Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Cara Lengkap Membedakan Burung Brajangan Jantan dan Betina

Cara Membedakan Burung Brajangan Jantan dan Betina memang bisa dikatakan susah-susah gampang mengingat hampir keduanya memiliki kesamaan dari segi penampilan. Namun bagi kalian terutama para pemula, jangan bingung dulu karena penulis disini akan membagikan tipsnya secara lengkap.

Burung Brajangan merupakan spesies burung kicau (passeriformes) yang mendiami padang rumput di sebagian besar Australian dan Asia Tenggara. Umumnya, memiliki bulu bewarna coklat dengan garis abu-abu dan bintik-bintik. Burung ini pun cukup populer di kalangan kicaumania Indonesia, jadi tidak heran sampai sekarang masih banyak yang mencari brajangan bahkan hingga ke luar jawa.

Cara Mudah Membedakan Burung Brajangan Jantan dan Betina

Cara Lengkap Membedakan Burung Brajangan Jantan dan Betina

Namun satu point penting yang harus diperhatikan adalah memilih brajangan jantan jauh lebih baik ketimbang betina karena faktor volume, durasi serta variasi suaranya. Oleh sebab itu, bagi sahabat yang kebingungan saat ingin membeli brajangan di pasar burung ada baiknya menyimak ulasan berikut agar tidak salah pilih.

Cara Lengkap Membedakan Brajangan Jantan dan Betina

1. Ukuran Kepala

Ukuran kepala brajangan jantan biasanya lebih besar dibanding betina. Dan warna bulunya pun terlihat lebih tajam dan tegas dimana bisa langsung diketahui saat masih anakan.

bentuk kepala brajangan jantan

2. Bentuk Jambul

Keduanya hampiur mirip namun jika dilihat dengan seksama, ukuran jambul penjantan akan lebih panjang daripada betinanya.

jambul brajangan jantan

3. Warna Paruh

Warna paruh brajangan jantan umumnya lebih terang pada bagian bawahnya, sedangkan untuk betina akan lebih gelap dan cenderung bewarna hitam kecoklatan.

paruh brajangan jantan

Baca ini:   Cara Merawat Burung Branjangan Supaya Gacor

4. Aura Mata

Aura mata brajangan jantan pastinya lebih tajam dan bila diperhatikan ada bula halus warna hitam di bagian depan mata (dekat dengan paruh atas). Kemudian dibagian bawah kupingnya, terlihat bulu-bulu putih tampak berdiri (mekar) yang tidak dipunyai oleh si betina.

pandangan tajam brajangan jantan

5. Bulu Dada

Bulu-bulu dada jantan akan halus dan tegas bahkan sejak usai trotolan. Disamping itu, warnanya lebih mengkilat jika dibandingkan dengan betina.

bulu dada yang halus, tegas dan mengkilat brajangan jantan

6. Bentuk Ekor

Brajangan jantan bisanya selalu punya ekor lebih terbuka dan mengembang. Sementara, untuk si betina cenderung memiliki ekor tipis dan menutup.

bentuk ekor brajangan jantan (kiri) dan bentuk ekor brajangan betina (kanan)

8. Model Kicauan

Saat masih muda, brajangan jantan emang lebih suka ngeriwik dibandingkan betina yang malas berbunyi. Nah, ketika dewasa, betina justru memiliki suara kicau lebih keras tapi kurang bervariasi  (monoton atau diulang-ulang). Sebaliknya, si jantan akan memiliki suara cukup lantang disertai variasi-variasi suara yang unik.

suara lantang dan bervariasi dari brajangan jantan

Gimana, mudah sekali kan untuk membedakan brajangan jantan dan betinanya. Bila suatu saat sahabat masih menemukan kesulitan, silahkan langsung diskusikan bersama kita atau boleh ke para kicaumania yang sudah berpengalaman memelihara burung brajangan. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

salam kicauwers

Tags: