Cara Merawat Burung Merpati Dasar Supaya Giring Jinak Sehat

Cara Merawat Burung Merpati Dasar, Bagi sahabat yang suka memelihara burung merpati, jangan hanya memelihara saja namun juga wajib memperhatikan pakan, kebersihan serta kesehatan burung merpati tersebut.

Memangnya untuk tujuan apa? Ya, jelas supaya lingkungan di rumah dan area pekarangan rumah tetap sehat sekaligus terjaga dari berbagai penyakit terutama penyakit alergi kulit.

Cara Merawat Burung Merpati Dasar
Cara Merawat Burung Merpati Dasar Supaya Giring Jinak Sehat

Bahwa, burung merpati berbeda dengan burung-burung lainnya seperti burung kenari yang hanya di rawat di dalam sebuah sangkar kecil dan ruang lingkupnya hanya di dalam sangkar saja. Sementara, merpati bisa berkeliaran bebas atau diberi sangkar dan itu tanpa terkurung seperti burung kicau lainnya.

Nah, bahabat yang sedang memelihara burung merpati dasar, penulis akan memberikan beberapa tips nih supaya burung merpatinya sehat serta jinak.

Baca ini:   Wajib Tahu! 8 Penyakit Burung Merpati Dan Cara Tepat Mengobatinya

Tips Perawatan Burung Merpati Dasar

1. Mandi Pagi Hari

Supaya merpati lekas jinak, lakukan  pemandian di pagi hari ketika matahari sudah terbit. Bersihkan di sangkar tempat pemandian burung merpati, mandikan hingga basah kuyup serta elus-elus kepala burung merpati supaya cekat jinak dan akrab dengan  sahabat.

Lakukan langkah ini setiap hari sehingga merpati kita benar-benar bisa jinak. dibutuhkan waktu sekitar 1 minggu lebih supya merpati kita jinak.

2. Sering Membersihkan Kandang

Supaya merpati tetap sehat yaitu selalu bersihkan kandang setiap hari supaya terhindar dari kutu-kutu burung Sekali-kali semprot kandangnya juga dengan shampo pembunuh kutu burung dan jangan lupa kandang burung merpati jangan sampai kena hujan, sebaiknya posisikan di tempat yang teduh.

3. Berikan Protein Tinggi

Berikan pakan dan minuman yang seimbang serta mengandung protein tinggi. Hal penting lainya yaitu pola makan burung merpati harus benar-benar diatur, semisal tiap pagi hari dan sore hari diberikan makan/minum agar badan fit dan selalu sehat.

4. Jodohkan Dengan Telaten

Supaya burung merpati cepat giring, latihlah terus dan jodohkan dengan telaten. Sebelum sahabat memiliki burung merpati, haruslah melihat karakternya terlebih dulu agar bisa memilih yang paling bagus. Ingat! latih burung merpati dengan memanasi sehinga dapat memunculkan kecemburuan dengan merpati lainnya.

Demikian sahabat yang bisa penulisan sampaikan mengenai artikel Cara Merawat Burung Merpati Dasar Supaya Jinak, mohon maaf apabila ada kata-kata yang kurang baik dan mohon untuk dimaklum. Terima kasih.

Salam,
Kicau Mania
www.caramerawatburung.com

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *