Cara Tepat Mengatasi Loverbird Didis Saat Perlombaan

Dari sekian banyak situs burung, ternyata masih ada yang belum membahas secara lengkap tentang cara Mengatasi Loverbird Didis Saat Lomba. Jadi, disini penulis akan coba berbagi tips trik mengenai hal tersebut.

Oh ya, sahabat sudah tahu belum makna loverbird didis itu apa? Adalah kondisi dimana lovebird merasa tidak nyaman alias mentalnya down sehingga akan menunjukkan gelagak aneh seperti menyisir bulu bahkan tidak mau berkicau. Nah, berbeda ketika lovebird tetiba mencabut bulu-bulu badan yang artinya sedang overbirahi hingga bisa melakukan kanibal (terus menerus mencabut bulunya sendiri).

Loverbird Didis
Mengatasi Loverbird Didis di Lapangan Lomba

Sampai disini sudah tahu bedanya kan? Tentu sahabat bakal jengkel atau mungkin sedih ketika mendapati lovebird didis saat berlomba di lapangan. Bagaimana tidak, harapan untuk menjadi juara atau minimal masuk nominasi sudah pasti pupus padahal di rumah rajin ngekek/gacor tapi setelah digantang di perlombaan malah didis atau mental down.

Bingung kan? Tak perlu bingung karena sahabat hanya perlu memahami kenapa lovebird bisa seperti itu dan berikut beberapa penyebabnya.

Penyebab Burung Lovebird Didis Mental Down

– suhu atau cuaca buruk
-ada banyak kotoran dibalik bulu-bulunya
-lingkungan terasa tidak nyaman (asing) saat di arena lomba
-terganggu oleh kicau burung lainya yang lebih gacor atau keras
-sedang menderita penyakit tertentu
-dipindahkan ke sangkar baru

Setelah paham betul terkait penyebab-penyebab diatas, mari menuju ke tips setingan agar lovebird tidak didis saat lomba (diambil dari berbagai referensi terpercaya termasuk situs omkicau).

Cara Mengatasi Loverbird Didis Saat Lomba

Pertama, dengan menggunakan lidah buaya. Caranya, ambil bahan lidah buaya yang masih segar (1-2 selujur saja). Kemudian lembutkan hingga menjadi cair. Lalu saring untuk diambil airnya dan masukkan ke dalam botol (sejenis spray).

Tinggal semprotkan ke bagian badan loverbird (secukupnya) namun ingat jangan sampai kena mata. Lakukan saat pagi hari (semprot dan angin-anginkan), lalu jemur sekitar 1-2 jam. Aturanya lakukan penyemprotan setiap hari dalam satu minggu. Sahabat bisa menerapkan teknik ini dalam keseharian tapi ada beberapa masteran burung menganjurkannya H-7 sebelum lomba kalo memang lovebird keliatan didis atau tidak mau gacor.

Kedua, selain melakukan perawatan harian lovebird, latihlah mentalnya dengan digantungkan di tempat ramai orang lewat sambil dijemur dibawah dan diawasi. Bisa 2-3 kali dalam seminggu, tidak perlu terlalu sering.

Ketiga, isolasikan burung mulai H-6 sebelum lomba. Jadi jangan sampai mendengar suara-suara burung lovebird lain. H-3 tambahkan bijian EF (Extra Fooding) pada campuran pakanya. H-2 jemur burung sekitar 20 menit saja. Dan 1 jama sebelum digantang lomba, berilah lovebird kangkung segar. (teknik ini berdasarkan pengalaman beberapa masteran burung lovebird, jadi bisa dicoba langsung namun kalo memang tidak cocok jangan diteruskan).

Keempat, sesuai rekomendasi situs omkicau, sahabat bisa berikan TBB (Tester Bird Booster) yang banyak mengandung vitamin esensial untuk pembentukan maupun stimulan testosteron dan zinc. Bagus banget bagi burung lovebird untuk menjaga kesehatan fisik serta mentalnya.

Aturan pakainya, beri TBB seukuran kepala pentol korek api (untuk satu ekor loverbird), lalu campur ke dalam 30-50 cc air ke dalam wadah minum burung (ukuran normal).  Boleh juga dicampur ke dalam pakan burung dengan takaran setengah kepala pentol korek api dan campurkan dengan kroto 1 sdt atau taburkan di atas buah/sayuran.

Baca ini:   Penyebab Lovebird Ngerem Tidak Mau ngekek saat Lomba

Segitu dulu ya sharingnya seputar mengatasi lovebird didis saat lomba. Semoga bermanfaat dan berguna bagi kalian pembaca setia caramerawatburung.com, terima kasih.

salam kicauwers.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *