Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Bagaimana Cara Penjemuran Burung Yang Baik?

Waktu Yang Tepat Untuk Menjemur Burung, Hampir setiap hari burung-burung yang kita rawat dan pelihara selalu kita jemur dan kita mandikan. itu merupakan sebuah ritual yang musti dilakukan,terkecuali musim hujan apalagi hujan dipagi hari.

Banyak sekali para pemelihara burung ini yang salah kaprah karena tidak mengetahui hal ini, sebetulnya perlu sahabat ketahui burung-burung tidak usah terlalu lama di jemur, jadi cukup tersinari oleh sinar ultraviolet matahari.

Nah, sebelum beranjak ke topik utama mari ketahui dulu  manfaat dari penjemuran burung ini.

1. Bahwa sinar matahari yang mengandung infra merah dapat mempengaruhi pembentukan hormon testosteron (bagi burung jantang) dan hormon estrogen maupun progesteron (bagi burung betin). Sehingga memegang kendali penting terhadap rangsangan birahi bahkan mampu membuat burung lebih rajin berkicau.

2. Sifat ultraviolet pada sinar matahari dapat mengekstrak pro-vitamin D menjadi vitamin D yang bermanfaat terhadap daya tahan tubuh serta struktur pembentukan tulang pada burung.

3. Adanya sinar matahari, secara tidak langsung bisa mengoptimalkan proses metabolisme dalam tubuh burung. Jadi penyerapan atau pendistribusian sari-sari makanan lebih cepat, tepat dan efisien.

4. Sinar ultraviolet matahari mampu membunuh bibit-bibit jamur, mikroba bahkan virus yang menjadi penyebab penyakit pada burung.

5. Meski tidak langsung, ternyata sinar matahari bisa memiliki dampak terhadap perkembangan psikologis burung yang membuat terasa lebih segar dan tidak gampang stress.

Sekarang, saatnya menuju ke teknis penjemuran yang baik dan benar. Jangan lupa dicatat supaya tidak lupa karena hal ini cukup berpengaruh pada kualitas burung.

Waktu Yang Tepat Untuk Menjemur Burung

1. Kalo bisa, jemurlah sepagi mungkin yaitu sebelum waktu fajar agar mendapatkan proses pengembunan. Kenapa? karena pengembunan ini bagus buat burung mendapatkan udara segar di pagi hari (asumsinya udara masih bersih dan belum tercampur oleh berbagai macam polusi).

2. Waktu yang tepat untuk proses penjemuran burung adalah mulai pukul 06.00 sampai dengan pukul 09.00. Jadi silahkan pilih antara waktu tersebut. Ingat! jangan melakukan penjemuran setelah pukul 09.00 karena sinar ultravioletnya bisa merusak bulu-bulu burung. (CATATAN: cukup jemur burung antara 1,5 – 2 jam saja)

3. Jangan menjemur burung pakai sangkar dikerodong apalagi di daerah yang panas. Akibatnya bisa fatal seperti kekurangan oksigen hingga burung bisa mati kepanasan. Kalo untuk daerah dingin hal ini tidak menjadi hal serius.

Gambar Burung Sedang Dijemur
Bagaimana Cara Penjemuran Burung Yang Baik?

Pertanyaan Yang Sering Dilontarkan Terkait Proses Penjemuran Burung

Penjemuranya sebelum atau sesudah dimandikan?
Jika sahabat mengeluarkan burung sejak subuh, silahkan dimandikan dulu tidak masalah (di dalam keramba) antara pukul 06.00 – 07.00 lalu dapat langsung dijemur. Namun bisa memandikanya sekitar pukul 08.00, maka burungnya harus diangin-anginkan dulu agar kondisi bulu kembali rapi kemudian baru dijemur. Bila langsung dijemur, dikhawatirkan sinar matahari sudah agak panas sehingga membuat bulu cepat kering, keriting dan tidak tertata rapi.

Jenis burung apa saja yang perlu dijemur?
1. Jenis burung anis seperti anis kembang, anis macan, anis merah atau punglor merah, kacer hitam, kacer poci atau sekoci, burung cucak, sulingan atau tledekan, murai batu dan masih banyak lagi. Nah untuk proses penjemuran, semua jenis burung tadi tidak butuh waktu yang lama karena di alam bebas mereka terbiasa hidup diantara pepohonan rindang dan tak terbiasa berjemur terlalu lama.

2. Jenis burung pemakan biji-bijian seperti, derkuku, lovebird, gelatik, kenari, perkutut, brajangan dan berbagai burung paruh bengkok lainya. Sahabat bisa melakukan penjemuran untuk waktu cukup lama karena mereka sudah terbiasa hidup di padang rumput, ladang jagung yang termasuk tempat terbuka dan lebih banyak terkena sinar matahari.

3. Pengecualian untuk jenis burung jalak suren bisa dijemur dengan waktu yang cukup singkat. Meski di alam terbuka mereka hidup di area persawahan atau rawa namun jalalk suren tak perlu dijemur lama jika dipeliharan sebagai burung rumahan. Begitupun seperti burung kakak tua atau jenis nuri juga tak perl dijemur lama karena habitat aslinya berasal dari hutan dan pepohonan-pepohonan rindang.

4. Sementara, untuk jenis burung pentet atau cendet bisa sahabat jemur lebih lama mengingat ketika di alam liar, mereka terbiasa bertengger di pucuk-pucuk pohon tinggi yang langsung terkena sinar matahari.

Baca ini:   Burung Jenis Hewan yang Mudah Dipelihara dan Menguntungkan

Kenapa tidak boleh menjemur terlalu lama?
Jika terlalu lama malah dapat memunculkan berbagai keluhan pada burung seperti,
1. s
erak pada suara burung.
2. menyebabkan katarak kepada mata burung
3. bulu burung menjadi kering dan rusak

Bagaimana kalo menjemurnya di sore hari? 
Sebenarnya, tidak masalah asal burung terlebih dulu dimandikan, diangin-anginkan kemudian dijemur saat sore hari dan sebaiknya melewati jam 16.00 agar sinar matahari tidak terlalu panas. Namun beberapa referensi tetap mengutamakan proses penjemuran dilakukan di pagi hari karena sinar matahari masih fresh dan segar. 

Apa benar penjemuran dapat mengurangi kegemukan?
Iya tapi tidak secara langsung. Pada saat burung dijemur, mereka akan merasakan panas dan kehausan dan dalm kondisi tersebut burung cenderung meminum air. Jadi konsumi air lebih banyak dibanding karbohidrat sehingga tidak banyak penumpukan lemak pada tubuh burung.

Namun jangan percaya mitos kalo penjemuran bisa membakar lemak! Itu tidaklah benar, karena cairan yang keluar dari burung setelah dijemur bukanlah proses pembakaran lemak melainkan cairan air. Itulah alasanya, kenapa burung yang sering dijemur terlihat singset.

Demikianlah  yang penulis sampaikan semoga bermanfaat bagi sahabat semuanya. Jangan lupa baca juga artikel mengenai cara-pintar-tepat-memilih-burung-pleci-bakalan

salam kicauwers

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *