Cara Termudah Merawat Burung Kacer Dengan Benar

Cara Merawat Burung Kacer – Burung Kacer adalah salah satu burung kicau yang paling banyak diminati oleh para pecinta burung di skala nasional. Kicauannya yang begitu merdu serta nyaring membuat banyak orang jatuh hati padanya.

Burung Kacer sendiri memiliki warna bulu hitam dengan kombinasi putih, tampak cantik dan menawan. Ukurannya pun tidak terlalu besar dan sangat cocok dijadikan sebagai peramai rumah dengan kicauannya.

Cara Merawat Burung Kacer Yang Benar
Cara Termudah Merawat Burung Kacer Dengan Benar

Selain itu, tak jarang juga burung ini sering diikutkan lomba burung kicau. Namun, ternyata tak mudah untuk bisa membuatnya rajin berbunyi.

Butuh beberapa cara perawatan khusus sehingg sahabat perlu mengetehui gimana tips trik perawatan kacer yang benar.

Cara Merawat Kacer Dengan Benar

Mabung atau sering disebut dengan ngurak merupakan siklus alami yang akan dialami oleh semua burung, tak terkecuali burung kacer. Dalam keadaan ini, biasanya kacer berhenti berkicau karena memang sedang menyimpan tenaganya untuk merontokkan bulu dan menumbuhkan bulu-bulu baru.

Disisi lain, banyak orang yang mencari informasi tentang perawatan kacer macet bunyi saat mabung. Padahal hal tersebut wajar terjadi pada burung ketika sedang mabung atau ngurak.

Baca ini:   Cara Membedakan Burung Kacer Jantan dan Betina, Ciri Fisik dan Suara

Perawatan Kacer Mabung Saat Rontok Bulu

Untuk proses perawatanya cukup mudah kok, karena sahabat tinggal memperhatikan beberapa hal dibawah ini.

  1. Pertama rontokkan semua bulu lamanya hingga tuntas. Tujuanya, agar bulu baru yang akan tumbuh nanti bisa merata. Sementara itu, jika bulu belum rontok secara tuntas, akan menyebabkan penyulaman hingga membuat tampilan bulu kurang bagus nantinya.
  2. Hentikan juga pemberian makanan tambahan. Jika tetap diberikan, maka akan memancing kacer untuk berkicau dan akhirnya membuat masa perontokan bulu tidak tuntas.
  3. Full kerodong burung kacer untuk membuatnya lebih tenang saat masa mabung berlangsung.
  4. Taruhlah  kacer di tempat sepi dan jauh dari suara kicauan burung fighter yang lebih keras.
  5. Meski  diasingkan, jangan lupa untuk selalu membersihkan sangkarnya. Setidaknya lakukan pembersihan minimal 2-3 hari sekali.
  6. Saat mabung, sebaiknya jangan memandikan kacer karena dikhawatirkan bulu-bulunya belum rontok secara keseluruhan.
  7. Berikan juga voer berkualitas untuk asupan nutrisi dan staminanya. Tambahkan pula vitamin burung sebanyak 3 tetes yang dicampurkan pada tempat minumnya.
  8. Pemasteran juga penting dilakukan agar memiliki kicauan lebih variatif nantinya. Ini salah satu cara perawatan yang benar biar kacer cepat makin gacor.

Perawatan Kacer Mabung Saat Tumbuh Bulu

Ketika masa mabung sudah hampir selesai dan bulu-bulu burung yang rontok mulai bermunculan, maka proses perawatanya harus lebih efektif lagi. Berikut beberapa langkahnya.

  1. Sama seperti saat rontok bulu, pemasteran juga penting untuk dilakukan. Hal ini karena kacer cenderung lebih pasif, dimana lebih banyak mendengarkan masteran dibandingkan berkicau.
  2. Memandikan burung tak boleh dilewatkan. Gunakan shampo yang memang dikhususkan untuk burung. Jangan langsung dijemur, tetapi hanya diangin-anginkan saja.
  3. Pemberian EF juga bisa sahabat lakukan. Tujuanya tidak lain adalah untuk tambahan nutrisi dan gizi untuk burung.
  4. Setelah dilakukan pemandian, lakukan kembali pengkerodongan pada burung kacer. Taruh di tempat teduh atau di tempat pengasingan sebelumnya.
  5. Selanjutnya adalah proses penjemuran yang dilakukan pada esok harinya selama kurun waktu 3-4 jam.

Ketika sahabat telah menerapkan langkah-langkah diatas, selanjutnya tinggal melakukan perawatan seperti biasanya sebelum kacer mengalami mabung. Hal diatas ternyata sekaligus bisa membuat kacer lebih jinak lho.

Demikianlah informasi sederhana mengenai Cara Merawat Burung Kacer Denga Benar, semoga bermanfaat dan silahkan share ke keluarga, teman atau saudara, terima kasih.

Salam,
Kicau Mania
www.caramerawatburung.com

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *