Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Cara Meracik Makanan Tradisional untuk Burung LoveBird

Lovebird merupakan salah satu burung yang digemari banyak orang. Warnanya yang cantik dan suaranya yang merdu menjadi daya tarik tersendiri. Biasanya Burung love bird diikutkan dalam kontes-kontes burung yang dinilai dari kecantikan bulu serta kualitas suaranya.

Kualitas suara dan warna burung merupakan hal mendasar yang membuat harga jual suatu burung bisa melambung tinggi. Agar bisa menghasilkan suara yang merdu, tentu Anda harus memperhatikan asupan makanannya. Makanan yang diracik sendiri tentu lebih sehat dibandingkan dengan pakan burung yang dijual bebas.

Dengan meracik makanan sendiri maka Anda bisa memilih bahan-bahan berkualitas tinggi sehingga burung bisa tumbuh dengan sehat.

Untuk Anda yang tertarik meracik makanan sendiri, berikut ini informasi alasan mengapa Anda harus meracik makanan sendiri dan mengenai cara meracik makanan tradisional untuk Burung lovebird.

Love Bird Menyukai Racikan Tradisional

Racikan tradisional merupakan makanan yang sangat disukai oleh Burung love bird. Bahan utama dari racikan ini adalah biji-bijian. Selain love bird, racikan milet ini biasanya juga disukai oleh burung-burung pemakan biji seperti kenari, parkit dan finch.

Membuat milet bisa dilakakukan dengan berbagai cara dan salah satunya adalah dengan mencampur biji dengan bahan pakan lain sehingga bahan-bahan tersebut akan meresap ke dalam biji sebelum dikonsumsi oleh burung. Selain disukai oleh burung, pakan yang diracik sendiri juga bisa membuat burung jauh lebih sehat, aktif dan rajin bernyanyi.

Baca ini:   Rahasia! Racikan Pakan dan Minuman Lovebird Biar Ngekek Panjang Saat Lomba

Setelah mengetahui alasan mengapa harus meracik makanan sendiri, berikut ini cara meracik makanan tradisional untuk Burung love bird untuk Anda.

Cara Meracik Makanan Tradisional untuk Burung Love Bird
Cara Meracik Makanan Tradisional untuk Burung Love Bird

Bahan-Bahan yang Diperlukan

  • Kacang tanah 500 g
  • Daging sapi 400 g
  • Kacang kedelai 500 g
  • Udang kecil atau rebon 500 g
  • Gula pasir 4 sdm
  • Tepung fumiyan 50 gram
  • Telur ayam 4 butir
  • Kroto secukupnya

Cara Membuat Racikan Pakan

  1. Sangrai terlebih dahulu kacang kedelai dan kacang tanah kemudian haluskan dengan cara ditumbuk hingga menjadi butiran-butiran kecil.
  2. Sebelum disangrai, jemur terlebih dahulu daging sapi di bawah terik matahari kemudian iris kecil-kecil. Jika setelah diiris masih agak lembek, jemur kembali daging hingga benar-benar kering baru disangrai.
  3. Campur udang, irisan daging yang sudah disangrai, fumiyan, gula dan kroto kemudain kocok hingga merata.
  4. Kocok telur ayam kemudian campurkan ke dalam adonan hingga merata
  5. Selanjutnya jemur adonan di bawah terik matahari hingga kering sempurna, apabila ada adonan yang menggumpal maka hancurkan hingga menjadi butiran-butiran kecil.
  6. Apabila Anda menginginkan hasil butiran pallet yang rapi maka bisa mencetakknya menggunakan gilingan daging. Namun sebaiknya atur terlebih dahulu mesin penggiligian agar hasil pallet tidak terlalu besar ataupun terlalu kecil.

Cara Lain Meracik Makanan Menggunakan Fumiyan

  1. Cara membuat tepung fumiyan atau hemp seedyang pertama dengan mem-blender hemp seed yang sudah kering hingga menjadi butiran-butiran kecil.Selanjutnya campurkan fumiyan dengan voer pabrikan dengan perbandingan 5 ons fumiyan dan 2,5 ons voer jadi. Agar voer tidak hancur maka Anda harus mengaduknya secara perlahan-lahan.
  2. Cara kedua yaitu dengan mencampur 1 gram tepung fumiyan dengan air mendidih sebanyak 20 ml atau kira-kira 5 sdm. Setelah itu aduk hingga tercampur rata lalu diamkan hingga kering. Air hasil endapan bisa Anda gunakan untuk memberi minum burung dan hasil endapan bisa dicampurkan dengan biji ataupun pakan untuk love bird.
Baca ini:   Burung Yang Bakal Trend Dan Banyak Dicari Tahun 2017

Agar fumiyan tidak cepat rusak, Anda bisa menyimpannya di tempat yang kering dalam wadah tertutup. Akan jauh lebih baik jika sebelum disimpan ditambahkan terlebih dahulu silica gel agar wadah tidak mudah lembab. Baca juga artikel mengenai Harga terbaru burung anis merah di jakarta

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *