Cara Cepat Mengatasi Merpati Susah Makan Hanya Dengan Ramuan Tradisonal

Mau tahu Cara Mengatasi Merpati Susah Makan? Jangan beranjak dulu ya, karena disini sahabat bakal menemukan solusi tepat untuk masalah tersebut, Dan tentu hanya memanfaatkan obat tradisional alias bahan alami yang artinya tidak akan menimbulkan efek samping apapun.

Sebelum itu, sahabat perlu memahami dulu bahwa merpati yang mengalami susah makan biasanya akan terlihat kurus terutama saat dipegang pada sisi bagian tulangan lancip (dibawah dada). Jadi jangan dikira semua merpati bertulang lancip itu kurus lho.

Untuk penyebab kenapa merpati susah makan sangatlah banyak mulai dari karena memang tidak nafsu makan, terkena cacingan, ketidakcukupan asupan nutrisi serta kurang teraturnya dalam proses perawatan. Tentu bagi kalangan kicau mania, masalah tersebut bukanlah hal baru namun ternyata sebagian besar pemilik merpati justru malah kebingungan mencari solusi terbaik.

Oleh karenanya, penulis akan berbagai tips trik demi mengembalikan kondisi merpati supaya cepat gemuk dan sehat. Ingat! ramuan ini bisa juga berlaku dalam mengatasi berbagai jenis penyakit pada tubuh merpati. Gimana caranya?

mengatasi merpati susah makan
Cara Mengatasi Merpati Susah Makan

Ini Dia Ramuan Tradisional Mengatasi Merpati Susah Makan

Yaitu menggunakan daun pepaya. Tak hanya berguna bagi manusia saja tapi keberadaanya penting sekali sebagai obat tradisional untuk mengembalikan kesehatan burung merpati. Daun yang mudah ditemukan di pekarangan rumah, diyakini memiliki khasiat ampu meredam berbagai penyakit mematikan seperti racun atau bakteri. Disisi lain, juga ikut meningkatkan nafsu makan bagi burung merpati.

Pun, beberapa pemilik burung merpati pernah membuktikanya langsung dan alhamdulillah berhasil. Artinya daun ini aman digunakan bahkan bisa difungsikan untuk burung lain sejenis (derkuku, perkutut dan lain-lain).

Baca ini:   Ramuan Alami Untuk Mengobati Burung Merpati Yang Sakit Tetelo

Cara Penggunaan Daun Pepaya Pada Burung Merpati

Cara pertama, cuci daun pepaya sampai bersih, lalu rajang kecil-kecil dan campurkan dengan pakan di wadah tertentu. Kemudian, tinggal berikan campuran pakan tersebut pada merpati.

Cara kedua, ambil daun pepaya 2-3 lembar, cuci bersih dan peras ke dalam suatu wadah hingga keluar airnya. Diamkan sejenak lalu minumkan air perasan itu pada merpati.

Cara ketiga, siapkan 1-2 lembar daun pepaya yang sudah bersih, tumbuk agak halus, lalu jemur setengah kering. Selanjutnya, campurkan dengan menu pakan burung merpati.

Jika ingin hasil maksimal, lakukan salah satu terapi diatas rutin setiap hari selama satu minggu (utamakan pemberian di pagi hari). Oh ya, adapula referensi yang mengatakan alternatif lain untuk meningkatkan nafsu makan merpati bisa dengan herbal alami jahe atau bawang putih. Caranya, tinggal dipotong kecil-kecil (seukuran biji jagung) kemudian lolohkan ke mulut merpati. Jangan lupa, elus-elus bagian leher supaya ramuan tersebut dapat tertelan dan tidak dimuntahkan. Tapi sahabat harus ingat, untuk tips terakhir ini bisa dikonsultasikan ke ahlinya dulu karena belum ada pembuktian secara langsung.

Sekian dulu informasi yang bisa penulis sampaikan. Setelah merpati milik sahabat sudah mulai meningkat nafsu makanya, optimalkan dengan tahap berikutnya yakni pemberian pola makan merpati agar cepat gemuk dan sehat. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

salam kicaumania

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *