Cara Membedakan Kenari Jantan dan Betina Paling Mudah

Cara Membedakan Kenari Jantan dan Betina – Sebagai orang yang masih awam, tentunya kita akan sangat kesulitan untuk membedakan mana Burung Kenari berjenis kelamin jantan dan betina. Hal ini dikarenakan perbedaan keduanya tidak terlalu mencolok, sehingga tak jarang yang terkecoh.

Cara Membedakan Kenari Jantan dan Betina

Sebenarnya ada cara membedakan kenari jantan dan betina paling mudahnya yang bisa Anda terapkan. Cukup dengan memperhatikan beberapa bagian dari Burung Kenari, maka Anda sudah bisa mengetahui jenis kelamin burung tersebu. Nah, untuk lebih jelasnya mengenai cara membedakan burung kenari jantan dan betina, simak ulasannya dibawah ini.

Cara Membedakan Kenari Jantan dan Betina

Burung Kenari memang menjadi salah satu burung yang paling banyak disukai oleh para pecinta burung. Ini karena jenis burung peliharaan yang berbulu cantik berwarna dominan kuning ini, memiliki kicauan yang sangat merdu dan keras, jaditak k heran banyak yang memanfaatkannya untuk dimaster.

Tak jarang pula banyak yang mendaratkannya menjadi kandidat diberbagai ajang perlombaan kicau burung saat kicauannya sudah gacor. Meskipun tak mudah untuk memiliki Burung Kenari gacor, kecuali Anda sudah tahu bagaimana cara perawatan agar Burung Kenari bisa gacor.

Kembali ke pembahasan semula bahwa cara membedakan kenari jantan dan betina itu sangat mudah. Saat akan memelihara burung kenari, kalian tentunya harus tahu terlebih dahulu bagaimana burung tersebut nantinya. Jika memang hanya untuk burung peliharaan sebagai peramai rumah dengan kicauannya, maka yang bisa anda pilih adalah kenari jantan.

Sementara jika untuk dibudidayakan, kanari betina adalah pilihan utamanya. Namun, yang menjadi kendala seperti yang sudah dikatakan tadi, yaitu bagaimana cara membedakan kenari jantan dan betina tersebut.

Untuk bisa membedakan mana kenari jantan dan mana kenari betina, kalian bisa mengetahuinya dengan menyimak informasi dibwah ini. Sebagai catatan, bahwa ada perbedaan saat masih anakan  dan sudah dewasa.

Baca ini:   Semua Macam Jenis Burung Kenari Lengkap dengan Gambar

Ciri-ciri kenari jantan dan betina anakan

  • Burung Kenari jantan yang masih anakan atau ketika berusia 5-7 hari, pada bagian perut sampai ke kloakannya terdapat garis benang hitam yang biasanya disebut pembuluh vena atau saluran kemih. Sedangkan untuk Burung Kenari betina tidak terdapat garis tersebut.
  • Selain itu, perbedaan juga bisa terlihat dari postur tubuhnya. Dimana kenari jantan berpostur lebih besar dan panjang dibandingkan yang betina.
  • Untuk bulu-bulunya juga terlihat lebih cerah dibagian kepalanya untuk yang jantan. Sementara untuk betina tidak demikian.
  • Bentuk kepala kenari jantan cenderung pipih, sedangkan untuk betinanya berkepala agak bulat.
  • Ketika sudah dipisah dari induknya, kenari jantan akan mulai belajar ngriwik. Sedangkan untuk yang betina tidak demikian.
  • Untuk bagian kloakannya, kenari jantan cenderung lebih menonjol dan tegak lurus. Sementara untuk betinanya memiliki kloakan lebih datar.

Ciri-ciri kenari jantan dan betina dewasa

  • Kenari jantan dewasa akan memiliki klokan atau ven yang lebih menonjol, sementara untuk betina dewasa lebih datar atau rata kloakannya.
  • Untuk kicauannya, kenari jantan dewasa akan lebih rajin dan keras jika dibandingkan dengan betinanya.
  • Burung Kenari jantan dewasa memiliki postur tubuh yang lebih panjang dan ramping. Sedangkan untuk betinanya cenderung berpostur pendek dan bulat.
  • Perbedaan juga terihat pada bagian kepalanya, dimana kenari jantan dewasa memiliki kepala yang agak pipih. Sedangkan untuk kenari betina dewasa kepalanya agak bulat.
  • Bagian mata pada kenari jantan sejajar dengan paruh, sedangkan untuk mata kenari betina cenderung berada diatas paruhnya.

Demikian tadi Cara Membedakan Kenari Jantan dan Betina paling mudah yang bisa kalian terapkan secara mandiri. Oh ya, untuk mengetahui gimana proses perawatannya baca artikel berikut rahasia merawat burung kenari agar fit dan gacor

Salam,
Kicau Mania
www.caramerawatburung.com

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *