Cara Ternak Burung Lovebird Untuk Pemula Pasti Berhasil

Thursday, October 27th, 2016 - LoveBird
Advertisement

Burung Lovebird merupakan salah satu spesies burung kicau yang sedang digandrungi banyak sekali kicau mania. Pesonanya terletak pada warna bulu yang begitu beragam dan menawan. Mungkin beberapa dari Anda bertanya-tanya mengapa burung ini diberi nama Lovebird, atau dalam bahasa Indonesia disebut sebagai burung cinta. Nah, apa yang membuatnya disebut sebagai burung cinta?

Lovebird disebut demikian karena sifatnya yang monogamy alias dalam masa hidupnya, dia hanya akan memiliki satu pasangan. Meski demikian, tidak menutup kemungkinan bahwa Lovebird bisa hidup berpoligami. Hal ini biasa terjadi apabila Lovebird sengaja dibudidayakan oleh para breeder atau peternak. Poligami ini dianggap mampu meningkatkan kualitas keturunan yang dihasilkan.

Berbicara tentang breeder, apakah Anda berminat untuk menjadi salah satu breeder Lovebird? Perlu diketahui bahwa saat ini pasaran Lovebird sangatlah menjanjikan. Banyaknya permintaan terhadap Lovebird membuat banyak orang memutuskan untuk memulai beternak Lovebird yang mungkin tidak begitu mudah, namun juga tidak begitu sulit.

Advertisment

Berikut merupakan cara ternak burung Lovebird untuk pemula yang bisa menjamin keberhasilan Anda.

cara-ternak-burung-lovebird-untuk-pemula-pasti-berhasil

Cara Ternak Burung Lovebird Untuk Pemula Pasti Berhasil

Persiapan Sangkar

Sangkar merupakan elemen yang sangat penting dalam proses beternak Lovebird, dan juga burung kicau lainnya. Sangkar ideal untuk Lovebird adalah yang berukuran 50x50x50 cm yang dilengkapi dengan kotak kayu berukuran 25x20x25 cm sebagai tempat bertelur. Tidak lupa, beberapa batang kayu perlu dipasang sebagai tempat bertengger Lovebird.

Perhatikan Bibit Lovebird

Bibit berkualitas unggul tentu merupakan faktor penting dalam upaya beternak Lovebird. Nah, lalu bagaimana bibit unggul yang dimaksud? Disebutkan bahwa pemilihan bibit Lovebird ini mempertimbangkan keinginan Anda terhadap kualitas keturunan yang nantinya dihasilkan. Misalnya, Anda ingin memperoleh keturunan Lovebird yang berbulu indah, maka Anda bisa mencari Lovebird betina yang memiliki corak warna bulu yang indah.

Selain itu, perlu diperhatikan bahwa usia ideal Lovebird untuk dikawinkan adalah 8 bulan untuk si jantan dan 1 tahun untuk si betina. Lovebird jantan cenderung memiliki tubuh lebih kecil daripada Lovebird betina, yang nantinya akan menghasilkan telur sehingga seringkali tulang panggulnya lebih besar. Jika Anda merasa kesulitan dalam membedakan Lovebird jantan dan betina, Anda bisa meminta bantuan breeder yang sudah lebih berpengalaman.

Perhatikan Waktu Perjodohan

Masa ini merupakan masa dimana Anda mendekatkan si jantan dan si betina dengan cara mendekatkan sarangnya. Untuk hasil yang lebih baik, Anda harus memperhatikan masa birahi burung supaya masa perjodohan sekaligus perkawinan lebih efektif. Masa birahi Lovebird biasanya ditandai dengan kicauan yang lebih nyaring dari biasanya. Selain itu, si jantan akan menunjukkan perilaku yang lebih agresif pada masa ini. demikian untuk postingan kali ini semoga bermanfaat. jangan lupa baca juga artikel mengenai Jenis-Jenis Burung Ciblek yang harus diketahui

prediksi burung populer di tahun 2017,jenis warna burung lovebird,eggfood untuk lovebird,prediksi tahun2017 burung apa yang mahal,setelan lovebird jantan,Info lovebird thn 2017,ternak lovebird 2016,obat lovebirt serak,kira kira harga love bird tahun 2017 bagaimana,manfaat air gula buat labet

Advertisement
Cara Ternak Burung Lovebird Untuk Pemula Pasti Berhasil | admin | 4.5