2 Bahan Alami Pilihan Untuk Mengobati Katarak Pada Burung Kicau

Mengobati Katarak Pada Burung Kicau bukanlah hal sulit. Meski beberapa orang mengaku penyakit itu bakal sulit disembuhkan bahkan tidak bisa kembali normal. Eits, tunggu dulu, pernah dengar pepatah yang mengatakan “tak ada yang tidak mungkin di dunia ini selama kita berusaha”.

Hampir semua penyakit sebenarnya bisa disembuhkan asal menemukan pengobatan yang tepat. Seperti masalah katarak pada burung kicau dimana tanda-tanda awal berupa flek putih dengan ukuran-ukuran kecil kemudian semakin lama semakin melebar. Ketika sahabat mulai menemukan gejalanya, sebaiknya lakukan pencegahan dini supaya tidak menyebabkan burung menjadi buta hingga mati. Gimana caranya? Sebelum itu, yuk cari tahu dulu kenapa muncul katarak pada burung.

Pada umumnya, penyebab katarak pada burung sangatlah banyak mulai dari faktor internal (pengaruh makanan, faktor genetik, kelainan antibodi) serta faktor eksternal (terpapar cahaya terlalu silau, seringnya terkena semprotan air saat mandi). Lalu, gimana sih cara pencegahan awal agar tidak terjadi katarak?

tanaman kitolod
2 Bahan Alami Pilihan Untuk Mengobati Katarak Pada Burung Kicau

Pencegahan Awal Katarak Pada Burung Kicau

Pertama, jelas jangan mudah memberikan pakan asal-asalan. Diambil dari berbagai sumber terpercaya bahwa makanan burung harus disesuaikan dengan kebutuhan mereka. Bahkan ada yang pernah mengatakan jika terlalu banyak dikasih UH (ulat hongkong) bisa menimbulkan katarak. Walau secara pasti belum ada yang membuktikanya, tapi sahabat mulai sekarang bisa meminimalisir pemberian pakan tersebut atau lainya karena konsumsi berlebihan juga tidak baik bagi kesehatan burung.

Kedua, jangan gantang burung di dekat pantulan cahaya yang menyilaukan. Misalnya dekat tembok bewarna cehara yang berpotensi memantulakan sinar ke arah burung hingga berefek pada gangguan mata.

Ketiga, usahakan tidak mengantangan burung dekat dengan lampu saat malam hari. Efeknya juga sama bisa menyilaukan mata dan lama-kelamaan bisa menyebabkan katarak.

Terus, gimana jika katarak sudah terlanjur menjangkiti burung kicau sahabat? Tak perlu khawatir, ada banyak pilihan sebagai solusi jitu untuk mengatasi hal tersebut, salah satunya dengan memanfaatkan bahan alami berikut.

Baca ini:   6 Ramuan Tradisional Yang Efektif Mengobati Burung Kicau Serak

Bahan Alami Untuk Pengobatan Katarak Pada Burung Kicau

1. Tanaman Kitolod

Merupakan tanaman dengan nama ilmiah Laurentia Longiflor yang sudah teruji khasiatnya untuk mengobati berbagai macam penyakit mata. Sahabat bisa menemukan tanaman ini di pinggiran selokan, sungai atau disela-sela bebatuan lembab. Untuk contohnya, bisa dilihat pada gambar diatas.

Penggunaan kitolod dalam mengobati katarak pada burung pun sangatlah mudah. Sahabat tingga mengambil 3-5 tangkai bunga dari tanaman kitolod, lalu peras dan ambil airnya saja. Kemudian simpan dalam obat tetes mata atau mangkuk. Teteskan ke mata burung secara perlahan, cukup 1-2 kali sehari (pagi dan malam) selama satu minggu.

Oh ya, menanggapi salah satu sahabat kita yang menanyakan, apakah burung katarak boleh dimandikan dalam masa pemberian obat? Saat pagi hari, boleh saja dimandikan (sebelum pemberian obat tetes mata) agar badan burung tetap terjaga kebersihanya.

2. Propolis

Bahan alami kedua, tidak lain adalah Propolis. Alternatif ilmiah ini tidak hanya mengobati beberapa penyakit pada manusia namun juga untuk katarak yang dialami oleh burung kicau.

Cara penggunaanya, sediakan 5-7 tetes air matang (menggunakan pipet) lalu campur dengan 1 tetes propolis. Adukan rata kemudian teteskan pada mata burung yang sakit. Mengingat kandungan vitamin dan mineral dalam herbal ini cukup banyak, jadi sahabat bisa menerapkanya sebanyak 1 kali sehari saja, (boleh pagi atau malam hari).

Semoga dengan 2 langkah alami mengobati katarak pada burung kicau tadi bisa memberikan referensi sekaligus solusi terbaik bagi sahabat. Jangan lupa share ke teman-teman kicau mania yang lain bila informasi ini bermanfaat, terima kasih.

salam kicauwers

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *