Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Mengatasi Burung Kacer Nyilet Dengan Pakan Terbaik Biar Cepat Gemuk

Sebelum membahas jauh tentang Mengatasi Burung Kacer Nyilet Dengan Pakan Terbaik Biar Cepat Gemuk, sahabat sudah tahu belum nyilet itu apa hayo? Nyilet merupakan arti lain dari kurang gemuk atau kurus yang terjadi pada burung dengan berbagai macam penyebab.

Nah, ketika menemukan masalah tersebut, sebaiknya burung kacer jangan terus dibiarkan mengingat hanya dalam beberapa hari saja dapat menyebabkan kematian (bisa dalam waktu 1-2 minggu tergantung penyebab). Oleh karenanya, yuk cari tahu apa saja faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kacer yang nyilet atau berbadan kurus.

pakan kacer biar gemuk

Mengatasi Burung Kacer Nyilet Dengan Pakan Terbaik Biar Cepat Gemuk

Penyebab Kacer Nyilet atau Berbadan Kurus

1. Kacer mengalami gangguan pencernaan
2. Kacer mengidap penyakit cacingan, bakteri dan penyakit lainya
3. Kacer kurang gizi alias tidak mendapatkan nutrisi secara maksimal dari pemiliknya.

Nah, bila masalahnya pada point pertama, maka sahabat harus segera mengatasinya dengan pemberian obat khusus infeksi atau gangguan pencernaan. Langkah ini bisa ditanyakan langsung kepada ahlinya atau toko obat burung yang paham betul proses pengobatanya.

Sedangkan untuk poin kedua, juga hampir sama dimana sahabat perlu melakukan terapi pengobatan melalui obat cacing atau antibiotik khusus burung supaya infeksi yang ada dalam tubuh burung kacer segera tertangani. Lalu, bagaimana dengan poin ketiga? Jika seekor kacer kurus karena kekurangan gizi maka solusi terbaiknya adalah pemberian pakan kacer agar gemuk dan sehat. Utamanya, sahabat harus berfokus pada perbaikan pola dan jenis pakan  dengan lebih banyak mengandung, mineral, vitamin serta nutrisi-nutrisi penting demi memaksimalkan pertumbuhan/perkembangan si kacer.

Baca ini:   Cara Merawat Burung Kacer Harian Supaya Cepat Gacor

Berikut Pakan Kacer Terbaik Biar Cepat Gemuk dan Sehat

1. Cukupi Kebutuhan EF

EF merupakan pakan dengan kandungan nutrisi tinggi  yang mampu mengembalikan performa kacer sehingga lebih gemuk, sehat bahkan gacor. Untuk jenisnya sendiri, dianjurkan berupa jangkrik, kroto atau ulat.

Teknisnya, asupan seperti jangkrik bisa diberikan setiap hari dan idealnya 10 ekor pagi dan 10 ekor sore demi mencukupi kebutuhan nutrisi burung tersebut. Dan khusus untuk protein tinggi, bisa diberikan cacing tanah (dilakukan 2-3 kali dalam seminggu).  Catatan penting, kombinasikan pemberian EF cacing tanah dengan

2. Beri Buah-Buahan Segar

Berikan kacer buah-buahan segar dan bergizi seperti pisang, pepaya, jeruk dan lain-lain. Tak hanya kacer, cucak ijo atau pleci pun doyan makan buah tersebut untuk bisa membantu menggemukan badan secara cepat. Caranya, berikan pada saat kacer memang sedang lapar (terlebih dahulu dipotong kecil-kecil) khususnya sesaat setelah burung dientas dari jemuran. Namun ingat! sebelum dijemur, burung hanya diberi jangkrik saja dan ceput voer hrus diambil dulu supaya kacer tidak makan ketika dijemur.

3. Tambahkan Menu Biji-bijian

Menu ini bisa dijadikan tambahan agar kacer cepat gemuk dan terpenuhi nutrisinya. Sahabat dapat memilih jenis biji-bijian berukuran kecil semisal jewawut atau pallet (sesuai ukuran paruh burung kacer yang kecil). Selingi pemberian menu ketiga saat pagi atau sore hari. Namun, jangan lupa untuk tetap memperhatikan si kacer supaya tidak terlalu over ketika memberikan pakan tersebut.

Dan jangan lupa, sahabat wajib melakukan perawatan rutin burung kacer agar kondisinya tetap prima dan mau berkicau sampai gacor. Disamping mengatasi kacer berbadan kurus dengan tiga langkah diatas, berikan pula multivitamin yang sangat berguna untuk menjaga kesehatannya. Semoga bermanfaat dan share ke teman-teman bila informasi ini berguna yak.

salam kicaumania