Berapa Sih Usia Lovebird Mabung Pertama Dan Gimana Cara Perawatanya?

Ternyata mudah banget mengetahui Usia Lovebird Mabung Pertama kalinya. Setelah itu pun sahabat punya satu kewajiban penting yang harus dilakukan yakni merawatanya pada masa-masa tersebut. Istilah mabung merupakan suatu proses alami yang terjadi pada burung lovebird, walau bisa saja karena faktor-faktor eksternal.

Nantinya, burung akan mengalami kerontokan bulu dan berganti dengan bulu-bulur baru. Kondisi seperti inilah yang harus diperhatikan mengingat LB sedang berada pada titik terlemahnya.

Usia Lovebird Mabung Pertama
Berapa Sih Usia Lovebird Mabung Pertama Dan Gimana Cara Perawatanya?

Lovebird Mabung Pertama Umur Berapa?

Jawabanya tidak selalu pasti, namun pada umumnya lovebird mengalami masa mabung pertamanya di usia 4-7 bulan. Jadi sahabat perlu telaten saat proses ini berlangsung.

Baca ini:   Cara Merawat Burung Lovebird Harian Supaya Cepet Ngekek

Berapa Lama Lovebird Mabung?

Tergantung pada kondisi BL, tapi rata-rata memakan waktu 2-5 bulan, bahkan bisa lebih lama. Oleh sebab itu, sahabat tidak boleh asal-asalan dalam merawatnya supaya lovebird tetap fit dan sehat.

Lantas, apa saja yang menjadi perhatian khusus  ketika lovebird mengalami kerontokan bulu atau mabung? Simak, kalo perlu catat 5 poin berikut.

1. Saat pertama kali lovebird mabung, segera pindahkan ke tempat tenang atau sepi. Tujuanya agar perontokan bulu atau ngurak benar-benar lancar tidak ada gangguan dari burung sejenis.

2. Tutupi kandang lovebird dengan full kerondong. Bolehlah sesekali menganginkanya untuk membantu menjaga suhu tubuh burung.

3. Kalo bisa, jangan memandikan lovebird yang sedang mabung, kenapa? Karena dapat membuat bulu menjadi alot. Triknya, mandikan LB usai tumbuh bulu-bulu jarum.

4. Jangan menjemur lovebird ketika proses ngurak (pergantian bulu) berlangsung supaya pertumbuhan bulu bisa lengkap, sempurna dan lebih indah dari sebelumnya.

5. Berikan EF (extra food) bisa berupa kangkung, kuaci atau jagung. Beberapa referensi menganjurkan untuk diterapkan di masa akhir mabung lovebird.

6. Pada saat mabung maka inilah waktu terbaik bagi sahabat untuk melatih kicauannya. Lebih jelasnya baca artikel cara mengatasi kerontokan pada bulu lovebird.

Sekian dulu informasi yang penulis sampaikan tentang Cara Mengetahui Lovebird Mabung Pertama Kali, semoga bermanfaat dan jangan lupa share ke teman-teman lain mereka mengetahuinya.

salam kicauwers

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *