Tips Dan Cara Memilih Burung Merpati Tinggian Yang Bagus

Thursday, December 1st, 2016 - Merpati
Advertisement

Sederhananya, jika Anda ingin memiliki burung merpati tinggian yang berkualitas bagus, Anda harus memastikan bahwa burung merpati tinggian Anda telah mendapatkan pelatihan yang cukup dan bibit yang bagus. Sudah jelas bahwa yang dimaksud dengan pelatihan disini adalah seluruh proses perawatan dan pemeliharaan yang juga bertujuan untuk mengasah kemampuan fisik serta terbang si burung. Tapi, bagaimana dengan bibit yang bagus?

Yang dimaksud dengan burung merpati tinggian dengan bibit yang bagus adalah burung yang memiliki gen berkualitas bagus. Faktor ini biasanya diciri-cirikan melalui karakter fisik tertentu yang bisa digunakan untuk membantu Anda mengidentifikasi apakah si burung merpati tinggian yang Anda incar berasal dari gen yang unggul.

tips-dan-cara-memilih-burung-merpati-tinggian-yang-bagus

Tips Dan Cara Memilih Burung Merpati Tinggian Yang Bagus

Advertisment

Dengan mengetahui ciri-ciri tersebut, anda bisa memilih burung merpati tinggian yang bagus dan juga unggul.

Bentuk Kaki Merit

Bentuk kaki merit dianggap sebagai salah satu ciri-ciri burung merpati tinggian yang bagus. Selain itu, Anda juga bisa mengamati apakah burung merpati tinggian yang ingin Anda beli tersebut memiliki kaki yang bersisik dan berukuran panjang. Tidak hanya itu, ketika kaki tersebut dipegang dan dilipat ke arah belakang badan si burung, dan dia terlihat menjorok sejajar, ciri-ciri tersebut bisa digunakan untuk memastikan apakah burung merpati tinggian yang Anda incar berkualitas bagus atau tidak.

Bentuk Ekor dan Brutu

Beralih ke bagian ekor, burung merpati tinggian yang berkualitas bagus seringkali memiliki karakter ekor yang berbulu tebal dan rapat dan juga berukuran panjang. Struktur ekor yang seperti ini dapat setidaknya menjamin bahwa si burung merpati tinggian dapat terbang dengan baik, termasuk ketika dia harus melakukan penurunan setelah menempuh jarak terbang yang jauh.

Rupanya, bentuk brutu yang dimiliki oleh burung merpati tinggian juga bisa mempengaruhi performa si burung, lebih tepatnya keseimbangan si burung merpati tinggian saat terbang. Brutu yang rapat dapat menjaga kestabilan si burung ketika dia terbang, sehingga dia tidak akan merasakan goncangan terlalu besar saat melakukan penurunan.

Bentuk Sapit Udang dan Dada

Layaknya bentuk brutu ideal yang bisa ditemukan pada tubuh merpati tinggian, bentuk sapit udang yang bagus juga dapat mempengaruhi keseimbangan si burung merpati tinggian. Namun, semakin besar ukuran sapit udang, yaitu sekitar lebih dari 1 cm, si burung merpati tinggian dapat terbang dengan lebih stabil dan tidak bergoncang.

Sedangkan bentuk dada yang ideal untuk seekor merpati tinggian adalah dada berbentuk V. Bentuk dada yang seperti ini bisa mendukung burung merpati tinggian untuk terbang lebih kencang baik ketika di atas atau di bawah ketika turun. jangan lupa baca juga artikel mengenai Jenis-jenis burung kenari

Advertisement
Tips Dan Cara Memilih Burung Merpati Tinggian Yang Bagus | admin | 4.5