Penyebab Burung Kenari Betina Sulit Bertelur

Thursday, January 26th, 2017 - Kenari
Advertisement

Terbilang memang cukup banyak penyebab burung Kenari betina sulit bertelur ini, yang memang bagi pemula akan sulit untuk di prediksikan. Namun tentunya antusiasme dalam menganakan burung kesayangan pun seringkali menjadi salah satu kebanggaan dalam memelihara burung ini. Dan oleh karena itu, alangkah baiknya jika anda mengetahui beberapa penyebab burung Kenari betina sulit bertelur agar bisa melakukan beberapa antisipasi dan solusi tentunya.

Terlebih lagi jika anda memang ingin terjun ke ranah ternak burung Kenari, yang notabene nya harus memiliki wawasan akan hal tersebut. Dan tidak sedikit orang yang terlalu bernafsu dan juga memiliki niat yang tinggi tanpa mengetahui akan seluk beluk burung Kenari. Maka dari itu,sangat direkomendasikan agar anda mengetahui beberapa penyebab burung Kenari betina sulit bertelur berikut.

Beberapa Penyebab burung Kenari Betina Sulit Bertelur

Penyebab Burung Kenari Betina Sulit Bertelur

Penyebab Burung Kenari Betina Sulit Bertelur

Advertisement

Belum Matang Kelamin – Hal ini bisa dikategorikan dalam 2 hal, yang mana bisa terjadi dikarenakan memang usia kenari yang belum cukup atau terlalu muda. Dan bisa juga diakibatkan perawatan yang kurang baik dan menjadikan usia yang cukup namun organ reproduksi belum sesuai dengan usia nya. Yang tentu saja penaganannya pun berbeda, jika memang belum cukup umur tentu saja anda harus lebih sabar menunggu.

Namun jika memang dikarenakan perawatan yang kurang benar dan berakibat pada terlambatnya matang kelamin burung bisa dikarenakan karena proses penjemuran yang kurang tepat. Maka solusi terbaiknya adalah lebih sering menjemur burung Kenari terebut di waktu yang tepat.

Mandul – Kemandulan memang bisa melanda mahkluk apa pun, dan tidak terkecuali burung. Namun yang perlu anda perhatikan disini adalah kemandulan bisa saja terjadi bukan karena gen atau turunan, melainkan kesalahan dalam perawatan. Umumnya, hal ini terjadi dikarenakan pemberian EF yang berlebihan. Sehingga asupan protein yan terlalu besar menimbulkan efek samping kemandulan tersebut.

Atau bisa juga dikarenakan keebihan bobot badan atau obesitas yang masih dalam konteks pemberian EF yang berlebihan. Dan umumnya hal ini terjadi dari pakan seperti kroto berlebihan, dan niger seed yang mungkin bisa mengakibatkan hal tersebut. Yang tentu saja solusinya adalah mengurangi pemberian pakan tersebut dan berharap masih bisa terselamatakan dengan memiliki keturunan.

Bulu Kloaka yang Terlalu Banyak/Lebat – Tentu saja hal ini akan bisa menjadi pengganggu dalam mereproduksi, yang mana seharusnya kloka pejantan dan betina harus bertemu secara sempurna. Dan jika ada yang menghalangi maka hal tersebut akan sulit tercapai. Maka dari itu, sangat bijak jika anda memangkas bulu bulu di area kloaka tersebut di kedua belah pihak.

Dan tentunya masih ada beberapa penyebab lainnya dalam masalah burung Kenari tidak bisa bertelur, yang salah satunya burung pejantan yang bermasalah. Namun dikesempatan ini kami lebih mengulas penyebab burung Kenari betina sulit bertelur dengan harapan bisa membantu anda semua, semoga bermanfaat. baca juga artikel mengenai cara memilih kenari anakan

cara mengobati kenari yang sulit bertelur,kenari yg saat berbunyi membuka paruhnya

Advertisement
Penyebab Burung Kenari Betina Sulit Bertelur | admin | 4.5