Bagaimana Cara Mengatasi Burung Merpati Yang Kurus? Ini Solusinya

Cara Mengatasi Merpati Yang Kurus – memiliki hewan peliharaan merupakan kebanggaan tersendiri yang bisa sahabat rasakan apalagi memiliki burung yang sehat dan tetap vits apalagi burung yang dimiliki itu sering diikut sertakan daalm lomba atau ajam kontes.

Bagaimana Cara Mengatasi Burung Merpati Yang Kurus? Ini Solusinya
Bagaimana Cara Mengatasi Burung Merpati Yang Kurus? Ini Solusinya

Salah satunya burung merpati yang tahun ini mulai ramai sekali banyak yang memeliharanya  baik di Tasikmalaya, Bandung, Jakarta,  Yogyakarta,Solo, Bali, Pulau Sumatera dan kota-kota besar seluruh indonesia. Tidak tahu siapa yang memulainya, pokonya pada tahun 2016, burung merpati termasuk burung primadona yang bisa bersaing dengan burung ocehan lainnya.

Dalam proses pemeliharaan, pasti akan selalu ada kendala dan problem karena burung merpati termasuk mahluk hidup yang membutuhkan perawatan khusus terutama pakan yang seimbang serta rutin menjaga kesehatannya.

salah satu problem atau kendala yang sering terjadi pada burung merpati yaitu penyakit susah makan dan menyebabkan burung merpati jadi kurus serta terindikasi cepat cacingan. Sebenarnya penyakit burung kurus ini bisa diatasi dengan mudah, yang terpenting kalian harus sigap dan selalu memperhatikan pola makan setiap harinya.

Baca ini:   Inilah Cara Memilih Merpati Balap Yang Bagus Kualitas Jempolan

2 Cara Mengatasi Burung Merpati Yang Kurus

1. Pemberian Kacang Tanah 

Makanan pokok merpati biasanya yaitu jagung. Sesungguhnya jagung juga telah memiliki protein yang cukup, namun untuk memperoleh tubuh yang gemuk, maka butuh  pemberian makanan ekstra protein yaitu kacang tanah.

Kacang tanah yaitu tipe kacang­-kacangan yang disukai merpati karena memiliki kandungan protein paling banyak diantara lainya. Namun terdapat banyak merpati yg tidak dapat menelan kacang tanah.

Pemecahannya, baiknya kalian membiasakan terlebih dulu bikin merpati lapar. Jangan memberi makan terlebih dulu hingga ia betul-betul lapar sekali.

Kemudian, pilihkan kacang tanah kecil serta lemparkan atau berikanlah pada merpati satu per satu hingga dia dapat menelannya, lantas berikanlah kacang dengan ukuran yang semakin besar. Tak lupa pula, perhatikan pola makan merpati harus teratur.

2. Maksimalkan Pola Makan 

Saat pagi hari, berikanlah sarapan kacang tanah sejumlah 10 butir tiap-tiap pagi, serta minum seperlunya. Boleh ditambah sedikit demi sedikit tapi jangan terlalu berlebihan. Bila masih piyik, kalian bisa memberikana pur atau kacang pada indukannya.

Saat sore hari, beri makanan pokok yakni jagung sebagai menu utama. Pola ini dapat dirubah sesuai dengan rutinitas masing­-masing, yang paling penting adalah pemberian kacang tanah minimum 10 butir setiap hari.

Gimana, mudah bukan? Yang sulit itu pemberian secara konsisten tanpa tersendat-sendat supaya hasilnya akhirnya burung merpatinya cepat gemuk.

Demikianlah informasi dari mimin tentang Cara Mengatasi Burung Merpati Yang Kurus, semoga bermanfaat khususnya bagi kalian para pecinta burung merpati.

Salam,
Kicau Mania
www.caramerawatburung.com

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *