Jalak Suren Malaysia, Ciri-ciri dan Kelebihannya

Jalak Suren Malaysia – Jalak Suren adalah salah satu spesies burung kicau yang paling banyak digandrungi oleh para pecinta burung kicau saat ini. Ya, alasannya karena burung satu ini sangatlah spesial dan memiliki nilai lebih jika dibandingkan dengan spesies burung lainnya. Jalak Suren sendiri memiliki suara kicauan yang sangat merdu dan sering kali menjadi peramai suasana rumah sehingga lebih terasa alami dan damai. Namun, demikian bukan perkara yang mudah untuk bisa mendapatkan Burung Jalak Suren dengan suara merdu. Kadang kalanya ada beberapa Jalak Suren yang enggan berkicau, baik itu karena kesehatannya yang menurun atau karena hal lainnya.

Jalak Suren sendiri memiliki beberapa jenis, dan kesemuanya tersebut tersebar dibeberapa daerah di Asia khususnya. Dan salah satu jenis dari Jalak Suren banyak digandrungi adalah Jalak Suren Malaysia atau Jalak Suren Kalimantan. Jalak Suren Malaysia sendiri memiliki kelebihan khusus jika dibandingkan dengan jenis lainnya. Selain itu, perawakannya juga berbeda dengan jenis lainnya meskipun hanya beberapa bagian tubuh saja.

Tak jarang juga beberapa orang atau bahkan yang masih awam dalam dunia burung terkecoh saat membedakan burung Jalak Suren Malaysia dengan jenis Jalak Suren lainnya. Karena itulah pada artikel kali ini kami akan membahas tuntas tentang ciri-ciri Jalak Suren Malaysia dan kelebihannya dibanding jenis Jalak Suren lainnya.

Baca ini:   Jenis Makanan Jalak Suren Supaya Rajin Bunyi dan Sehat

Jalak Suren Malaysia

Ciri-ciri Jalak Suren Malaysia

Adapun beberapa ciri khusus Jalak Suren Malaysia jika dibandingkan dengan Jalak Suren jenis lainnya yang berasal dari Jawa adalah sebagai berikut :

  • Pertama dari segi warna bulu yang menghiasi bagian kepalanya, dimana untuk Jalak Suren Malaysia sendiri cenderung memiliki corak warna putih di pelipisnya. Tidak seperti Jalak Suren dari Jawa yang biasanya warna hitam polos menyelimuti bagian kepalanya.
  • Satu lagi perbedaan yang sangat tampak dari segi bulunya, yaitu saat dewasa bulu dari Jalak Suren Malaysia ini tidak terlalu cantik atau bagus. Berbeda dengan Jalak Suren Jawa, saat dewasa bulunya yang menyelimuti tubuhnya semakin tampak menawan dan mempesona.
  • Pada bagian paruh Jalak Suren Malaysia, khususnya dibagian pangkal paruhnya terdapat corak warna orange atau kemerahan. Dimana untuk Jalak Suren Jawa tidak demikian, melainkan berwarna putih gading seluruhnya. Saat masih muda biasanya pada bagian pangkal paruh ada bintik atau corak hitam dan kecoklatan.
  • Sekarang dari segi kicauannya. Jalak Suren Malaysia sendiri cenderung berkicau dengan nada khas Jalak Suren yang ngerol dan tidak bisa menirukan suara kicaua masteran. Berbeda dengan Jalak Suren Jawa dimana kicauannya bisa lebih bervariasi berkat menirukan suara masteran.
  • Dari segi karakteristiknya, Jalak Suren Malaysia cenderung lebih susah untuk dijinakkan jika dibandingkan dengan Jalak Suren Jawa.

Kelebihan Jalak Suren Malaysia

Dalam hal perbandingan saat kontes, Jalak Suren Malaysia memang masih kalah dengan Jalak Suren jawa. Tetapi demikian bukan berarti Jalak Suren Malaysia tidak memiliki kelebihan lain dibandingkan dengan jenis lainnya. Kelebihannya tersebut terdapat pada kualitas kicauannya, dimana Jalak Suren Malaysia ini cenderung lebih gacor atau rajin berbunyi. Apalagi saat ada yang mendekatinya, maka kicauannya akan lebih keras dan ngerol. Karena itulah banyak dari pecinta burung memilih Jalak Suren Malaysia ini sebagai peramai di rumahnya.

Baca ini:   Cara Membedakan Jalak Kebo Jantan dan Betina

Selain itu, untuk segi harga Jalak Suren Malaysia ini lebih murah dibandingkan dengan jenis lainnya. Inilah yang menjadi alasan kedua banyak pecinta burung kicau lebih memilih burung Jalak Suren jenis ini.

Demikian tadi informasi mengenai Jalak Suren Malaysia yang bisa kami bagikan untuk Anda semua. Semoga informasi diatas bermanfaat.

Tags:
    jalak suren malaysia, kelebihan jalak suren malaysia, burung jalak suren biar cepet ngompa, jalak malaysia, agar suren mw makan pur,