Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Jenis Burung yang Banyak Digemari di Pulau Sumatera

Akhir-akir ini hobi memelihara burung menjadi salah hobi yang sangat populer. Beberapa orang yang memiliki hobi memelihara ataupun mengoleksi burung bahkan rela mengeluarkan uang dari jutaan hingga puluhan juta rupiah untuk melengkapi koleksinya.

Jenis burung kicau di Indonesia juga banyak sekali dan tersebar di seluruh pelosok negeri dari Sabang sampaiMerauke. Dari banyaknya jenis burung yang ada, ada beberapa jenis burung yang menjadi favorit oleh kebanyakan kicau mania dari Sumartera. Burung-burung yang difavoritkan kebanyakan dikarenakan keindahan suaranya maupun gaya gerak loncatannya yang begitu memukau mata.

Berikut ini informasi mengenai jenis burung yang banyak digemari di Pulau Sumatera.

burung pulau sumatera

Jenis Burung yang Banyak Digemari di Pulau Sumatera

Burung Murai Batu

Burung murai batu merupakan burung yang sangat populer tidak hanya di Pulau Sumatera namun hampir di seluruh wilayah Indonesia dan bahkan luar negeri. Hal ini disebabkan karena burung murai batu memiliki kicau yang sangat indah dan tidak dimiliki oleh burung-burung lain bahkan oleh burung import sekalipun.
Ciri khas dari burung murai batu adalah gayanya yang sombong dan bisa menirukan suara burung-burung lain tanpa meninggalkan suara khasnya. Di pasaran harga burung ini dibandrol mulai dari 600 ribu rupiah hingga 3.5 juta rupiah. Apabila sudah mengikuti kontes dan mendapat juara maka harganya bisa mencapai 40 juta rupiah atau bahkan lebih.

Baca ini:   Burung Paling Laris Populer Banyak Dicari Di Tasikmalaya 2017

Burung Love Bird

Love bird atau burung cinta merupakan salah satu jenis burung yang memiliki warna sangat cantik, oleh karena itulah banyak orang yang membudidayakan jenis burung yang satu ini. Tujuannya tak lain adalah untuk menemukan warna-warna baru yang langka karena semakin langka warna yang dimiliki harga jualnya juga akan semakin tinggi.
NamunumumnyaLove birdiniterdiridarisembilanjenisyaituLove birdmukamerah, Love birdmadagaskar, Love birdmukasalem, Love birdkerahhitam, Love birdnyasa, Love birdabisina, Love birdfischer, Love birdtopengdanLove birdpipihitam.

Burung Kaca Mata Atau Pleci

Pleci merupakan burung yang memiliki tubuh mungil. Walaupun kecil, hal ini tidak mengurangi daya tarik burung yang satu ini malah akhir-akhir ini pleci menjadi primadona para pecinta burung. Ocehan khas pleci ini membuatnya sering diikutsertakan dalam ajang-ajang perlombaan.
Walaupun kelihatannya hampir sama, pleci ini memiliki beberapa jenis. Yang membedakan pleci satu dengan pleci lain adalah garis di lingkar matanya. Adapun jenis-jenis pleci ini diantaranya adalah Pleci mata putih, Pleci salvadori, Pleci enggano, Pleci auriventer, Pleci montanus, dan Pleci black capped.

Burung Jalak

Burung jalak merupakan salah satu jenis burung yang juga banyak diminati karena kepintarannya. Maka tak heran harga jual burung jalak di pasaran sangatlah tinggi. Di Indonesia sendiri burung jalak dilindungi habitatnya oleh pemerintah.
Beberapa jenis burung jalak yang banyak dipelihara diantaranya adalah Jalak bali, Jalakhitam, Jalak bodas, Jalak nias, Jalak kerak ungu dan Jalak suren, dan Jalaktahiland.

Baca ini:   5 Jenis Burung Ini Akan Banyak Dicari Tahun 2017

Burung Cendet atau Pentet

Burung cendet atau pentet merupakan burung yang memiliki kicauan indah namun harganya cukup terjangkau dibandingkan dengan jenis burung-burung lain. Tidak hanya indah, burung cendet juga bisa menirukan suara hewan lain seperti suara jangkrik, suara burung prenjak dan suara Burung kutilang.
Di pasaran harga burng pentet ini berkisar antara 200 ribu rupiah hingga 600 ribu rupiah. Harga yang dibandrolkan tergantung dari kondisi fisik burung serta kemampuannya dalam bernyanyi. baca juga artikel mengenai Harga Burung Jalak terbaru di pasar burung.