5 Jenis Burung Murai Batu Yang Ada Di Indonesia

Jenis-Jenis Burung Murai Batu, Burung Murai batu atau Kucica Hutan dengan bahasa latinnya (Copsychus malabaricus), yang tersebar di pulau Sumatera, Kalimantan hingga pulau Jawa, nampaknya kini  hampir punah di habitatnya karena banyak para pemburu yang menangkap indukannya.

5 Jenis Burung Murai Batu
5 Jenis Burung Murai Batu Yang Ada Di Indonesia

Burung murai batu ini diburu oleh semua orang penghobi burung dengan alasan memiliki suara yang begitu bagus dan harganya lumayan tinggi, untuk anakan burung sajasudah mencapai kisaran 1-2 juta.

Sebetulnya burung ini ada banyak model dan jenisnya, tapi burung yang paling banyak dicari adalah 5 jenis burung murai batu ini terutama burung murai batu medan.

Baca ini:   Cara Merawat Burung Murai Batu Supaya Rajin Bunyi

5 Jenis Burung Murai Batu Yang Ada Di Indonesia

1. Murai Batu jawa (Larwo)

Gambar Burung Murai Batu Larwo
Gambar Burung Murai Batu Larwo

Burung ini bersal dari pulau jawa yang dikategorikan burung murai batu. burung ini habitatnya yaitu dipegunungan pulau jawa seperti di Ujung Kulon, Gunung Kidul tapi kini mulai menghilang seiring banyaknya penangkapan hewan burung di hutan.

2. Murai Batu Aceh

Gambar Burung Murai Batu Aceh
Gambar Burung Murai Batu Aceh

Jelas pasti burung ini terdapat dari pulau Sumatera tepatnya di Aceh. Burung murai batu aceh memiliki ciri utama panjang ekornya bisa mencapai 19-20 cm.

3. Murai Batu Borneo

Gambar Burung Murai Batu Borneo
Gambar Burung Murai Batu Borneo

Burung ini Berasal dari pegunungan seputar Kalimantan yang masuk ke perbatasan Malayasia. Burung murai batu borneo memiliki ciri-ciri kebalikan dari murai batu aceh yakni ekornya tidak begitu panjang hanya 8-13 cm.

Disisi lain, ciri khas burung ini, adalah ketika menjaga daerah kekuasaanya selalu membusungkan dadanya hingga kembung.

4. Murai Batu Lampung

Gambar Burung Murai Batu Lampung
Gambar Burung Murai Batu Lampung

Burung murai batu lampung banyak ditemukan di kepulauan Sumatera terutama di wilayah selatan yaitu kota Lampung. Burung ini memiliki panjang ekor yang tidak terlalu panjang namun juga tidak terlalu pendek. Jadi memiliki ukuran standar dan hampir mirip dengan murai batu borneo.

5. Murai Batu MedanGambar Murai Batu Medan

Burung murai batu ini dijadikan primadona oleh para penghobi burung, tidak lain karena memiliki suara lebih unik, banyak variasi dan daya tarung yang sangat kuat sekali. Untuk ekornya sendiri panjangnya saja bisa sampai 27-30cm.

Kalo sahabat ingin mengenal detail, masih banyak kok sebagian burung murai batu jenis yang lain namun yang memang familiar oleh masyarakat Indonesia hanya 5 Jenis Burung Murai Batu diatas.

Bagi sahabat yang ingin mencoba merawat salah satu jenis burung murai batu tadi, jangan lupa baca tips trik perawatannya disini supaya tidak salah dalam memeliharanya. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Salam,
Kicau Mania
www.caramerawatburung.com

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *