Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

5 Teknik Jitu Menjodohkan Murai Batu Agar Cepat Berhasil

Tips Menjodohkan Murai Batu Supaya Berhasil – Jika sahabat beternak burung, pasti ingin segera berkembang biak dan menghasilkan keturunan yang banyak bukan? Dengan begitu, pundi-pundi rupiah bakal terkumpul cepat apalagi jenis ternaknya adalah burung murai batu.

Selain harganya mahal, murai batu juga masih digemari oleh kalangan kicaumania karena memiliki bentuk yang indah dan suara yang begitu merdu. Namun, bukanlah hal mudah untuk mengembangbiakkan burung tersebut mengingat kalian juga harus memeliharanya dalam keseharian baik itu pembersihan kandang hingga pemberian EF yang cukup.

Tips Menjodohkan Murai Batu Agar Cepat Berhasil

5 Teknik Jitu Menjodohkan Murai Batu Agar Cepat Berhasil

Nah, bagi pemula khususnya yang tertarik menekuni kegiatan ini, tak ada salahnya untuk mencobanya langsung. Lalu gimana cara beternaknya, harus mulai darimana agar murai batu cepat berjodoh dengan lawan jenisnya? Semua informasi yang sahabat tanyakan sudah penulis kemas secara lengkap dibawah ini, silahkan disimak baik-baik ya.

5 Teknik Jitu Menjodohkan Murai Batu Agar Cepat Berhasil

1. Menjodohkan Murai Batu Dengan Tempel Sangkar

Teknik pertama ini umumnya dianggap yang paling mudah. Jadi, kalian tinggal memilih jantan kisaran umur 2 tahun keatas dan betina diatas 1 tahun. Kemudian, masukkan masing-masing burung ke dalam sangkar yang berbeda. Lalu sejajarkan atau tempelkan sangkar satu sama lain (pastikan posisi tangkringan sejajar). Bila murai batu jantan menunjukkan tanda-tanda birahi maka masukkan ke dalam satu sangkar dengan betinanya.

Menjodohkan Murai Batu Dengan Tempel Sangkar

2. Menjodohkan Murai Batu Dengan Karamba

Tujuan utama dari metode kedua adalah untuk menyeimbangkan tingkat birahi penjantan dan betina sehingga meminimalisir pertengkaran. Tahapan pertama, siapkan kandang ukuran sedang dan berjeruji (bisa dari aluminum atau kayu). lalu masukkan bak mandi ukuran sedang juga. Ingat! lakukan dahulu teknik pertama selama 12 jam, jika cocok maka satukan kedua burung ke dalam satu keramba. Sebaliknya, bila terjadi pertengkaran saat di keramba segera pisahkan.

Menjodohkan Murai Batu Dengan Karamba

3. Menjodohkan Murai Batu Dengan Kandang Sekat

Trik ketiga bisa dibilang hampir sama dengan tempel sangkar. Bedanya, sahabat hanya menggunakan satu kandang ukuran besar kemudian pada bagian tengah diberi sekat jeruji. Kemudian masukkan murai batu jantan dan betina, terus amati selama kurang lebih 1-2 minggu. Bila terlihat ada kecocokan, segera ambil sekatnya dan perjodohan kedua burung tersebut dinilai berhasil.

Baca ini:   Perawatan Burung Indukan Murai Batu yang Baru Bertelur

Menjodohkan Murai Batu Dengan Kandang Sekat

4. Menjodohkan Murai Batu Dengan Sistem Kandang Penangkaran (betina di dalam penangkaran)

Adalah perjodohan murai batu dengan cara pejantan dimasukkan ke dalam sangkar sedangkan betina berada di penangkaran. Sejauh ini, perjodohan sistem kandang penangkaran dinilai lebih banyak berhasil oleh para peternak burung. Salah satu kelebihanya adalah resiko pertengkaran antara murai batu jantan dan betina sangatlah kecil. Disisi lain, juga membuat kedua burung tersebut bisa saling fokus untuk saling mengenal satu sama lain dalam satu kandang penangkaran.

Menjodohkan Murai Batu Dengan Sistem Kandang Penangkaran (betina di dalam penangkaran)

5. Menjodohkan Murai Batu Dengan Sistem Kandang Penangkaran (jantan di dalam penangkaran)

Yang kelima adalah kebalikan dari nomor empat, dimana murai batu pejantan berada dalam penangkaran sedangkan betinanya masuk ke dalam sangkar. Salah satu tujuanya, agar si jantan lebih mendominasi wilayah sehingga bisa menimbulkan birahinya. Cocok sekali diterapkan pada murai batu yang kurang birahi, biasanya penjantan muda dari hutan (masih giras-girasnya).

Menjodohkan Murai Batu Dengan Sistem Kandang Penangkaran (jantan di dalam penangkaran)

Demikian ulasan diatas mengenai cara menjodohkan murai batu agar cepat berjodoh yang diambil dari referensi-referensi terpercaya serta info langsung dari para peternak burung murai batu di Indonesia. Pada intinya, keberhasilan pada perjodohan murai batu tergantung dari kesiapan induk itu sendiri dan ditunjang dari keuletan kalian saat proses perawatanya.

salam kicaumania

 

Tags: