H. Didi Rosidi-CBF Orang yang Berhasil Menangkarkan Burung murai Batu

Friday, January 29th, 2016 - Murai Batu, News
Advertisement

Ini Tips dari H. Didi Rosidi-CBF Supaya Berhasil Menangkarkan Burung Murai Batu, disadur ulang dari situs MediaBNR.com , H. Didi Rosidi adalah salahseorang yang berhasil menangkar burung murai batu di area pekarangan rumahnya. H. Didi Rosidi awal mulanya dari kecintaanya pada kicau burung dan ingin sekali mengembangkan burung murai batu tuturnya ingin mencoba peruntungan dibisnis penangkaran burung murai batu.

karena beliau sering mendengar dari teman-temanya katanya bisnis penangkaran murai batu ini merupakan bisnis yang sangat menggiurkan, dan beliau mencobanya. beliau tinggal di kampung sawah ciputat, tanggerang.dan beliau mencoba menangkar burung primadona ini tahun 2011. kata beliau beliau memilih burung murai batu untuk ditangkarkan karena burung primadona ini memiliki magnt tersendiri untuk para pecinta burung mania.

H. Didi Rosidi terkenal dengan sosok yang ramah serta sopan ini menuturkan kunci sukses menangkar burung murai batu itu adalah yaitu ketekunan tanpa ketekunan sesuatu juga tidak akan berjalan dengan lancar dan berhasil. sebetulnya sahabat juga pasti mengetahui pepatah yang mengatakan ketekunan mengalahkan kepintaran. begitupula ketika H. Didi Rosidi mencoba peruntungan di penangkaran burung murai ini.

Advertisment

beliau belajar menangkarkan burung murai batu ini dengan cara ortodidak learning by doing sehingga beilau menemukan keslahan serta problem yang bisa dipecahkan sampai saat ini beliau terus berinovasi dan berekperiment. karena kata beliau pengalaman adalah guru yang sangat berharga dan tak ternilai harganya.

tutur beliau kandang burung untuk penangkaran burung murai tidak perlu terlalu besar cukup 1,5 X 2 meter dan tinggi 3,5 meter, dengan penutup dari kawat ram berukuran 1 cm.  kata beliau dengan ukuran kandang penangkaran sebesar ini sangat baik sekali malah bisa jadi kandang SNI Penangkaran burung.

Penangkaran murai batu

dan tidak kalah pentingnya lagi yaitu kebersihan kandang burung, bersihkan kandang burung 2 kali sehari supaya terbebas dari kuman-kuman,bakteri yang menempel dikandang burung. dan beliau juga mengatakan lokasi penangkaran harus jauh dari keramaian, agar proses penjodohan, bertelur, dan pengeraman bisa berjalan dengan lancar.

H. Didi menyampaikan, kalau pakan yang dipakai untuk burung yang ditangkarkan di tempatnya senantiasa memakai pakan yang mutunya telah tak diragukan lagi. Lantas sebagai pakan penambahan atau extra fooding (EF) diusahakan jangkrik alam serta kroto fresh, yang pemberiannya mesti sesuai dengan keadaan burung, “karena pemberian pakan tidak selamanya sama pada burung yang bertelur dengan yang belum bertelur, ” tuturnya.

Memulai dengan memboyong indukan trah juara serta beli sebagian burung juara di lomba, yaitu satu diantara kiatnya dalam menangkar. Dengan maksud serta maksudnya yaitu membuahkan anakan yang berkwalitas bagus serta bernilai jual tinggi. Murai yang ditangkarkan menurut H. Didi begitu produktif, dalam kurun saat setahun bisa bertelur sejumlah 8 kali, serta setiap kali bertelur sekurang-kurangnya membuahkan dua butir. Sampai sekarang ini anakan yang sudah keluar dari kandang CBF telah meraih 50 anakan, yang anakannya saat ini telah menebar di kelompok beberapa rekannya di jejaring social. Maklum saja hasil tangkaran Ring CBF ini diburu beberapa penggemar murai batu, lantaran indukannya mempunyai kwalitas yang ciamik trah juara lomba. “Bahkan kadang-kadang kicaumania mesti ikhlas menanti terlebih dulu, lantaran persediaan anakan yang terbatas, ”

itulah sahabat postingan mengenai kiat-kiat Menangkarkan Burung murai Batu yang dilakukan oleh H. Didi Rosidi-CBF. semoga artikel ini bisa menjadi pemicu para pecinta burung untuk terus membudidayakan burung-burungnya. demikian yang bisa sampaikan oleh penulis. jangan lupa baca juga arikel mengenai Tips Merawat Burung Kolibri Ninja

ciri ciri serindit yang bagus,sangkar kawat ram,hj didi cbf murai

Advertisement
H. Didi Rosidi-CBF Orang yang Berhasil Menangkarkan Burung murai Batu | admin | 4.5