Cara Meloloh Anakan Burung Murai Batu Bagi Para Breeder

Advertisement

Memang cara meloloh anakan burung Murai Batu bagi para breeder merupakan opsi lain dari membiarkan perawatan dari induknya. Namun sebagian breeder merasa hal tersebut memang kurang produktif, pasalnya induk nya akan mampu bertelur lagi jika masa sapih. Dimana memang para burung baru akan kawin lagi setelah anaknya lepas dari perawatan yang bisa mencapai 2 minggu lamanya.

Maka sangat tidak mengerankan jka para Breeder ingin mendalami masalah melolohkan pakan pada anakan burung tersebut. Yang mana burung Murai Batu merupakan salah satu burung yang cukup diminati oleh KM/Kicau Mania. Dikarenakan kicauan yang terbilang cukup nyaring dan bahak banyak sekali komunitasnya yang mengadakan event lomba untuk burung tersebut.

Dan pada kesempatan ini, kami ingin mencoba untuk berbagi informasi bagi anda yang membutuhkan cara meloloh anakan burung Murai Batu bagi pra breeder pemula. Yang tentun saja sudah kami rangkumkan sedemikian rupa agar lebih mudah untuk dipahami. Karen waktu pengambilan pun harus anda perhatikan. Untuk lebih lengkapnya, langsung saja kita menuju pokok bahasan nya berikut.

Advertisement

Cara Meloloh Anakan Burung Murai Batu Bagi Para Breeder Pemula

cara meloloh anakan murai umur 7 hari

Cara Meloloh Anakan Burung Murai Batu Bagi Para Breeder

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat bahan pakan untuk piyik burung Murai Batu yang akan anda lolohkan. Yang tentu saja harus anda siapkan segala sesuatunya terlebih dahulu agar tidak ada yang tertinggal, dan bahan tersebut antara lain:

  • Voer
  • Air Hangat
  • Cacing Tanah
  • Kroto
Baca ini:   5 Jenis Burung Murai Batu Yang Ada Diindonesia

Setelah siapkan bahan bahan tersebut, racik voer dengan air hangat , kemudian tambahkan 1 ekor cacing (potong lembut) dan kroto secukupnya. Namun perlu diingat penggunaan cacing dan kroto harus disesuaikan dengan banyak voer yang dicampur (jangan terlalu banyak). Karena jika berlebihan akan berdapak buruk pada kesehatan piyik burung kesayangan anda.  Aduk hingga semuanya lembut dan mudah untuk dicerna oleh sang piyik burung Murai Batu tersebut. Namun ingat buatlah pakan sesuai dengan jumlah piyik, karena makanan sisa di sarankan untuk dibuang karena tidak akan memberikan khasiat yang maksimal. Bahkan bisa memberikan dampak yang kurang baik pada burung anda.

Setelah pakan tersebut disiapkan, pengambilan piyik burung pun harus anda perhatikan. Dimana umumnya diambil disaat umur 5 hingga 7 hari setelah piyik menetas. Dan lolohkan pakan hingga cukup dan bukan berarti hingga kenyang (jangan diberikan terus karena piyik akan selalu membuka paruh jika ada gerakan). Jadi perhatikan bahwa piyik Murai Batu buka paruh tidak selalu dalam kondisi lapar atau sudah kelaparan.

Untuk usia 5-7 hari anda bisa berikan pakan satu jam sekali dengan secukupnya, Usahakan jangan sampai kekenyangan. Karena pada prinsipnya lebih baik perut/tembolok piyik terisi namun sering dibandingkan sesekali saja namun tidak mengetahui kapasitas kekenyangan piyik.  Kemudian jadwal makan di kurangi jika usia piyik sudah memasuki umur 2 minggu, cukup 2 jam sekali. Kemudian saat 3 minggu pun berkurang lagi menjadi 3 jjam sekali. Dan umumnya saat piyik berusia 4 minggu, mereka sudah bisa makan sendiri tanpa diloloh lagi.

Baca ini:   H. Didi Rosidi-CBF Orang yang Berhasil Menangkarkan Burung murai Batu

Demikianlah informasi yang bisa kami hadirkan ada kesempatan ini, tentunya masih banyak trik trik dari para breeder yang bisa kita bagikan disini. Namun sangat tidak mungkin jika kita ulas dalam satu kesempatan saja. Mungkin kami akan ulas cara meloloh anakan burung Murai Batu bag para breeder pemula yang lainnya.baca juga artikel mengenai Jenis Burung paling Laris 2017

Advertisement
Tags:
    cara meloloh anakan kedasih, cara meloloh anakan burung murai batu, cara meloloh anakan burung murai batu terkini com, kedasih anakan, meloloh sirtu pakai for, memberi makan sirpu lolohan, pakan untuk piyik anakan cipow, tengkek buto umur 2 minggu, 
Cara Meloloh Anakan Burung Murai Batu Bagi Para Breeder | admincmb | 4.5