Cara Membedakan Anis Kembang Jantan dan Betina

Cara Membedakan Anis Kembang Jantan dan Betina memanglah tidak mudah, meski memang ada beberapa trik untuk bisa menemukannya. Karena memang dari isi fisiknya yang bisa dikatakan hampir mirip.

Terlebih bagi anda para kicau mania yang baru bergabung dengan komunitas tersebut. Beberapa dari kicau mania tentu bisa dengan mudah untuk membedakannya, akan tetapi beberapa lainnya bisa saja sulit.

Akan tetapi, kami akan mencoba untuk memberikan beberapa ciri untuk mempermudahnya. Namun sebelum mengulas mengenai perbedaan tersebut, lebih baik jika anda mengenal lebih dulu mengenai burung anis kembang.

Dengan ukuran yang hanya berkisar di 16 cm dari paruh hingga ekor ini membuat burung ini menggemaskan. Ditambah dengan warna yang unik dengan trotolnya dibagian perutnya.

Disamping dari keunikan postur tubuhnya, anis kembang pun memiliki suara kicau yang menarik. Dan juga perkembangan burung yang satu ini terbilang cukup banyak di areal lokal khususnya Sumatera, Kalimantan, Jawa, Lombok, Bali, Kalimantan dan lain lain. Dengan begitu, membuat burung ini semakin diminati, yang terlihat dari banyaknya perlombaan untuk burung-burung sejenis.

Berikut tips triknya yang bisa anda lakukan dengan mengamati beberapa catatan dibawah. Oh ya, langkah ini tidaklah sama saat membedakan anis merah jantan dan betina lho.

 cara membedakan anis kembang jantan dan betina
Cara Membedakan Anis Kembang Jantan dan Betina

Membedakan Anis Kembang Jantan dan Betina

Anis Kembang Jantan

  • Saat birahi akan mendongakkan kepala layaknya ular Cobra.
  • Pada bagian pantat atau kloaka umumnya berbulu hitam keabu-abuan seperti awan.
  • Bulu lebih mengkilap dan juga tampak tegas.
  • Posisi bertenggernya cenderung merapatkan kaki nya.
  • Dan bagian mata yang cenderung lebih menonjol.

Anis Kembang Betina

  • Saat birahi akan menggetarkan sayapnya terutama jika mendengar kicauan sang jantan.
  • Di bagian pantat atau kloaka umumnya berwarna putih.
  • Posisi bertenggernya cenderung melebarkan kakinya.
  • Warna bulu cenderung lebih kusam.
  • Dan pada bagian mata yang cenderung lebih datar.
Baca ini:   Tips Mengatasi Burung Anis Binbin yang Ngedrop

Meski umumnya kicau mania lebih sering menggunakan metode melihat warna bulu dan juga mengamati bentuk mata namun tentunya bisa berbeda saat anda cek, karena hal ini merupakan keahlian khusus melalui pembelajaran dan pengalaman.

Sedangkan, jika mengamati burung tersebut ketika berlomba, maka anda bisa melakukan metode lain, salah satunya dengan memerhatikan cara Anis “ngeriwik”. Jika anis kembang berkicau sambil membuka paruhnya, dapat dipastikan burung itu jantan. Dan jika berkicau dengan cara menggelembungkan tenggorokan tidak membuka paruh, maka anis tersebut betina.

Memang masih ada beberapa cara lainnya yang bisa dipelajari, akan tetapi tentu metode atau Cara Membedakan Anis Kembang Jantan dan Betina diatas pun bisa memberikan wawasan yang lebih luas dan bermanfaat.

Salam,
Kicau Mania
www.caramerawatburung.com

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *