tenang, sahabat tentu masih bisa mengatasi hal tersebut dan berikut caranya.

burung perkutut
Perawatan Terbaik Burung Perkutut Macet Bunyi Akibat Stress

Cara Mengatasi Burung Perkutut Macet Bunyi

1. Masukkan burung perkutut ke kandang umbaran dengan beberapa burung lain yang lebih muda (marga bareng/burung murahan). Tujuanya agar perkutut mulai percaya diri dan mau berkicau atau gacor karena merasa lebih dewasa. Intinya perkutut yang macet bunyi jangan diumbar dengan yang lebih tuajuha perkutut jantan muda jangan disodori betina lebih tua

2. Tips kedua, sahabat bisa memfokuskan ke pemulihan mental, stamina dan kesehatanya dengan pemberian tempat yang lebih nyaman/tenang, kerodongi sangkarnya di area yang hangat saat musim dingim, perhatikan kebersihan sangkar serta tambahkan EF (Extra Fooding) dengan lebih bervariasi namun waktu pemberian jangan diubah.

3. Berikan terapi undur-undur yang kaya akan asam lemak Omega (EPA dan DHA). Seperti yang dilakukan oleh warga Cirebom bernama Suganda (45) (dikutip dari Kompas Online) bisa menjadi referensi untuk merawat perkutut macet bunyi dengan menambahkan pakan undur-undur. Namun jangan lupa untuk berkonsultasi terlebih dulu kepada ahlinya

Baca ini:   Perawatan Harian Burung Perkutut Burung Penuh Misteri

Semoga tips perawatan perkutut macet bunyi diatas bisa dijadikan salah satu solusi supaya sahabat tidak kebingungan lagi mengatasi masalah tersebut. Terima kasih dan share juga ke teman-teman bila dirasa bermanfaat yak.

salam kicauwers

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *