Mengenal Ciri-Ciri Burung Dara Yang Bagus Dan Berkualitas

Sunday, November 27th, 2016 - Merpati
Advertisement

Meski latihan diperlukan untuk meningkatkan kualitas dan performa burung merpati atau yang juga biasa disebut sebagai burung dara, namun seringkali faktor gen atau keturunan menjadi poin utama dalam menentukan apakah si burung dara memang memiliki kemampuan yang unggul. Karena itulah, Anda tidak perlu heran apabila banyak penyuka burung dara yang rela mengeluarkan dana besar untuk mendapatkan bibit yang bagus.

Apabila Anda juga merasa tertarik untuk memulai hobi unik merawat burung dara, Anda bisa mulai dengan mengenal ciri-ciri burung dara yang bagus dan berkualitas. Terdapat sejumlah ciri-ciri fisik yang bisa membantu Anda mengamati kualitas seekor burung dara, mulai dari kepala hingga ekor. Bahkan mungkin Anda juga perlu memeriksa struktur anatomi tubuh si burung di bagian dalam.

mengenal-ciri-ciri-burung-dara-yang-bagus-dan-berkualitas

Mengenal Ciri-Ciri Burung Dara Yang Bagus Dan Berkualitas

Advertisment

Kepala

Dimulai dari kepala, burung dara yang berkualitas biasanya memiliki kepala bagian depan yang sedikit menonjol alias nonong. Selanjutnya, Anda juga bisa memeriksa apakah kepala si burung memiliki derajat kemiringan sebesar 45 hingga 60 derajat, yang diukur dari pangkal hidung ke atas batok kepala.

Hal ini mungkin cukup menyulitkan bagi sebagian besar orang untuk memeriksanya. Tapi yang perlu Anda ketahui sesungguhnya adalah bahwa faktor tersebut mempengaruhi kemampuan terbang si burung dara.

Paruh dan Mata

Beralih ke bagian yang lebih kecil di kepala burung dara, yaitu paruh dan mata. Bentuk paruh yang runcing, dengan ukuran yang tidak terlalu besar dan panjang dianggap sebagai bentuk paruh yang ideal sekaligus bagus. Selain itu, burung dara yang bagus juga diciri-cirikan dengan jarak antara ujung hidung dan ujung paruh yang lebih pendek dibanding jarak antara pangkal hidung dan batok kepala paling atas.

Selanjutnya, mata yang bagus bagi seekor burung dara adalah mata dengan pupil yang berwarna hitam pekat dan responsif terhadap perubahan intensitas cahaya. Dan juga, warna mata burung dara yang terdiri dari warna kuning tua dan muda, atau merah tua dan hijau tua, atau juga merah muda dan putih menunjukkan kualitas baik dari burung dara tersebut.

Leher

Rupanya Anda juga bisa melihat kualitas gen yang bagus dari seekor burung dara melalui lehernya. Leher burung dara dengan kualitas bagus bisa diketahui dari struktur yang kuat dan kokoh, dengan ukuran yang tidak terlalu panjang, tegak dan mendongak ke atas. Bukan berarti leher dengan bentuk seperti ini akan selalu kaku. Dia akan mengendeur ketika waktunya mengendur.

Ekor

Dan yang terakhir, ekor burung dara yang berkualitas bagus terlihat rapat, tebal dan panjang. Keadaan yang seperti ini sangat berpengaruh pada kemampuan terbang yang bagus dan stabil. Untuk memastikan apakah burung dara tersebut bagus secara keseluruhan, cobalah untuk mengamati semua ciri-ciri secara menyeluruh. jangan lupa baca juga artikel mengenai supaya anis merah teler istimewa

cara memilih srindit juara,cara nemilih burung serindit yang bagus,Ciri ciri serindit mental juara,serindit juara ciri cirinya?,serindit yang bagus jantan atau betina

Advertisement
Mengenal Ciri-Ciri Burung Dara Yang Bagus Dan Berkualitas | admin | 4.5