Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Cara Merawat Burung Mantenan Supaya Gacor Full Sehat

Cara Merawat Burung Mantenan, Burung yang berasal dari hutan ini, sekarang mulai banyak yang memelihara karena untuk pakannya sangat mudah sekali yaitu burung mantenan ini burung pemakan serangga dan buah-buahan. Serangga besar seperti ulat hongkok, jangkrik dan kroto.

Sedangkan untuk jenis buah-buahan, bisa sahabat berikan buah segar seperti pepaya, apel, pisang dan masih banyak lagi. Sebagai catatan, jangan terus-terusan diberi buah karena burung mantenan termasuk jenis pemakan serangga.

Sekedar pengetahuan saja, dikutip dari omkicau.com, dari bukunya John MacKinnon dengan judul “Burung-burung di Sumatera, Jawa, Bali dan Kalimantan” ada beberapa jenis burung mantenan atau burung sepah yaitu,

1. Mantenan/Sepah kecil (Pericrocotus Cinnamomeus); jantannya bercirikan kepala dan bewarna abu-abu, perut jingga. Sedangkan betina lebih pucat dari jantan, dada keputih-putihan.

2. Mantenan/Sepah padang (Pericrocotus Divaricatus); bercirikan dahi putih, tidak ada garis sayap dan tunggir abu-abu.

3. Mantenan/Sepah gunung (Pericrocotus Miniatus); jantannya bercirikan tenggorokan hitam, sayanya ada bercak tunggal merah. Sedangkan betina memiliki mantel dan mukanya kemerahan.

4. Mantenan/Sepah dagu-kelabu (Pericrocotus Solaris); jantanya bercirikan sisi kepala maupun tenggorokan bewarna abu-abu. Sedangkan betina sisi kepala saja yang abu-abu dan tidak ada warna kuning di dahi.

5. Mantenan/Sepah tulin (Pericrocotus Igneus); jantanya bercirikan lebih kecil dari sepah hutan dan di bulu sekunderanya tidak ada bercak warna kedua. Sedangkan betina memiliki warna lebih jingga.

6. Mantenan/Sepah hutan (Pericrocotus Flammeus); jantannya bercirikan bentuk lebih besar dari sepah tulin, pada bulu sekunder ada bercak warna kedua. Sedangkan betina, warnanya lebih kuning dari sepah tulin.

Baca ini:   Ramuan Alami Untuk Mengobati Burung Cucak Hijau Yang Sakit

Cara Merawat Burung Mantenan

Nah, bagi sahabat yang baru pertama kali melihat burung mantenan ini mungkin akan kaget karena warna burungnya memiliki perpaduan hitam diatas kepala dan dibawahnya orange campur kuning muda. Sekilas warnanya sangat lucu banget, kan?

Sementara untuk perawatan burung mantenan supaya cepat gacor itu mudah sekali, karena teknisnya sama seperti burung-burung pada umumnya, seperti perawatan burung kenari lokal. namun hal terpenting adalah sahabat harus mampu memberikan perawatan terbaiks etiap harinya dengan penuh disiplin, konsisten dan tentunya kasih sayang.

Adapun untuk langkah-langkah Perawan Mantenan Gacor Sehat yang harus sahabat lakukan yaitu sebagai berikut:

* Jam 07. 00 burung diangin-anginkan di teras. Jam 07. 30 burung dimandikan (karamba mandi atau semprot, bergantung pada rutinitas semasing burung).
* Bersihkan kandang harian. Ubah atau berikan Voer, Air Minum serta buah fresh.
* Berikanlah Jangkrik 2 ekor pada cepuk EF. Jangan sampai memberi Jangkrik dengan cara segera pada burung.
* Penjemuran bisa dikerjakan sepanjang 1-2 jam/hari mulai jam 08. 00-11. 00. Sepanjang penjemuran, baiknya burung tak lihat burung semacam.
* Sesudah dijemur, angin-anginkan kembali burung itu diteras sepanjang 10 menit, lantas sangkar dikerodong.
* Siang hari hingga sore (jam 10. 00-15. 00) burung bisa di Masterkan dengan nada mp3 mantenan nada unggul.
* Jam 15. 30 burung diangin-anginkan kembali diteras, bisa dimandikan jika memang perlu.
* Berikanlah Jangkrik 2 ekor pada cepuk EF.
* Jam 18. 00 burung kembali dikerodong serta di perdengarkan nada Master sepanjang masa istirahat hingga pagi harinya.

Makanan Yang Tepat Untuk Perawatan Burung Mantenan

1. Sebaiknya kroto segar diberikan 1 sdm (seminggu maksimal 3 kali). Contohnya, pemberian dipagi hari ketika hari senin, kamis dan sabtu.
2. Lalu berikan UK atau bisa disebut ulat hongkong sebanyak 5 ekor (3 kali juga dalam seminggu).
3. Berikan buah segar boleh rutin atau tidak. Teknisnya, hari senin sampai kamis berilah buah pepaya, hari jumat dan sabtu berikan buah pisang atau apel. Jadi intinya selang-seling supaya mantenan tidak gampang bosan.
4. Nah, ini hal penting yang tidak boleh dilewatkan yaitu lakukan pengumbaran dikandang, 4 jam per hari selama 4 hari (dalam 1 minggu).
5. Jangan lupa untu memberikan mineral dan vitamin yang dicampur dengan air minum, cukup 1 kali saja dalam seminggu.
6. Optional saja, sahabat bisa memberi buah pisang yang sudah diolesi madu (khusus setiap hari sabtu).

Baca ini:   Terbukti! Cara Agar Jalak Suren Cepat Mompa Dan Gacor

Gimana, langkah diatas sangat mudah untuk dipraktekan bukan? Yang terpenting adalah konsisten perawatannya, Insya Allah burung mantenan peliharaannya bakal sehat dan makin gacor. Demikianlah yang bisa penulis sampaikan, semoga bermanfaat bagi sahabat-sahabatku semua.

salam kicaumania

Tags:
    makanan burung mantenan, cara merawat burung mantenan, Pakan burung mantenan, harga burung mantenan, perawatan burung mantenan,