Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Cara Membedakan Burung Cucak Ijo Jantan dan Betina

Burung Cucak Ijo – Salah satu jenis burung yang belakangan ini menjadi minat bagi para pecinta burung adalah Burung Cucak Ijo ini. Burung jenis tersebut memiliki ciri khas berwarna hijau muda yang cantik dengan kombinasi warna hitam dan kuning dibagian kepala dan lingkaran matanya. Selain itu, kicauannya cukup merdu dan lantang, membuat siapapun yang mendengarnya akan langsung terpesona. Karena kicauannya tersebut, banyak orang yang tertarik untuk memlihar Burung Cucak Ijo, baik untuk dimaster, dilombakan, atau hanya sekedar pengisi kesunyian di rumah.

Sebagai makhluk hidup, pastinya burung jenis ini memiliki jenis kelamin. Dan bagi sebagian orang yang masih awam tidak bisa untuk membedakan mana Burung Cucak Ijo jantan dan mana Burung Cucak Ijo betina. Dan hal tersebut juga semakin dipersusah saat membedakan Burung Cucak Ijo mini atau saat masih bakalan. Nah, mengenai hal tersebut dibawah ini kami bagikan cara membedakan Burung Cucak Ijo jantan dan betina untuk Anda.

Burung Cucak Ijo

Cara Membedakan Burung Cucak Ijo Jantan dan Betina

Untuk bisa membedakan Burung Cucak Ijo jantan dan betina ini memang cukup sulit bagi Anda yang masih pemula. Bahkan untuk yang sudah lama dalam dunia burung ini pun terkadang masih salah saat menentukan Burung Cucak Ijo tersebut berjenis kelamin jantan ataupun betina. Sebenarnya untuk pembeda sebagai jenis kelaminnya tersebut, terlihat dari fisik dari burung tersebut. Namun, untuk lebih mempermudah Anda dalam membedakan Burung Cucak Ijo jantan dan betina, berikut ada langkah-langkahnya untuk Anda.

Baca ini:   Tips Merawat Burung Cucak Ijo Yang Nyulam Terus

Ciri-ciri Burung Cucak Ijo Jantan

  • Cucak Ijo Jantan memiliki ciri khusus pada pupil matanya. Pupilnya tersebut terlihat jernih dan tampak hitam pekat.
  • Selain pada pupilmatanya, lingkar matanyajuga terlihat berwarna kuning yang lebih pekat dan tegas.
  • Burung Cucak Ijo jantan yang masih anakan, umumnya paruh bagian bawahnya terlihat berwarna agak gelap dan kusam.
  • Masih pada sisi paruhnya, dibagian tulang supit Cucak Ijo jantan lebih keras dengan jarak antara sisinya yang lebih rapat.
  • Beralih pada bagian kakinya, Burung Cucak Ijo jantan akan terlihat bintin-bintik hitam. Bintin tersebut akan muncul ketika kulit kaki burung sudah menyisik.

Ciri-ciri Burung Cucak Ijo Betina

  • Berbeda dengan Cucak Ijo jantan, Pupil mata pada Burung Cucak Ijo betina ini tampak lebih berwarna kecoklatan.
  • Pada lingkar di matanya, Cucak Ijo betina berwarna lebih kusam dengan warna kuning yang tampak agak pudar dan memutih.
  • Ketika masih anakan, Cucak Ijo mini betina ini memiliki paruh yang berwarna agak putih dan kusam.
  • Jika pada tulang supit pada paruh Cucak Ijo jantan keras, berbeda dengan yang dimiliki Cucak Ijo betina ini yang lebih lunak. Selain itu, jarak antara kedua sisinya juga agak renggang.
  • Dan yang terakhir adalah pada sisi kakinya. Ketika kulit pada kaki Cucak Ijo betina ini sudah mulai menyisik, maka tidak akan timbul bintik hitam seperti pada Cucak Ijo jantan.
Baca ini:   Free Download Suara Masteran Burung Cucak Ijo Full Mp3

Dengan mengetahui beberapa ciri dari Cucak Ijo jantan dan betina diatas, tentunya sekarang Anda sudah bisa membedakannya, bukan? Cara ini juga bisa Anda terapkan saat membedakan Cucak Ijo berbagai jenis, mulai dari Burung Cucak Ijo Banyuwangi, Cucak Ijo Kalimantan, dan Juga Cucak Ijo Sumatera.

Demikian tadi yang bisa kami bagikan mengenai cara membedakan Burung Cucak Ijo jantan dan betina. Semoga informasi diatas bermanfaat.