Rahasia Ternak Kenari 100% Berhasil Bibit Bagus

Tuesday, January 19th, 2016 - Kenari
Advertisement

Cara Ternak Burung Kenari Bagi Pemula Paling Lengkap,  burung yang satu ini merupakan burung yang jinak dan habitatnya tidak ada di indonesia makanya sekarang makin banyak orang-orang berlomba lomba untuk terus beternak burung kenari ini, baik kenari loka maupun kenari luar.

beternak burung merupkan hal yang tabu karena biasanya yang diternakan bukan burung melainkan ayam dan bebek tapi ini malahan burung yang diternakan. untuk bias beternak burung kenari ini sahabat harus memiliki 1 pasang burung kenari, 1 burung jantan dan satu burung betina itu adalah syarat mutlak.hehe  pasti sahabat juga sudah tau untuk hal itu. masa jantan sama jantan bisa bertelor hehe.

tapi ketika kita akan melakukan petenakan burung kenai banyak yang gagal akibat kurangnya ilmu yang mesti dipelajari terlebih dahulu, pengalaman ketika penulis dulu ternak burung kenari, bukan dierami itu telur yang ada malahan dimakan sama induknya, ini salahsatu kesalahan yang penulis alamni, perlunya kita mengetahui ilmu untuk ternak burung kenari ini. oke dibawah ini penulis akan share tahap-demi tahap cara ternak burung kenari.

Advertisment

Gambar Cara Ternak Burung kenari

  1. harus Mengetahui Mana kenari betina mana kenari jantan. untuk mengetahuinya penulis sudah share artikelnya baca Artikel mengenai Cara membedakan Kenari betina dan jantan.
  2. Umur Kenari, sahabat harus mengetahui umur kenari yang siap untuk dikawinkan atau dijodohkan, karena kalau terlalu muda yang ada pembibitan atau penjodohan kenari itu akan gagal. idealnya umur kenari betina kisaran 6 bulan dan untuk kenari jantan kisaran umur 8 bulan. dan dalam keadaan burung btina baik jantan dalam keadaan birahi supaya proses penjodohannya cepat.
  3. Mempersipkan kandang atau sangkar untuk penjodohan burung kenari, sangar sebetulnya bisa menggunakan sangar yang biasa dipake untuk burung kenari tapi alangkah efektipnya membuat sangkar yang menempel ke tanah seperti kandang ayam pada umunya. kenapa harus seperti itu karena supaya terkontol dengan aman dan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. yang terpenting yaitu untuk menjaga kebersihan kandang buatlah kandang yang mudah untuk membersihkan kotoran burung serta sisa2 makanan yang berserakan.
  4. Proses Penjodohan, ini yang paling utama karena proses ini harus segera denangan cepat supaya burung bisa mengenal lebih dekat dan saling ada ketertarikan anatr burung kenari btina dan burung kenari jantan. untuk tahap awal burung disekat supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan kalau burung kenari sudah dekat dan sudah saling tertarik sekat dibuka dan disatukan.
  5. Proses Mengerami, ketika burung sudah berjodoh dan terjadi perkawinan burung akan bertelor dan burung betina akan mengerami telur-telurnya. perlu diperhatikan juga sebelumnya ketika burung sebentar lagi bertelur sahabat perlu memperhatikan tempat untuk burung bertelor, biasanya tempatnya sudah banyak terjual di pasar burung atau ditoko burung, tapi sebaiknya buatlah tempat burung bertelor didalam tempurung kelapa batok kelapa yang di potong menjadi 2 belahan, karena dengan tempurung batok kelapa ini burung lebih nyaman ketika mengerami telurnya. jangan lupa sahabat ketika burung kenari betina sudah tidak bertelor lagi dan sudah stay di tempat mengeraminya, pisahkan burung kenari jantan ke sangkar yang biasa.
  6.  Proses check-up burung disangkar yang sedang mengerami telur-telurnya. kontrol burung setiap hari takut ada kelainan atau ada gangguan dari hewan-hewan kecil seperti serangga dan semut. makanya disini perlu menjaga kebersihan kandang. dan jangan lupa periksa terus pakan yang tersedia dan air minum ganti setiap hari suapya lebih steril dan menjadikan burung yang sedang mengerami anaknya tetap sehat.

selesai sudah sahabat untuk postingan mengenai cara ternak kenari, semoga artikel ini bermanfaat bagi sahabat semuanya. jangan lupa terus berkunjung kesitus kesayangan sahabat ini. salam super, baca juga artikel mengenai Cara Melatih Mental Murai Batu

vitamin untuk kenari,ebod vit untuk kenari,vitamin buat kenari biar gacor,vitamin buat kenari,vitAmin buat burung kEnari,vitamin kenari,vitamin burung kenari,vitamin untuk burung kenari,vitamin gacor kenari,vitamin kenari gacor

Advertisement
Rahasia Ternak Kenari 100% Berhasil Bibit Bagus | admin | 4.5