Ramuan Alami Untuk Mengobati Burung Cucak Hijau Yang Sakit

Wednesday, May 3rd, 2017 - Cucak Hijau, Tips
Advertisement

Konotasi ramuan sederhana dan alami untuk mengobati burung Cucak Hijau yang sakit ini memang cukup luas. Karena memang cukup banyak hal yag bisa mengganggu kesehatan dari burung yang satu ini. Namun dengan memiliki wawasan ramuan yang aan kami hadirkan ini tentunya bisa memberikan kemudahan bagi anda. Dan pada kesempata yang indah ini, kami ingin mencoba untuk menginformasikan mengenai ramuan ramuan tersebut.

Meski memang tidak mencakup secara keseluruhan, namun dirasa bisa membantu. Pasalnya gangguan kesehatan tersebut akan sulit diatasi jika dibiarkan berlarut. Maka dari itu, tangani sedini mungkin agar burung kesayangan anda terhindar dari hal yang tidak diinginkan. Untuk itu, simak beberapa ramuan sederhana dan alami untuk mengobati burung Cucak Hijau yang sakit berikut.

ramuan-sederhana-dan-alami-untuk-mengobati-burung-cucak-hijau-yang-sakit

Ramuan Sederhana dan Alami Untuk Mengobati Burung Cucak Hijau Yang Sakit

Advertisement

Ramuan Sederhana dan Alami Untuk Mengobati Burung Cucak Hijau Yang Sakit

Kutu – Merupakan hal yang sering kita jumpai dalam hewan penakaran ataupun hewan perliharaan. Yang memang pada umumnya dikarenakan kebersihan lingkungan baik sangkar atau tempat kurang baik. Dan untuk megatasinya, cukup dengan menggunakan daun sirih (6 lembar) serta kapur sirih (1 sendok makan). Dengan cara merebusnya menggunakan air sebanyak kurang lebih 2 liter, lalu didihkan dan diamkan hingga air kembali menjadi dingin.

Kemudian mandikan burung menggunakan sprayer yang diisikan ramuan tersebut hingga kuyup. Diamkan terlebih dahulu dengan angin angin (tidak menjemurnya). Setelah terlihat sedikit mengering, semprot lagi menggunakan air bersih hingga kuyup. Lalu anginkan lagi hingga kering sempurna, namun perlu diketahui bahwa sangkarnya pun harus disterilisasi. Maka dari itu jangan dulu masukkan ke sangkar sebelumnya.

Bersihkan terlebih dahulu sangkar yang digunakan sebelumnya menggunakan ramuan lain. Gunakan rokok kretek yang menggunakan cengkeh didalamnya, rendam menggunakan air sekitar 1 liter. Rendam temakau dan cengkeh kurang lebih 1 hari penuh, yang mana keesokan harinya bisa anda gunakan sprayer untuk membersihkan sangkar tersebut. Bilas menggunakan air bersih hingga aroma tembakau hilang dari sangkar. Kemudian keringkan dan gunakan seperti biasa, lakukan hal tersebut paling lambat 2 minggu sekali.

Flu/Pilek – Kicauan burung Cucak Hijau akan terganggu jika kondisi tenggorokannya bermasalah dikernakan flu. Maka dari itu, hal ini pun harus segera di atasi, guna melancarkan pernafasannya juga. Cara nya pun mudah, cukup dengan menyiapkan 3 helai daun sirih merah, air untuk ukuran mandi burung (kurang lebih 1 liter), dan sprayer.

Cara meramunya adalah merebus daun sirih merah tersebut hingga membuat didihan air berwarna coklat. Dinginkan dan masukan dalam sprayer, dan mulailah memandikannya. Kemudian jemur burung tersebut namun jangan terlalu lama, usahakan dari jam  pagi hingga jam 10 saja. Lalu anginkan terlebih dahulu sekitar 10 menit guna mendinginkan suhu badan burung.

Setelah itu, karantinakan burung ditempat yang lebih nyaman dengan shuhu tidak terlalu dingin (32-35 derajat celcius). Lalu berikan juga miumnya menggunakan air rebusan tadi, lakukan secara rutin hingga burung sembuh.

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan di waktu yang singkat ini. tentunya masih banyak gejala dan jga penyakit yang dialami burung ini, namun waktu juga yang memisahkan. Akan tetapi kami tetap berharap, semoga ramuan sederhana dan alami untuk mengobati burung Cucak Hijau yang sakit tersebut bisa membantu. jangan lupa baca juga mengenai Jenis Burung Cendet yang ada di indonesia

Advertisement
Ramuan Alami Untuk Mengobati Burung Cucak Hijau Yang Sakit | admin | 4.5