Cara Mudah Membedakan Burung Kurincang Jantan dan Betina

Cara Membedakan Burung Kurincang Jantan dan Betina – Burung ini termasuk salah satu yang paling top di daerah luar pulau jawa seperti Sumsel, Jawa, Kalimatan, Bali, Jambi, Bengkulu. Dan kini mulai banyak dipelihara untuk dijadikan masteran burung-burung besar seperti kacer, murai batu dan kores.

Cara membedakan kurincang jantan dan betina
Cara membedakan kurincang jantan dan betina

Memiliki nama ilmiah Pycnonotus Atriceps, kebiasaan burung kurincang lebih suka menyendiri saat berburu maupun istirahat. Tak jarang, mereka hanya berbaur dengan kawanannya berjumlah kecil. Makanan favoritnya yaitu suka sekali dengan buah serta hewan-hewan kecil. Sementara, karakteristik pada umumnya, kurincang mampu tumbuh cukup besar hingga mencapai 17 cm.

Nah, bagi kalian yang ingin mencoba memelihara burung kurincang, tentu harus bisa dulu membedakan mana burung kurincang betina dan mana burung kurincang jantan. Salah satu alasanya karena burung tersebut hampir mirip bahkan cenderung identik. Sama halnya ketika kalian mencoba membedakan burung lovebird jantan dan lovebird.

Sudah mulai penasaran? Baiklah, mimin akan membantu kalian yang sedang mengalami kesulitan untuk membedakan burung jantan dan betina kurincang  secara akurat.

Cara Membedakan Kurincang Jantan dan Betina

1. Ciri-ciri Kurincang Jantan

  • ciri khas burung Kurincang Jantan bisa dipandang dari bulunya, bpabila warna bulunya hitam dari mulai tengkuk hingga ke leher serta kepala bermakna burung itu yaitu jantan.
  • di luar itu, kicauan burung Kurincang Jantan juga lebih merdu serta mempunyai variasi nada apabila dibanding yang burung betina.
  • kemudian, pada bentuk fisik dapat dilihat mempunyai postur yang semakin besar dibanding Kurincang Betina. Berikut contoh gambar kurincang jantan
Kurincang Jantan
Kurincang Jantan
Baca ini:   Free Download Suara Burung Cucak Kurincang Mp3 Full Isian Gacor

2. Ciri-ciri Kurincang Betina

  • untuk Kurincang Betina warna bulu tak secerah burung jantan, jadi warna hijau pada bulunya lebih menguasai.
  • dari postur badannya juga lebih kecil apabila dibanding dengan jantannya.
  • meski Kurincang Betina dapat berkicau, tetapi nadanya tak semerdu Kurincang Jantan. Berikut salah satu contohnya
Kurincang Betina
Kurincang Betina

Dengan mengetahui trik Membedakan Burung Kurincang Jantan dan Betina, sekarang kalian boleh langsung actions untuk memelihara burung tersebut Bisa dibilang, selain unik  juga sangat lucu sekali apalagi gaya tidurnya nggemesin deh pokonya.

Salam,
Kicau Mania
www.caramerawatburung.com

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *