Perawatan Lovebird Pada Musim Hujan Dan Musim Panas

Advertisement

Layaknya manusia yang menyesuaikan jenis pakaian yang mereka kenakan dengan musim tertentu, hewan juga beradaptasi dengan situasi alam yang sedang dialaminya. Tidak terkecuali, Lovebird, spesies burung kicau yang sedang digandrungi banyak penyuka burung. Lovebird akan menunjukkan tingkah-tingkah tertentu pada musim hujan atau kemarau.

Nah, berikut ini adalah pola perilaku Lovebird sekaligus cara perawatannya pada musim hujan dan kemarau.

Perawatan Lovebird pada Musim Hujan

Pada musim hujan, kebanyakan hewan, tidak terkecuali Lovebird, akan melindungi dirinya dari suhu lingkungan yang dingin. Lovebird mungkin akan menghabiskan sebagian besar waktunya dengan berdiam diri selama musim hujan. Nah, selama masa ini Anda bisa melakukan sejumlah teknik perawatan yang sesuai untuk Lovebird Anda demi kenyamanannya.

Cara yang pertama adalah dengan memasang lampu full spektrum pada sangkar Lovebird. Lampu jenis ini dikenal sebagai lampu yang ideal untuk menghangatkan tubuh burung. Selain itu, lampu ini juga yang digunakan selama proses pengeraman telur karena suhunya yang dirasa paling cocok untuk kondisi burung.

Anda juga bisa memasangkan kerodong lebih sering pada sangkar Lovebird Anda untuk melindunginya dari suhu yang dingin. Tidak lupa, porsi dan kualitas pakan untuk Lovebird juga harus diperhatikan selama musim hujan. Anda bisa menambah porsi makan Lovebird Anda lebih banyak dari biasanya. Selain itu, extra food alias pakan tambahan juga bisa ditambahkan untuk menunjang kesehatan Lovebird. Pakan tambahan itu meliputi kangkung, sawi, atau jagung muda.

Baca ini:   Daftar Harga Resmi Burung Lovebird Terbaru Agustus 2017

Multivitamin juga tidak kalah penting untuk memaksimalkan sistem perlindungan tubuh Lovebird demi mencegah burung terserang penyakit yang umum mewabah pada musim hujan, seperti flu.

perawatan-lovebird-pada-musim-hujan-dan-musim-panas

Perawatan Lovebird pada Musim Panas

Berbeda dari musim hujan, musim panas membuat Lovebird lebih cepat lelah. Karena itu, Anda bisa membantu Lovebird Anda untuk tetap merasa nyaman dengan melakukan beberapa metode yang tujuannya adalah untuk menurunkan suhu badannya.

Salah satunya adalah dengan selalu mengontrol persediaan air minum. Air minum Lovebird pada musim panas mungkin akan lebih cepat habis dikarenakan kebutuhan burung untuk menyesuaikan dengan suhu lingkungannya uang panas. Jika Anda tidak hati-hati dalam mengatur jumlah air minumnya, Anda bisa saja membiarkan Lovebird Anda dehidrasi yang bisa berakibat buruk pada kesehatannya.

Selain itu, selama musim panas, sebaiknya Anda tidak meletakkan sangkar burung Lovebird di dekat ventilasi. Bukannya Lovebird akan merasa segar karena terkena angina dari luar ruangan, malah Lovebird akan merasakan udara kering musim panas yang tidak baik untuk pita suaranya.

Dan yang terakhir, Anda bisa menambahkan pakan ekstra kepada Lovebird Anda dengan bahan yang berair atau basah. Pakan ini akan menambah asupan air Lovebird Anda sehingga dia tidak akan kehausan. Timun, timat dan beberapa sayur lain sangat disarankan. jangan lupa baca juga artikel mengenenai Harga Burung Jalak Terbaru Bulan ini

Tags:
    cara merawat lovebird dorong ekor, lb dokor, Cara merawat love bird dorong ekor, cara mengatasi lovebird dorong ekor, burung lovebird dorong ekor, kondisi lb dorong ekor, mengatasi lb dorong ekor, lovbird dorong ekor, cara merawat lb sedang dokor, perawatan lovebird over birahi di musim hujan, 
Loading...
Perawatan Lovebird Pada Musim Hujan Dan Musim Panas | admincmb | 4.5