Cara Mudah Mengetahui Umur Kenari Dari Fisiknya

Beberapa sahabat pernah bertanya, gimana sih Cara Mengetahui Umur Kenari Dari Fisik? Sebenarnya ada cara paling mudah untuk mengetahuinya yaitu melalui riwayat hidup si burung. Hal ini tentu saja bisa langsung ditanyakan kepada si penangkar.

Lain kasusnya, bila sahabat mencoba untuk membeli burung kenari ke peternak atau penjual di pasar burung. Meski sudah bertanya secara detail, belum tentu penjual akan menjawab secara jujur karena mereka justru lebih memikirkan “intinya burung laku dijual” benar tidak? Ya, walau tidak semua penjual akan seperti itu.

Namun paling tidak sahabat bisa tahu lebih dulu umur burung kenari lewat ciri-ciri fisiknya sehingga bisa mengambil keputusan untuk membelinya atau tidak.

tips mengetahui umur kenari dari fisiknya
Cara Melihat Umur Kenari Dari Fisiknya

Berikut Cara Mudah Mengetahui Umur Kenari Dari Fisiknya

Pertama, lihatlah jari-jari (ceker) burung kenari. Jika nampak segar, tidak bersisik, masih mengkilat dan nampak basah maka bisa dipastikan burung itu masih di usia muda. Sebaliknya, bila sisiknya nampak tebal, kukunya sudah panjang dan ada keraknya maka kenari itu sudah berumur tua.

Kedua, melihat burung dari masa mabung/moultingnya (masa bulu rontok). Biasanya kenari muda akan mengalami masa mabung 1 kali dalam 1 tahun. Sedangkan bila kenari sahabat sudah mengalami mabung atau bulu rontok sebanyak 2 kali dari mulai bakalan (dalam 1 tahun) maka umur kenari bisa dikatakan tua atau sekitar 2 tahun.

Ketiga, melihat dari bentuk kelamin burung atau biasa disebut kloaka. Khusus burung kenari yang berusia dewasa (lebih dari 4 bulan) biasanya alat kelaminya lebih besar dibandingkan dengan kenari betina. Begitu juga sebaliknya.

Baca ini:   Cara Membedakan Kenari Jantan dan Betina Paling Mudah

Satu catatan penting bahwa burung kenari merupakan produk hasil ternak. Jadi untuk benar-benar tahu tentang umur kenari maka diperlukan data record peternak atau penjual. Meski begitu, semoga cara melihat umur kenari dari fisiknya ini dapat membantu sahabat meski tidak 100% akurat. Jangan lupa share ke teman-teman  bila dirasa artikelnya bermanfaat, terima kasih.

Salam kicauwers

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *