Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Dijamin Berhasil! 7 Langkah Mudah Menjinakkan Kacer Dalam Waktu Singkat

Tahukah kalian syarat utama agar burung kacer dapat berkicau atau ngoceh terus-terusan adalah harus jinak. Lalu gimana cara mudah menjinakkan kacer?  Seperti kita ketahui yang namanya burung jinak itu terbebas dari tekanan, tidak takut dengan lingkungan sekitar dan salah satu hal penting yang tidak boleh dilupakan yaitu kesabaran dan ketlatenan dalam proses perawatanya.

Khususnya burung kacer yang sahabat dapatkan dari hutan liar biasanya cenderung gesit, loncat kesana-kesini karena merasa tidak nyaman berada di sebuah kandang. Nah, burung tersebut jelas tidak bakal gacor alis berkicau bila hanya didiamkan saja. Itulah sebabanya mengapa burung kacer liar hanya berbunyi ngeplong saat lingkungan sepi atau tidak ada orang sama sekali.

Untuk mengatasi hal tersebut, sahabat tak perlu bingung semua tips trik akan penulis bagikan disini berdasarkan pengalaman beberapa pecinta burung kacer. Kalo sudah tidak sabar, pahami dan segera praktekkan langkah-langkah dibawah.

cara menjinakkan burung kacer
Dijamin Berhasil! 7 Langkah Mudah Menjinakkan Kacer Dalam Waktu Singkat

7 Langkah Mudah Menjinakkan Kacer Dalam Waktu Singkat

1. Tempatkan di Kandang Kecil

Penggunaan kandang ukuran kecil sangat berguna sekali untuk meminimalisir pergerakan kacer. Beberapa referensi ada yang mengatakan ukurang normal kandang panjang x lebar 35 cm. Jadi burung tersebut tidak gampang leluasa terbang kesana-kemari sehingga bisa mengamati lingkungan barunya.

2. Beri Satu Tangkringan

Kenapa mesti satu? Agar burung tidak terlalu banyak loncat-loncat kesana kemari. Hampir sama dengan langkah pertama, tujuanya sembari mengamati lingkungan baru, kacer juga bisa segera beradaptasi.

3. Mandikan Basah Kuyup

Terlebih dulu lepas pakan dan tempat air minum yang ada di kandang, lalu mandikan kacer dengan cara menyemprot bukan menggunakan teknik karamba (usahakan lakukan di pagi hari sekitar pukul 4 atau 5 pagi). Tujuan adalah agar nantinya burung bisa basah kuyup sampai ke bagian kulitnya. Setelah itu, burung bakal lebih banyak diam dan bisa mengamati keadaan sekitar sambil berfokus kepada pemiliknya.

4. Geprakkan Sisi-sisi Kandangnya

Usai dimandikan basah kuyup, jangan langsung dijemur tapi diangin-anginkan dulu di lantai (dibawah) dan jangan digantungkan. Kenapa? biar tenang dan bisa langsung melihat ke pemiliknya. Sambil menemani di dekatnya, sahabat bisa menggeprak-geprakan bagian sisi kandang agar burung tidak kagetan atau takut ketika didekati manusia.

Dengan begitu, burung akan lebih banyak kontak dengan kita dan lama-lamaan akan terbiasa Sesudah agak kering, barulah dijemur di pinggiran rumah (tidak boleh langsung terkena sinar matahari) dan jangan lupa untuk diawasi. Tak masalah jika klabakan karena itu proses pembentukan mental burung kacer supaya makin jinak.

5. Kasih Voer, Air Minum Dan Jangkrik
Untuk voer dan air minum bisa sahabat taruh lagi di kandangnya. Sedangkan untuk jangkrik bisa langsung dikasihkan dengan tangan. Ingat! potong-potong dulu kepala dan kakinya dihadapan burung kacer terpancing dan greget sehingga ketika didekatkan akan segera menyambar jangkrik tersebut. Tujuanya tidak lain adalah untuk lebih mendekatkan dengan pemiliknya dan kacer pun tidak takutan lagi .

6. Gantang Depan Pintu

Sesudah langkah kelima, saatnya gantang kacer di depan pintu yang biasa untuk wira-wiri orang. Tujuanya agar burung tidak gampang kaget dengan kehadiran manusia atau siapapun. Gantang dari pagi (setelah dijemur kering) sampai sore hari.

Baca ini:   Cara Merawat Burung Kacer Harian Supaya Cepat Gacor

7. Taruh depan TV

Jadi sahabat lebih dulu melakukan langkah 1 sampai 5 kemudian barulah menaruh burung kacer beserta kandangnya di depan tv. Selain menjadi altenatif untuk langkah ke 6, tujuan lainya yakni supaya burung benar-benar terbiasa dengan keramaian, suara-suara televisi sehingga membuatnya lebih cepat jinak. Eits, jangan lupa untuk selalu menemani kacernya ya, tak boleh dibiarkan sendiri!

Itulah tips jitu menjinakkan burung kacer. Kombinasikan setiap langkahnya insya allah dalam waktu singkat kurang dari dua minggu sudah relatif jinak bahkan mungkin bisa sedikit demi sedikit berani ngoceh (berkicau) di depan orang atau pemiliknya.

salam kicaumania

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *