Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Cara Membedakan Jalak Kebo Jantan dan Betina

Cara Membedakan Jalak Kebo Jantan dan Betina – Burung Jalak Kebo adalah salah satu jenis burung dari spesies jalak yang banyak dipelihara oleh pecinta burung saat ini. Jalak Kebo sendiri memiliki warna bulu hitam agak ke abu-abuan dibagian tubuhnya, serta berwarna hitam pekat dibagian kepada dan ujung sayapnya. Selain itu, terdapat pula kombinasi warna kuning dibagian paruh dan kakinya. Kicauan burung ini cukup lantang dan keras, sehingga banyak yang menyukainya.

Bagi Anda yang masih pemula, mungkin cukup sulit untuk menentukan mana Jalak Kebo jantan dan betina. Ini karena jenis ini termasuk burung monomorfik yang berarti tak ada perbedaan mencolok antara jenis kelamin jantan dan betina. Bahkan yang sudah berpengalaman pun tak jarang salah dalam menentukan jenis kelamin dari burung ini. Oleh karena itulah, dibawah ini sudah kami rangkumkan cara membedakan Jalak Kebo jantan dan betina yang bisa Anda terapkan.

Cara Membedakan Jalak Kebo Jantan dan Betina

Cara Membedakan Jalak Kebo Jantan dan Betina

Seperti yang sudah kami singgung diatas, bahwasannya jenis burung jalak satu ini tak memiliki perbedaan yang mencolok dari penampilannya antara jantan dan betina. Karena hal tersebut banyak orang yang terkecoh, sudah memelihara mulai dari kecil hingga dewasa yang malah ternyata keyakinannya tak sesuai dengan kenyataan karena salah menentukan jenis kelamin. Sebenarnya mudah saja cara membedakan Jalak Kebo jantan dan betina ini. Anda hanya perlu mengenali ciri-ciri dari kedua jenis tersebut antara jantan dan betinanya. Berikut ini kami ulaskan lebih lengkap mengenai ciri-ciri Burung Jalak Kebo jantan dan betina yang perlu Anda tahu.

Baca ini:   cara Merawat Burung langka Siputih yang Mempesona Jalak Bali

Ciri-ciri Jalak Kebo Jantan

  • Untuk memastikan Burung Jalak Kebo yang Anda miliki berjenis kelamin jantan adalah dengan memeriksa bagian kloakannya. Jalak Kebo Jantan biasanya pada bagian kloakannya tersebut terdapat sedikit tonjolan dan cenderung mengerucut jika diraba lebih teliti. Selain itu, dibagian ini juga bulu-bulunya lebih sedikit.
  • Ciri-ciri lainnya adalah kepala Burung Jalak Kebo jantan ini Cenderung berbentuk kotak.
  • Perbedaannya bisa dikenali juga pada bagian ekornya. Dimana Jalak Kebo jantan memiliki bulu ekor yang cenderung tertutup atau rapat.
  • Dari postur tubuhnya juga bisa dikenali apakah burung tersebut berjenis kelamin jantan atau betina. Jalak Kebo jantan biasanya memiliki postur tubuh yang lebih besar dan panjang.
  • Dan yang terakhir adalah dari tingkah lakuknya. Burung Jalak Kebo jantan lebih aktif dan lebih rajin berkicau. Selain itu, kicauannya akan lebih keras dan melengking saat disandingkan dengan Jalak Kebo betina.

Ciri-ciri Jalak Kebo Betina

  • Berbeda dengan Jalak Kebo Jantan, bagian kloakan dari Jalak Kebo betina ini lebih datar dan cenderung bulat. Selain itu, dibagian tersebut akan ditumbuhi banyak bulu yang cukup lebat.
  • Pada bagian kepalanya, Burung Jalak Kebo betina cenderung lebih bulat dan cantik.
  • Perbedaannya juga bisa ditemukan pada bagian paruhnya, dimana Jalak Kebo betina memiliki paruh yang lebih pendek dan tipis.
  • Ekor dari Jalak Kebo betina lebih ranggang layaknya kipas. Ini adalah perbedaan yang cukup mencolok.
  • Postur tubuhnya juga terlihat lebih kecil dan pendek jika disandingkan dengan Jalak Kebo jantan.
  • Dan yang terakhir bisa dilihat dari tingkah laku dari burung tersebut. Dimana Burung Jalak Kebo betina gerakannya cenderung pasif atau tidak seaktif Jalak Kebo jantan. Selain itu, Jalak Kebo betina cenderung lebih jarang berkicau, dan saat disandingkan dengan Jalak Kebo jantan maka kicauannya akan terdengar lebih dalam.
Baca ini:   Cara Perawatan Jalak Suren Biar Gacor dan Sehat

Dengan mengetahui beberapa ciri diatas, tentunya sekarang Anda akan lebih mudah membedakan Jalak Kebo jantan dan betina, bukan? Yang terpenting lebih teliti lagi agar Anda tak terkecoh dalam menentukan jenis kelaminnya.

Demikian tadi cara membedakan Jalak Kebo Jantan dan Betina yang bisa Anda terapkan sendiri. Semoga informasi diatas bermanfaat.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *