Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Penyebab Dan Trik Mengatasi Brajangan Yang Hanya Ngeriwik Saja

Ternyata dari kalangan penggemar burung brajangan atau BR mania masih belum banyak tahu cara Mengatasi Brajangan Yang Hanya Ngeriwik Saja. Bukanlah hal sulit untuk mengatasi masalah tersebut jika sahabat sudah tahu penyebab utamanya.

Sebelum mengarah kesana, perlu diketahui dulu bahwa Brajangan terdiri dari 16 supspesies atau ras yang mana 3 diantaranya ada di Indonesia. Yaitu Brajangan Jawa (Mirafra Javanica) meskipun habitatnya bisa sampai di Bali hingga Kalimantan Selatan. Kemudian Brajangan Nusa Tenggara (Mirafra Javanica Parva) termauk dari wilayah Sunda kecil meliputi Lombok, NTT (Flores) dan NTB (Sumba). Terakhir adalah Brajangan Timor (Mirafra Javanica Timorensis) yang hanya ditemukan di Pula Timor dan Sawu.

Cara Mengatasi Brajangan Yang Hanya Ngeriwik Saja

Penyebab Dan Trik Mengatasi Brajangan Yang Hanya Ngeriwik Saja

Kalo dilihat dari ketiga spesies tadi, bisa dibilang performa masing-masing brajangan hampir sama kuat namun beberapa orang menganggap kalo brajangan jawa lebih kuat dan superior padahal itu hanyalah mitos saja. Jadi kembali lagi, bagus tidaknya burung tergantung pada cara perawatanya.

Terlepas dari berbagai macam spesies, tentu sahabat sudah tahu kan jika kualitas suara brajangan menjadi point penting apalagi saat persiapan mengikuti lomba-lomba tertentu. Lalu, gimana kalo brajangan hanya bisa ngeriwik saja alias tak mau berbunyi gacor? Kalo begitu, mari cari tahu dulu penyebabnya.

Penyebab Burung Brajangan Hanya Ngeriwik

Pertama, karena over birahi akibat dari pemberian EF yang terlalu berlebihan. Nah, untuk mengatasinya, sahabat bisa lebih teliti dalam memberikan EF, sebaiknya pagi atau sore cukup 4-6 ekor jangkrik saja.

Kedua, kondisi tubuh yang tidak fit. Artinya, meskipun burung terlihat sehat namun belum tentu mengeluarkan suara ngerol dengan volume tinggi. Solusinya adalah melakukan perawatan harian brajangan agar sehat dan  mau berkicau seperti memandikan dengan teknik semport atau karamba lalu berikan EF sesuai karakter burung (secukupnya), kemudian jemur 2-3 jam setiap hari dan jangan terlalu siang. Terakhir, perhatikan asupan vitamin (minimal 3 hari sekali) dengan tetap menyesuaikan karakter burung.

Trik Mengatasi Brajangan Yang Hanya Ngeriwik Saja

1. Koreksi EF (Extra Fooding)

kenapa harus dikoresi EF-nya? karena jenis burung brajangan lebih mudah OB (over birahi) karena pemberian protein yang terlalu tinggi. Oleh sebab itu, jika selama ini porsi EFnya tinggi maka kurangi sedikit demi sedikit.

Misalnya, sahabat memberikan 6 ekor jangkrik di pagi hari dan 5 ekor di sore hari. Cobalah untuk menurunkan porsinya, pagi 3 ekor dan sorenya 2 ekor saja. Tapi jangan lupa pula tetap memberikan ulat hongkong warna putih (dikurangi porsinya) serta kroto pun harus tersedia walau dalam jumlah sedikit.

2. Pancing Dengan Audio Kicauan

Pancing dengan audio kicauan brajangan, dekatkan dengan burung agar sekaligus dapat memaster brajangan di rumah sendiri. Silahkan bisa download kicauan burung brajangan untuk masteran

Bila memang ada finansial berlebih, belilah 1 ekor brajangan lagi (boleh jantan atau betina) untuk dijadikan sparring partner sehingga merangsangnya agar makin rajin berkicau dan gacor.

3. Perhatikan Penjemuran dan Posisi Sangkar

Walau langkah ketiga ini dibilang simpel, tapi cukup berpengaruh lho. Terapkan teknik penjemuran rutin selama 2-3 jam per hari (tak boleh melebihi jam 11.00 keatas). Sembari menggantungnya di tempat yang lebih tinggi dimana  sifat burung branjangan memang lebih senang berada di ketinggian tapi tetap awasi dari ancaman predator lainya.

4. Ganti Pasir/Bubukan Batu Bata Secara Berkala

Bahwa pasir atau bubukan batu bata yang sangat jarang diganti akan lebih mudah menimbulkan jamur atau tungau yang bisa menyebabkan infeksi pada brajangan Jadi, mulailah untuk mengganti bahan lama dengan bahan baru, minimal 1 bulan sekali supaya terjaga kebersihanya. Dengan begitu, burung akan merasa nyaman dan akan merangsangnya untuk mulai berkicau.

Semoga dengan adanya informasi tentang penyebab dan cara mengatasi brajangan yang hanya ngeriwik saja bisa menjadi solusi terbaik untuk sahabat-sahabatku semua, terima kasih.

salam kicaumania

Tags: