Begini Lho Cara Alami Ternak Loverbird Agar Cepat Bertelur

Bagaimana sih Cara Ternak Lovebird Secara Organik Agar Cepat Bertelur? Pertanyaan tersebut sering sekali kita jumpai, khususnya dikalangan para pecinta Lovebird yang ingin mencoba mengembangbiakkan peliharaannya. Tentu ada kiat-kiat tersendiri agar lovebird anda cepat bertelur, mau tau?

Sebelum kita bahas cara mengembiakkannya, ada baiknya kalian mengetahui silsilah dulu burung ini. Lovebird masuk kategori unggas yang kolektif, alias suka bergerombol dan senang hidup secara berkoloni. Jadi sebelum Anda memutuskan mengembangbiakkan ada baiknya Anda patut memperhatikan hal tersebut.

Cara Alami Ternak Loverbird Agar Cepat Bertelur
Begini Lho Cara Alami Ternak Loverbird Agar Cepat Bertelur

Burung lovebird sering disimbolkan sebagai lambang kesetiaan. Tak memungkiri sebab dalam silsilahnya burung ini memiliki kesetiaan yang tinggi, hingga dinamakan burung cinta, artinya tidak akan kawin dengan burung lain, sebelum pasangannya mati, luar biasa bukan? Nah, sebelum berlanjut, anda bisa membaca artikel tentang cara ternak lovebird bagi pemula sebagai langkah awal untuk dikombinasikan dengan teknik alami ini.

4 Tips Cara Ternak Lovebird Secara Organik Agar Cepat Bertelur

1. Mempersiapkan Kandang Untuk Lovebird

Mempersiapkan Kandang Untuk Lovebird
Mempersiapkan Kandang Untuk Lovebird

 

Hal yang paling utama sebelum beternak Lovebird adalah mempersiapkan kandangnya terlebih dahulu. Bagi yang beternak Lovebird lebih dari sepasang hendaknya buatlah kandang dengan ukuran yang lebih besar dan bersekat-sekat.Siapkan juga serut kayu, ranting kecil serta daun-daun kering disekitar kandang, untuk Lovebird menghias sendiri sarangnya.

Usahakan kondisi kandang memiliki intensitas cahaya matahari yang baik. Untuk memudahkan bagi si burung berjemur dan jangan lupa sediakan juga tempat untuk bermain, ini dimaksudkan agar si burung tidak stres. Sebab stres pada burung bisa mempengaruhi nilai produksinya.

2. Pilihlah Indukan Lovebird Yang Berkualitas

Pilihlah Indukan Lovebird Yang Berkualitas
Pilihlah Indukan Lovebird Yang Berkualitas

Setelah urusan kandang sudah terpenuhi dengan baik, hal selanjutnya adalah langkah pengeliminasian Lovebird. Anda tinggal memilih sesuai selera terlibih dulu, mau Lovebird yang memiliki suara bagus atau yang sekedar bulunya menarik.

Sesudah Anda tentukan, sekarang tinggal memilih jenis Lovebird yang sehat dan berkualitas. Hal ini cukup penting, mengingat jika indukannya mempunyai kualitas yang baik sudah barang tentu burung itu akan menghasilkan nilai produksi yang berkualitas pula.

Faktor lainnya yang harus dicermati adalah dengan memilih Lovebird jantan lebih tua ketimbang Lovebird betina. Sebab Lovebird jantan yang lebih tua lebih mudah untuk mendominasi lovebird betina. Jadi dengan begitu, proses pembuahan untuk menghasilkan telur menjadi lebih tinggi.

Baca ini:   Cara Memilih Burung Lovebird Supaya Bagus Untuk Bibit

3. Berikan Makanan Yang Baik Dan Juga Vitamin

Berikan Makanan Yang Baik Dan Juga Vitamin
Berikan Makanan Yang Baik Dan Juga Vitamin

Makanan bergizi serta penambahan vitamin bagi calon induk yang akan bertelur merupakan faktor yang wajib diperhatikan. Dengan selalu terjaga nilai gizi bagi sang induk, kelak bisa menghasilkan kualitas telur yang baik tentunya. Lovebird juga termasuk jenis burung yang tidak begitu rewel mengenai makanannya kok.

Adapun jenis makanan yang bergizi tinggi bagi Lovebird pun juga terbilang cukup mudah, yaitu dengan memberikan sawi, jagung muda, tauge dan kuaci. Sesekali dengan mengimbangi dengan memberikan vitamin bagi sang calon induk. Anda bisa mendapatkan di toko pakan burung.

4. Menunggu Sampai Lovebird Siap Untuk Kawin

Menunggu Sampai Lovebird Siap Untuk Kawin
Menunggu Sampai Lovebird Siap Untuk Kawin

Poin terakhir yang patut diperhatikan adalah menunggu sampai Lovebird siap kawin dengan sendirinya. Memaksa Lovebird kawin sebelum waktunya sangat fatal akibatnya. Bisa mengakibatkan induk Lovebird menjadi stres lalu mati.

Pada umumnya induk betina yang benar-benar siap kawin adalah setelah berusia 1 tahun. Sedang untuk Lovebird jantan bisa dipilihkan yang lebih tua, sekitar usia 1,5 atau 2 tahun. Pada masa itu Lovebird berada pada masa siap kawin.

Demikian teknik dan Cara Ternak Lovebird Secara Organik Agar Cepat Bertelur. Dengan selalu menaati dan memenuhi kebutuhanya, niscaya lovebird anda akan cepat bertelur sesuai masanya. Semoga artikel di atas bermanfaat dan bisa dijadikan acuan untuk menerapkan proses perkembangbiakkan lovebird agar cepat bertelur.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *