10 Ciri khas Murai Batu Medan yang Harus Anda Tahu

kali ini caramerawatburung.com akan mengulas mengenai ciri khas batu medan yang harus anda ketahui. Burung memang salah satu hewan peliharaan yang sangat dieluh-eluhkan, bahkan bagi mereka burung yang mahal tidak menbuat mereka bepikir untuk mengoleksi burung. Justru burung yang mahal inilah yang paling dicari oleh pecinta burung. Salah satu jenis burung yang banyak diminati adalah murai batu. Murai Batu Medan sudah menjadi burung populer yang dari dulu selalu digilai banyak penghobi burung di Indonesia. Terlebih lagi burung yang dari keluarga Muscicapidae mempunyai salah satu bagian tubuh yang sangat khas dan paling menonjol jika dibandingan dengan jenis Murai Batu lainnya. Murai batu medan asli ini bukan kok memang memiliki habitat asli di kota medan, istilah itu sudah dipakai dimana-mana yang memang sudah dipakai sejak zaman dahulu.

Ciri khas Murai Batu Medan

Murai batu medan ini disukai karena memang memiliki suara khas dan panjang. Namun meskipun begitu burung yang satu ini ternyata tidak mudah untuk dipelihara sebab sulit dijinakkan. Nah untuk kalian yang ingin tahu dari ciri khas yang dimiliki murai batu medan super, ini ada beberapa ke khas’an dari burung yang satu ini :

Ciri khas Murai Batu Medan

  1. Mengenali jenis burung murai batu

Murai  Medan ini memiliki ciri berupa ekor yang melengkung panjang. Bila diukur, panjangnya bisa antara 27 cm sampai 30 cm. Sementara, murai batu Nias memiliki ekor yang lebih pendek, sekitar 17 sampai 20 cm.

  1. Paruh burung murai batu
Baca ini:   Burung Yang Bakal Trend Dan Banyak Dicari Tahun 2017

Murai batu yang bagus memiliki paruh berpangkal lebar, panjang, dan bentuknya lurus. Paruh lurus ini berpengaruh terhadap kualitas suara yang dihasilkan.

  1. Memiliki mata bulat besar

Ciri lain murai batu yang bagus memiliki bentuk mata yang bundar dengan tatapan yang tajam. Itu tandanya kalau burung tersebut memiliki mental juara. Dari tatapannya itu sepintas terkesan kalau burung ini ‘galak’.

  1. Bentuk tubuh proporsional

Burung ini memiliki bentuk yang proporsional. Antara ekor, kaki, dan badan terlihat serasi. Tidak terlalu dominan pada salah satu bagian.

  1. Memiliki cengkeraman kuat

Murai batu berkualitas super itu memiliki cengkeraman yang kuat. Kaki burung ini akan menjepit rapat tempat kakinya berpijak. Murai batu yang bagus itu berwarna cokelat kehitaman. Konon, warna kaki tersebut menandakan burung tersebut memiliki mental juara.

  1. Gerakannya lincah

Burung murai batu yang sehat bergerak lincah. Burung tersebut akan terbang ke sana-kemari dan enggan diam.

  1. Memiliki suara yang keras
  2. Memiliki sayap yang rapat
  3. Leher panjang

Burung murai batu bermutu baik memiliki leher panjang. Bentuk leher tersebut memengaruhi panjang suara yang dihasilkan.

Nah karena keistimewaan itulah makanya perawatan dari murai batu medan ini tidaklah mudah dan perlu perlakuah khusus. Usahakan kandang berukuran lebih besar dan lebih lebar panjang ekornya. Pada umumnya kandang yang cocok untuk digunakan memelihara Jenis Murai yang satu ini berbentuk kotak persegi panjang dengan ukuran P (90 cm) x L (90 cm) dan T (200 cm) yang terbuat dari kayu, kawat dan batu-bata. Apalagi ketika kadang tersebut untuk murai batu medan super ekor panjang. Perlu ekstra kehati-hatian dalam merawatnya.

Baca ini:   5 Jenis Burung Murai Batu Yang Ada Diindonesia

Ciri Murai Batu Medan

Berbagai kelebiha yang dimiliki oleh murai batu medan ini membuat banyak pencinta burung berlomba-lomba untuk mengoleksi dan diiikutkan dalam ajang perlombaan. Jadi tidak heran lagi ketika murai baru medan super dijual dengan harga yang sangat tinggi. Selain karena kelebihannya itu burung ini juga termasuk burung yang hampir langka. Karena habibatnya tidak sebanyak burung-burung lainnya.

Pamor dan wibawa burung murai batu medan sampai saat ini masih belum terkalahkan, selain memiliki bentuk badan relatif besar, dan suara murai ini tergolong lebih nyaring serta lebih bervariasi. Jadi tidak heran kalau burung yang satu ini mendapatkan sebutan murai batu medan gacor karena memang andalah dari burung ini adalah suara yang khas sekalai.

Namun perlu diketahui pula bahwa murai batu medan ini tidak hanya berekor panjang namun ada jenis lain dari murai batu medan ekor pendek. Murai ekor pendek ini ternyata memiliki stamina yang luar biasa dibandingkan murai ekor anjang, bahkan mampu  kali permainan berturut-turut dalam suatu perlombaan.

Tags:
    cara mengobati mb sajit t, murai skit tngorokan, obat murai sakit t,