Jenis-Jenis Burung Ciblek yang Perlu Sahabat Ketahui

Saturday, October 22nd, 2016 - Ciblek
Advertisement

Dia hidup cukup dekat dengan manusia, dan jumlahnya pun terbilang aman di habitat aslinya, tapi tidak banyak di antara kita yang mengerti benar jenis-jenis burung yang satu ini. Kita menyebutnya Ciblek atau Prenjak, sedangkan di daerah Jakarta dan Bandung, burung ini juga dinamai burung Cinenen atau Cici.

Burung Ciblek dikenal memiliki suara yang unik. Meskipun, dalam banyak kasus, suara burung Ciblek dirasa monoton, namun sebenarnya jika Anda mampu melatihnya dengan lebih keras, burung Ciblek atau Prenjak milik Anda akan dapat berkicau dengan lebih bervariasi, nyaring dan jernih. Karena itulah, tidak aneh apabila popularitas burung Ciblek semakin meningkat di kalangan kicau mania.

Banyak jenis-jeis burung Ciblek yang sudah diikutsertakan dalam kontes kicau burung. Tapi apakah Anda tahu jenis burung Ciblek apa saja yang biasanya Anda temui di alam liar atau dalam kontes burung kicau? Nah, untuk menambah wawasan Anda mengenai jenis-jenis burung Ciblek, beriku adalah beberapa di antaranya yang paling sering kita temui.

Advertisment

Ciblek Jawa

ciblek-jawa

Ciblek Jawa / Prenjak Jawa (bar-winged Prinia)

Meski burung Ciblek belum dapat dijajarkan dengan sejumlah spesies burung kicau lain yang lebih terkenal, burung Ciblek bisa sangat mumpuni untuk dijadikan burung kicau master. Salah satu jenisnya adalah burung Ciblek Jawa yang memiliki panjang rata-rata 13 cm, diukur dari kepala hingga ekor. Burung ini memiliki warna tipikal cokelat kehijau-hijauan yang tersebar secara merata pada bulu bagian atas badannya. Sedangkan pada leher dan dada terdapat warna putih, dan kuning pada perut hingga pantat.

Namun, untuk dapat lebih mudah mengidentifikasi burung Ciblek jenis ini, Anda bisa memeriksa apakah dia memiliki garis hitam putih pada ekor dan sayapnya. Burung Ciblek Jawa memiliki karakteristik tersebut. Habitat burung ini biasanya di perkebunan teh, hutan bakau, lading terbuka dan perbukitan.

Ciblek Sawah

ciblek-sawah

Ciblek Sawah / Padi / Pari (prinia inornata)

Seperti namanya, Ciblek jenis ini banyak ditemui di area persawahan. Namun, untuk karakteristik yang lebih rinci, Anda bisa mengenali burung Ciblek sawah dari ukuran ekornya yang cukup panjang dibanding jenis burung Ciblek lain. Bahkan panjang ekor ini bisa melebihi panjang tubuh burung itu sendiri.

Selain itu, Anda bisa melihat keunikan jenis Ciblek sawah ini dari warna bulu yang tidak terlalu mengkilat, sedangkan bulu pada bagian dada berwarna putih. Warna paruh burung Ciblek sawah juga biasanya lebih cerah dibanding burung Ciblek lain.

Ciblek Gunung

ciblek-gunung

Ciblek Gunung / Prenjak Gunung (prinia atrogularis)

Burung Ciblek gunung memiliki warna bulu kecoklatan dan warna hitam pada bagian ujung ekor dan paruh. Burung Ciblek jenis ini dikenal memiliki pola perilaku yang lebih lincah dibanding Ciblek jenis lain. Karena alasan tersebut, Ciblek gunung sering dipilih untuk diikutsertakan dalam kontes burung kicau.

demikian untuk postingan mengenai Jenis-jenis burung ciblek yang perlu sahabat ketahui, jangan lupa untuk baca juga artikel mengenai Tips Merawat Burung Branjangan bagi pemula

ciblek salto,gambar ciblek eurih,jenis prenjak dan suaranya,jenis jenis burung asal papua,jenis burung suara ngerol,makanan kurincang,cara merawat burung eurih,racikan pakan ciblek agar cepat gacor,Gambar ciblek erih,Cara mengobati luka pada paruh ciblek

Advertisement
Jenis-Jenis Burung Ciblek yang Perlu Sahabat Ketahui | admin | 4.5