Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Ciri-Ciri Umum Murai Batu Borneo dan Kelebihannya

Murai Batu Borneo – Murai Batu adalah salah satu jenis burung yang memiliki kicauan yang merdu dan banyak dipelihara oleh banyak pecinta burung. Karena kicauannya yang merdu tersebut, tak jarang sering diadakan kontes kicau untuk Burung Murai Batu ini. Selain itu, Murai Batu juga memiliki banyak sekali jenis dan tersebar diberbagai daerah dan salah satunya adalah di Indonesia, khusunya di kalimantan. Murai Batu dari kalimantan ini sendiri sering disebut dengan Murai Batu Borneo.

Murai Batu Borneo cukup banyak diburu karena memang kualitas kicauan dari jenis ini sangat merdu dan mampu bersaing dengan jenis Murai Batu lainnya. Tak hanya itu saja, Murai Batu Borneo untuk bakalannya dibanderol dengan harga yang cukup murah jika dibandingkan dengan jenis lainnya. Namun jangan salah, bukan perkara mudah untuk menjadikan Murai batu yang Anda miliki mempunyai kualitas kicauan diatas rata-rata. Perlu perawatan khusus dan pemberian pakan serta nutrisi yang baik untuk Murai Batu Borneo ini.

Murai Batu Borneo

Ciri Umum Murai Batu Borneo

Jika dilihat secara sekilas, memang tampak sama antara jenis Murai Batu Borneo dengan jenis lainnya. Namun, jika diteliti lagi maka akan terlihat beberapa perpedaan yang terdapat dibeberapa bagian tubuhnya, seperti pada ekor, dada dan lain sebagainya. Terlebih lagi Murai Batu Borneo ini masih dibagi menjadi beberapa jenis, diantaranya Murai Batu Banjar, Murai Batu Palangka, dan Murai Batu Mahkota.

Baca ini:   Cara Membedakan Murai Batu Jantan dan Betina, Bakalan dan Dewasa

Dari ketiga jenis Murai Batu Borneo ini saja sudah memiliki perbedaan yakni yang terlihat pada bagian ekornya. Dimana panjang ekor dari masing-masing jenis Murai Batu Borneo tersebut antara lain, Murai Batu Borneo Banjar memiliki panjang ekor 10-14 cm, Murai Batu Borneo Palangka memiliki panjang ekor 14-18 cm, Murai Batu Mahkota memiliki panjang ekor 8-14cm.

Namun untuk perbedaannya dengan jenis Murai Batu lain, salah satunya Murai Batu Medan juga ada pada bagian lainnya. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak beberapa ciri umum Murai batu Borneo dibandingkan dengan jenis lainnya berikut ini :

  • Pertama terlihat pada ekornya, dimana Murai Batu Borneo memiliki panjang sekitar 8-14 cm saja.
  • Tubuhnya terlihat lebih mungil jika dibandingkan dengan jenis Murai Batu lainnya.
  • Bulu dibagian dadanya memiliki warna coklat agak kekuningan. Atau kadang kalanya ada yang terlihat lebih cerah.
  • Warna putih pada ekornya cenderung memiliki jumlah yang sama dengan ekor berwarna hitam. Atau kadang kalanya juga ada yang didominasi oleh warna hitam.
  • Dari segi kicauannya, Murai Batu Borneo tak sejernih kicauan Murai Batu lainnya.
  • Saat berkicau, Murai Batu Borneo biasanya akan membusungkan dadanya atau dengan kata lain mengembungkan bulu dadanya.

Kelebihan Murai Batu Borneo atau Kalimantan

Jika berbicara mengenai kelebihan dari Murai Batu Borneo, memang tak banyak yang bisa kita bahas. Pasalnya, untuk segi kicauan Murai Batu Borneo ini masih kalah keras dan merdu dibandingkan dengan jenis Murai Batu liannya. Namun jangan salah, masih ada kelebihan yang dimiliki Murai Batu Borneo ini yang bisa Anda temukan, yakni pada segi stamina dan tenaganya.

Baca ini:   Cara melatih mental Burung Murai Batu Supaya Juara

Murai Batu Kalimantan atau Borneo ini memiliki stamina yang cukup kuat, sehingga kicauannya tetap stabil dan keras meskipun jangka waktu yang cukup lama. Berbeda dengan jenis lain yang akan cepat lemas ketika bertarung dengan jangka waktu cukup lama.

Demikian tadi informasi ciri umum Murai Batu Borneo dan kelebihannya yang bisa kami bagikan kepada Anda semua. Semoga informasi diatas bermanfaat.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *