Cara Paling mudah Membedakan Ciblek Jantan dan Ciblek Betina

Tuesday, November 15th, 2016 - Ciblek
Advertisement

Sejumlah orang mengenalnya sebagai burung Prenjak, ketika kicau mania lain lebih suka menggunakan nama Ciblek untuk menyebut spesies burung kicau yang berasal dari golongan suku Cisticolidae ini. Mungkin Anda tidak begitu tertarik untuk mengetahui asal-usul atau detail ilmiah dari si burung, tapi bagaimana dengan kicauannya yang merdu itu?

Tidak dapat diragukan lagi, burung ini memiliki daya tarik yang istimewa pada bunyi kicauannya. Bahkan banyak kicau mania menjadikan Ciblek burung masteran. Tidak sulit untuk membedakan Ciblek dari burung kicau lainnya. Ciri-ciri yang paling kentara adalah adanya 2 garis putih yang terdapat pada kedua sisi sayap burung.

Dengan segala keistimewaanya, rasanya tidak mengherankan apabila banyak penggemar burung Ciblek yang juga ingin membudidayakan spesies burung ini. Tapi, tentunya untuk dapat melangsungkan rencana itu, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu tentang cara membedakan Ciblek jantan dan betina.

Advertisment
cara-paling-mudah-membedakan-ciblek-jantan-dan-ciblek-betina

Cara Paling mudah Membedakan Ciblek Jantan dan Ciblek Betina

Ciblek Kebun

Terdapat setidaknya dua jenis Ciblek yang dapat kita temui di Indonesia; Ciblek kebun merupakan salah satunya. Jika Anda ingin mengetahui apakah Ciblek yang Anda miliki atau ingin beli tersebut jantan atau betina, terlebih dahulu pastikan apakah si burung berasal dari jenis Ciblek kebun. Jika benar, maka kemungkinan besar dia akan memiliki ciri-ciri seperti berikut ini.

Ciblek kebun jantan memiliki kaki yang berukuran lebih besar dibanding si betina dengan corak kuku yang juga lebih hitam dan gelap dibanding betina. Selain itu, Ciblek kebun jantan juga memiliki ukuran kepala yang relatif lebih besar dibanding Ciblek kebun betina.

Jika Anda mampu memperhatikannya secara lebih detil, Ciblek kebun jantan tidak memiliki alis berwarna putih di bagian atas kedua matanya, sedangkan si betina memilikinya. Dan juga, warna bulu Ciblek kebun jantan lebih gelap dibanding Ciblek kebun betina yang mana warna bulunya terlihat lebih pucat, tanpa adanya bulu yang mencuat keluar di bagian belakang kepalanya.

Ciblek Gunung

Jenis Ciblek yang kedua adalah Ciblek gunung. Seperti namanya, Ciblek ini banyak ditemukan di daerah pegunungan. Jika Anda tertarik untuk menjadi breeder Ciblek gunung, pastikan bahwa Anda sudah mengantongi cukup referensi mengenai perbedaan jenis kelamin, jantan dan betina, pada Ciblek gunung yang Anda ingin budidayakan.

Tidak jauh berbeda dari Ciblek kebun, Ciblek gunung jantan juga memiliki kaki yang berukuran lebih besar dari ukuran kaki si betina. Jika kaki Ciblek gunung jantan berwarana kecoklatan, Ciblek gunung betina berwarna lebih cerah dengan corak kemerahan hingga merah muda.

Warna bulu Ciblek gunung jantan lebih mengkilap dibanding milik si betina yang lebih pucat. Selain itu, seperti pada perbandingan ukuran kaki, ukuran kepala Ciblek gunung jantan juga lebih besar dibanding ukuran kepala si betina. Jika Anda perhatikan dengan lebih teliti, Ciblek gunung jantan memiliki warna bulu yang lebih terang pada bagian tenggorokan dibanding warna bulu Ciblek gunung betina. demikian untuk postingan kali ini, jangan lupa baca juga artikel mengenai Tips Perawatan Murai Supaya Juara

jenis burung ciblek eurih,makanan ciblek erih,suara burung cikblek eurih,cara agar ciblek cepat bukpar,cara ampuh ciblek buka paruh,Cblek eurih jantan dan betina,donload suara burung ciblek erih,cara ciblek buka paruh,cara merawat burung pleci dan ciblek,cilek eurih mp3

Advertisement
Cara Paling mudah Membedakan Ciblek Jantan dan Ciblek Betina | admin | 4.5