6 Ramuan Tradisional Yang Efektif Mengobati Burung Kicau Serak

Halo semuanya, pada kesempatan kali ini penulis kembali berbagi tentang Cara Mengobati Burung Kicau Serak. Tahu sendiri kan, ketika suara burung menjadi serak tentu bakal berpengaruh pada penampilannya. Apalagi saat memasuki arena lomba, pasti akan dinilai buruk karena suaranya tidak maksimal.

Masalah seperti ini jika dibiarkan terus menerus, maka ada 2 kemungkinan yang terjadi, pertama bisa semakin parah dan kedua, kadang bisa sembuh sendiri. Namun sahabat juga harus tahu resiko jika tidak segera diobati justru dapat membuat burung kicau macet bunyi.

obat tradisional untuk mengobati burung kicau serak
7 Ramuan Alami Dan Efektif Mengobati Burung Kicau Serak

Ada berbagai macam penyebab kenapa suara burung menjadi serak seperti adanya peradangan, kondisi badan kurang fit, burung terlalu lelah karena sering trek (jenis kenari, cucak ijo dll) hingga terlalu lama di kandang penjodohan. Nah untuk mengatasi masalah itu, sahabat kicaumania bisa melakukan beberapa pencegahan agat burung piaraanya kembali berkicau merdu salah satunya lewat penggunaan ramuan herbal alami berikut.

6 Ramuan Tradisional Untuk Mengobati Burung Kicau Serak

1. Memanfaatkan Daun Sirih

Caranya, ambil 3 lembar daun sirih lalu rebus dengan air secukupnya (1 liter saja) sampai mendidih dan terlihat kecoklatan. Setelah itu, saring dan didinginkan sebentar. Gunakan air rebusan tadi sebagai air mandi serta air minum untuk burung.

2. Memanfaatkan Akar Sereh dan Jahe Merah

Siapkan 1 ruas jaher merah dan sebatang akar sereh, cuci sampai bersih. Lalu, tumbuk kedua bahan sampai lembut, tinggal campurkan dengan segelas air. Masak sampai mendidih. Setelah didinginkan, beri sekitar 2 sdm madu murni dan perasan air jeruk nipis. Dan obat tradisional siap diminumkan ke burung kicau kalian. Anjuranya, diberikan setiap pagi selama kurang lebih 1 minggu.

3. Memanfaatkan Kencur

Kencur ternyata mengandung banyak minyak atsiri dan alkaloid yang mampu memberikan rasa hangat sekaligus mengatasi serak pada burung. Caranya, sediakan kencur secukupnya lalu potong kecil-kecil (seukuran kacang hijau). Selanjutnya, lolohkan langsung pada burung sebanyak 2-3 butir saja. Bisa dijuga dilembutkan dan direbus sampai mendidih dengan satu gelas air. Nah, air rebusanya bisa dijadikan minuman burung selama masa terapi.

Baca ini:   Racikan Pakan Burung Cipoh Agar Rajin Berkicau Dan Gacor

4. Memanfaatkan Air Larutan Penyegar

Keempat yaitu air larutan penyegar yang dapat mengatasi serak pada burung kicau. Pilih saja larutan tanpa rasa dan jadikan sebagai air minum untuk burung. Lakukan terapi secara teratur khususnya pada burung-burung dengan masalah peradangan tenggorokan atau sejenisnya. Usai burung sembuh maka hentikan pemakaianya.

5. Memanfaatkan Daun Saga

Daun ini tidak hanya dikenal sebagai herbal bagi manusia tapi juga dapat digunakan untuk mengobati burung yang bersuara serak. Caranya, siapkan daun saga (secukupnya) lalu rebus sampai mendidih sambil dicampur dengan 1 sdt gula tebu. Setelah dingin, berikan kepada burung (sebagai minum) selama 4-6 hari berturut-turut. Sahabat juga boleh memberikanya dalam bentuk remasan kecil dan lolohkan langsung ke mulut burung.

6. Memanfaatkan Metode Gurah

adalah cara yang dipakai dalam membersihkan lendir atau kotoran pada tenggorokan serta mata burung. Teknisnya, gunakan daun lenteng putih/lanteng putih yang biasa tumbuh di perkebunan rumah. Ambil sedikitnya 6 helai daun lalu remas-remas hingga keluar airnya berwarna hijau (sambil dicampur dengan sedikit air).

Berikutnya, teteskan air tersebut ke mata burung sebanyak 3-4 tetes. Maka burung akan terlihat mangap-mangap atau lemas sekitar 10 menitan. Kondisi seperti ini, sahabat tak perlu khawatir , tinggal pegans posisi burung dengan kepala menghadap ke bawah agar lendir bisa keluar atau mengalir. Bantu urut tenggorokanya jika masih tidak keluar (minta bantuan teman).

Setelah selesai, taruh burung di karamba lalu semprot matanya pakai air biasa hingga bersih. Ingat! tidak usah dijemur. Masa pemerahan atau gurah burung pada umumnya akan terus mengibas-ibaskan kepala/paruh dan mengeluarkan lendir yang belum keluar. Prosesnya bisa berlangsung selama 2-3 jam bahkan ada yang sampai 2 hari.

Ok, segitu dulu tips trik untuk mengobati serak burung kicau dengan ramuan tradisional dan semoga menjadi solusi terbaik bagi peliharaan burung kalian. Terima kasih dan see you next time yak.

salam kicaumania

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *