Cara Melatih Merpati Kolongan Agar Stut Kencang

Cara Melatih Merpati Supaya Stut Kencang itu bukanlah hal mudah apalagi untuk jenis merpati kolongan, dibutuhkan ketlatenan dan kesabaran tingkat tinggi. Disamping itu, kalian perlu mengetahui karakter burung tersebut supaya hasil akhirnya nanti benar-benar sesuai harapan.

Burung Merpati Kolongan
Cara Melatih Merpati Kolongan Agar Stut Kencang

Seperti kita ketahui, baik merpati kolongan atau merpati tinggian atau merpati balap tidak bakalan tampil prima dengan kualitas terbaik tanpa latihan dan perawatan maksimal, betul tidak?

Oleh karenanya, demi mendapatkan performa  burung merpati agar stut kencang, sahabat juga harus kerja ekstra mulai dari sekarang. Terkait teknis melatih merpati kolongan agar stut kencang, bisa sahabat ikuti tahapanya berikut.

Cara Mudah Melatih Merpati Kolongan Agar Stut Kencang

1. Melakukan Adaptasi Lapangan

hal ini salah satu bagian terpenting agar merpati terbiasa dengan setiap arena balap. Tak jarang, kemampuan merpati di lapangan bisa sangat bagus namun ketika dibawa ke kandang giring justru berbanding terbalik.

Makanya, sahabat harus melatih merpati bermain bermain dengan merpati betina di sekitar kandang atau lingkungan baru. Kemudian mulailah ajak main naik turun dari tanah betinanya sampai bisa berkonsentrasi penuh  tanpa terganggu oleh merpati betina lain di sekelilingnya (bila ada).

2. Fokus Pada Merpati Betina

Caranya cukup mudah, sahabat tinggal melakukan lob-job jarak dekat untuk membuatnya semakin berkonsertasi. Setelah beberapa saat, biarkan merpati jantan dekat dengan betina (betina dipegang di tangan kanan dan jantan dibiarkan bertengger di jangan kiri pelatih, tujuanya supaya tidak takut dengan pelatih atau manusia di sekitarnya).

Goalnya adalah merpati bakal sangat sigap terbang ke arah perut pelatih (dimana posisi merpati betina diposisikan di perut), maka tahap kedua bisa dikatakan berhasil.

3. Mundur Sedikit Demi Sedikit

Tahapan ketiga yaitu sahabat bisa menjauh dari merpati kolongan (jantan) sedikit demi sedikit. Bila terus mengejar ambil jarak lebih jauh.

Nah, jika dalam titik tertentu kondisi stut atau giring merpati menurun, maka jangan diteruskan. Sudahi terlebih dulu supaya burung tidak stress. Catatan, lakukan secara santai namun pasti, jadi tidak perlu tergesa-gesa atau terlalu lambat.

Baca ini:   Meracik Jamu Merpati Balap Dan Tinggian Sendiri

4. Masuk Kolong

Langkah berikutnya yakni laih merpati masuk kolong dalam titik terbangan setengah lot (kurang dari 600 meter). Tujuanya jelas agar terbiasa stut kencang dalam jarak pendek.

Sebaiknya cobalah gandeng pelatih (untulan) dalam titik ini. Lakukan beberapa kali dengan indikator jalur sudah hafal baik, tenaga cukup serta bisa mengimbangi untulan alias tak ketinggalan (diderek). Baca artikel berikut ciri merpati tinggian yang turunya cepat dan bagus.

 JANGANsekali-kali mengeplek arah jam 11 atau 12 ketika berada pada lepasan 100 meter-500 meter. Kenapa? merpati kolongan atau tinggian perlu adaptasi dulu untuk melatih dasaran terbang secara baik dan benar.

Ketika sudah pada lepasan 500 meter-1 kilometer barulah kalian boleh mengeplek pada derajat tersebut agar stut kencang dan turun dari posisi arah jam 12. Kriteria berhasilnya, merpati mau terbang tinggi dan gandeng maka latihan tahap ini selesai.

5. Kasih Jamu Merpati

Pemberian suplemen atau jamu juga tak kalah penting. Beberapa referensi mengajurkan lebih baik diberikan saat merpati sudah dilatih pada titik lepasan 200-300 meter. Caranya, beri suplemen 2x saat giring yaitu pertama di sore hari usaia dilatih di hari pertama, kemudian selang dua hari berikutnya diberikan pada sore hari lagi.

Berharap dengan adanya informasi mengenai Trik Melatih Merpati Agar Stut Kencang bisa membantu sahabat menemukan pola pelatihan yang baik sehingga bisa memaksimalkan potensi burung tersebut. Terima kasih dan jangan lupa share ke teman-teman kalian.

Salam,
Kicau Mania
www.caramerawatburung.com

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *