Jalak Suren Malaysia, Ciri-ciri dan Kelebihannya

Jalak Suren Malaysia – Jalak Suren merupakan salah satu spesies burung kicau yang paling banyak digandrungi oleh para pecinta burung kicau saat ini. Ya, alasannya karena burung satu ini sangatlah spesial dan memiliki nilai lebih jika dibandingkan dengan spesies burung lainnya.

Jalak Suren sendiri memiliki suara kicauan yang sangat merdu dan sering kali menjadi peramai suasana rumah sehingga lebih terasa alami dan damai. Namun, demikian bukan perkara yang mudah untuk bisa mendapatkan kualitas suara merdunya. Bahkan, tak jarang ada beberapa dari jalan suren enggan berkicau karena kesehatannya yang menurun atau karena hal lainnya.

Jalak Suren Malaysia

Lebih jauh, jalak suren juga memiliki beberapa jenis dan kesemuanya tersebut tersebar di beberapa daerah khususnya Asia. Salah satu jenisnya yang banyak digandrungi adalah Jalak Suren Malaysia atau Jalak Suren Kalimantan.

Kenapa demikian? karena Jalak Suren Malaysia memiliki kelebihan khusus jika dibandingkan dengan jenis lainnya. Perawakannya pun berbeda dengan jenis lainnya meskipun hanya beberapa bagian tubuh saja.

Tak jarang, sebagian orang atau bahkan yang masih awam dalam dunia burung terkecoh saat membedakan burung jalak suren Malaysia dengan jenis  jalak suren lainnya. Oleh sebab itu, pada kesempatan kali ini, minin akan bahas tuntas tentang ciri-ciri burung tersebut beserta kelebihanya.

Baca ini:   Download Suara Burung Jalak Semua jenis untuk Masteran

Ciri-ciri Jalak Suren Malaysia

Ciri khusus Jalak Suren Malaysia jika dibandingkan dengan burung yang berasal dari Jawa antara lain,

  • Pertama dari segi warna bulu yang menghiasi bagian kepalanya, dimana untuk Jalak Suren Malaysia sendiri cenderung memiliki corak warna putih di pelipisnya. Tidak seperti Jalak Suren dari Jawa yang biasanya warna hitam polos menyelimuti bagian kepalanya.
  • Kedua, satu lagi perbedaan yang sangat tampak dari segi bulunya, yaitu saat dewasa bulu dari Jalak Suren Malaysia ini tidak terlalu cantik atau bagus. Berbeda dengan Jalak Suren Jawa, saat dewasa bulunya yang menyelimuti tubuhnya semakin tampak menawan dan mempesona.
  • Ketiga, pada bagian paruh Jalak Suren Malaysia, khususnya dibagian pangkal paruhnya terdapat corak warna orange atau kemerahan. Dimana untuk Jalak Suren Jawa tidak demikian, melainkan berwarna putih gading seluruhnya. Saat masih muda biasanya pada bagian pangkal paruh ada bintik atau corak hitam dan kecoklatan.
  • Keempat, dari segi kicauannya. Jalak Suren Malaysia sendiri cenderung berkicau dengan nada khas Jalak Suren yang ngerol dan tidak bisa menirukan suara kicaua masteran. Berbeda dengan Jalak Suren Jawa dimana kicauannya bisa lebih bervariasi berkat menirukan suara masteran.
  • Kelima, dari segi karakteristiknya, Jalak Suren Malaysia lebih susah dijinakkan jika dibandingkan dengan Jalak Suren Jawa.

Kelebihan Jalak Suren Malaysia

Dalam hal perbandingan saat kontes, jalak suren Malaysia memang masih kalah dengan jalak suren Jawa. Tetapi demikian bukan berarti kalah, namun masih ada keunggulan lain salah satunya pada kualitas kicauannya, dimana Jalak Suren Malaysia ini cenderung lebih gacor atau rajin berbunyi.

Apalagi saat ada yang mendekatinya, maka kicauannya makin lebih keras dan ngerol. Karena itulah banyak dari pecinta burung memilih jalak suren Malaysia ini untuk meramaikan seisi rumah. Oh ya, berkaitan soal harga, tentu lebih murah dibandingkan dengan burung lainya. Inilah yang menjadi alasan kedua banyak pecinta burung kicau lebih memilih burung Jalak Suren jenis ini.

Demikian tadi informasi mengenai Jalak Suren Malaysia yang bisa kami bagikan untuk kalian semua. Semoga bermanfaat, terima kasih.

Salam,
Kicau Mania
www.caramerawatburung.com

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *