Cara Memasang Cincin Atau Ring Pada Kaki Lovebird

Cara Memasang Ring Pada Kaki Lovebird – Meskipun kalian bukan pencinta burung kicau, tetapi sering menyempatkan waktu untuk menonton kontes burung-burung dengan suara kicau yang merdu, tentu pernah melihat cincin atau ring pada salah satu kaki burung kicau yang dikonteskan kan? Salah satunya pada lovebird. Nah, apakah kalian tahu fungsi daripada cincin tersebut?

Seperti yang kalian duga, cincin ini berfungsi sebagai alat identifikasi. Hal itu berarti digunakan sebagai pengenal sekaligus pembeda burung Lovebird tertentu dari burung lain, baik yang ada di dalam kontes maupun burung lain yang ada di sekitarnya.

Cara Memasang Cincin Atau Ring Pada Kaki Lovebird
Cara Memasang Cincin Atau Ring Pada Kaki Lovebird

Disisi lain, cincin ini juga berfungsi untuk menunjukkan sang breeder alias pemilik atau peternak dari Lovebird itu sendiri.

Dengan adanya cincin pada kaki Lovebird, penonton atau para breeder dapat mengenali breeder lain  yang memenangkan kontes. Artinya, cincin ini juga bisa menjadi ajang promosi breeder untuk memperkenalkan kualitasnya burung yang dirawat oleh pemiliknya.

Cara Memasang Ring Pada Kaki Lovebird

1. Pemijatan Kaki Burung

Langkah ini memang cukup unik, tapi pemijatan kaki burung Lovebird dipercaya mempermudah proses pemasangan. Selain itu, layaknya pada manusia, pemijatan tersebut ditujukan untuk memberi kenyamanan pada burung sehingga dia tidak akan memberontak atau pun merasa terganggu ketika ring akan dipasang.

Saat memijat, usahakan beri pijatan yang lembut untuk menghindari kaki burung Lovebird terluka atau cedera. Selain itu, agar tidak akan mengejutkan si burung sehingga dia akan merasa lebih tenang.

2. Pemberian Pelumas atau Minyak

Setelah dipijat, kaki burung Lovebird dapat diolesi dengan minyak atau pelumas yang fungsinya adalah untuk melicinkan permukaan kaki supaya ketika cincin atau ring dipasang, dapat masuk dengan mudah. Untuk cara ini, kalian bisa memilih minyak kelapa atau sejenisnya.

Selama minyak tersebut tidak berbahaya atau merusak permukaan kaki burung, maka tidak masalah jika kalian menggunakannya untuk melumasi kaki Lovebird.

3. Pemasangan Cincin

Nah, inilah proses terakhir dari pemasangan ring pada kaki burung Lovebird. Pertama-tama, cobalah untuk memasukkan 3 jari terdepan kaki burung ke dalam cincin, kemudian baru dilanjutkan dengan satu jari yang terletak agak ke belakang. Lakukan tahap demi tahap secara perlahan dan tenang, supaya tidak mengganggu psikis burung.

Kemudian, lanjutkan pemasangan cincin dengan mendorong cincin ke bagian atas jari-jari kea rah tengkuk kaki. Dorong terus hingga cincin terpasang pada posisi yang seharusnya.

Baca ini:   Belajar Mengenal dan Memahami Karakter Burung Lovebird

Demikian yang bisa penulis sampaikan semoga bermanfaat untuk sahabat semuanya mengenai Cara Memasang Cincin Atau Ring Pada Kaki Lovebird dan jangan lupa share ke sosial media agar orang lain juga ikut mengetahui tips sederhan ini.

Salam,
Kicau Mania
www.caramerawatburung.com

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *