Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Kelebihan Branjangan NTB Yang Tidak Banyak Diketahui Orang

Kelebihan Branjangan NTB Tahukah anda bahwa Branjangan NTB atau biasa disebut Mirafra Javanica Parva merupakan salah satu jenis burung yang banyak hidup di pulau Nusa Tenggara Barat dan Sumbawa. Burung ini ternyata belakangan justru mudah sekali ditemukan di beberapa pasar burung.

Banyak pengepul burung sengaja mendatangkan branjangan NTB untuk dijual di pula Jawa maupun Sumatra. Meski sebagian orang masih menganggap parva tidak mampu bersaing dengan jenis branjangan jawa tapi ketenaranya masih digandrungi oleh kalangan kicau mania. Bahkan beberapa tahun terakhir di suatu gelaran lomba mampu menghasilkan juara 1 dari jenis branjangan parva.

Lantas, apa sih kelebihan burung ini dibandingkan branjangan dari wilayah Jawa, Bali, Kalimatan atau Sumatra? Sebenarnya hampir sama dari segi ciri-cirinya secara umum, namun ada hal menarik yang belum diketahui kebanyakan orang.

Kelebihan Brajangan NTB
Kelebihan Brajangan NTB

Berikut Kelebihan Branjangan NTB Dibanding Jenis Branjangan Lain

1. Dari Fisiknya

Memiliki ukuran lebih kecil yaitu sekitar 11-12 cm. Kemudian kakinya juga tidak terlalu panjang. Dari penampilan warnanya ada kombinasi hitam, coklat dan putih serta di bagian batikan punggung didominasi dengan warna hitam-putih.

2. Dari Usia

Tak hanya itu saja, ketika branjangan NTB masih muda dan belum berganti bulu biasanya batikan akan cenderung rata dan nampak lancip. Nah, saat dewasa, warna branjangan makin terlihat cantik dan menarik dengan batikan sayap akan bewarna coklat muda dengan motir bulat-bulat kecil beraturan. Lalu di bagian punggungnya berupa kombinasi warna putih-hitam yang bermotif tidak beraturan.

Baca ini:   Penyebab Dan Trik Mengatasi Brajangan Yang Hanya Ngeriwik Saja

3. Dari Suara

Tidak diragukan lagi, jenis branjangan NTB memiiki ciri khas suara yang unik dengan yaitu suara treeble berbunyi “cik cik tir..cik cik tir..”. Apalagi jika telah dimaster memakai burung lain maka suara asli tersebut tidak bakal hilang. Sehingga, inilah yang membuat kicau mania mengidolakan branjangan NTB daripada jenis lainya.

4. Dari Harga

Bicara soal harga, harga branjangan ini di banyak pasar burung memiliki harga cukup terjangkau. Berbeda dengan jenis branjangan jawa yang mencapai jutaan rupiah. Anda pun bisa langsung memilikinya dengan harga sekitar Rp 35.000-10.000 ribuan saja. Jadi, selain murah juga kualitasnya masih sangat mampu bersaing terhadap branjangan lokal alias jawa.

Demikianlah pembahasan mengenai Ciri dan Kelebihan Branjangan NTB yang semoga dapat menambah informasi khususnya bagi anda yang ingin mencari burung branjangan dari luar Jawa.
salam kicauwers

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *