Cara Merawat Dan Melatih Merpati Tinggian Yang Baik Dan Benar

Wednesday, November 30th, 2016 - Merpati
Advertisement

Sebenarnya burung merpati, baik itu merpati tinggian, kolongan atau hias, tidak memerlukan perawatan spesifik dari pemiliknya untuk bisa bertahan hidup dan berkembang biak dengan sehat dan baik. Namun, bukan berarti Anda bisa dengan leluasa membiarkan burung merpati peliharaan Anda mencari makananannya atau membersihkan kandangnya sendiri, apalagi jenis burung merpati tinggian.

Burung merpati tinggian adalah jenis burung merpati yang biasa dimanfaatkan untuk mengikuti perlombaan balap burung merpati. Meski burung merpati jenis ini tidak jauh berbeda dari merpati jenis lainnya, Anda perlu melakukan perawatan dan pelatihan dengan baik dan benar supaya menuai hasil yang diinginkan. Hal tersebut tidak lain adalah kualitas burung merpati yang bagus dan unggul sehingga dia bisa memiliki kesempatan besar untuk memenangkan perlombaan.

Nah, bagi Anda yang baru saja memulai hobi merawat burung merpati tinggian, berikut adalah cara merawat dan melatih merpati tinggian yang baik dan benar.

Advertisment
cara-merawat-dan-melatih-merpati-tinggian-yang-baik-dan-benar

Cara Merawat Dan Melatih Merpati Tinggian Yang Baik Dan Benar

Memberikan Asupan Gizi Yang Sesuai

Layaknya makhluk hidup lain, termasuk manusia, untuk dapat hidup, tumbuh dan berkembang dengan sehat dan normal, burung merpati tinggian memerlukan asupan gizi yang cukup dan tepat. Bukan hanya memberinya makanan yang cukup dalam segi kuantitas, tapi juga cukup dari segi kualitas yang berarti bahwa makanan tersebut harus bernutrisi.

Pakan yang baik untuk merpati tinggian adalah jagung, beras merah dan kacang hijau yang bisa diberikan satu sampai dua kali dalam sehari. Misalnya, Anda bisa memberikan makanan ini pada pagi dan sore hari setiap hari secara rutin. Selain itu, berikan pula minuman yang cukup yang bisa ditambahkan vitamin ke dalamnya untuk menunjang kesehatan simerpati tinggian.

Memaksimalkan Performa Dengan Jamu

Banyak penghobi burung merpati tinggian telah mengaplikasikan cara tradisional ini untuk memaksimalkan performa merpati tinggian milik mereka. Cara tersebut adalah dengan memberikan racikan jamu kepada si burung merpati dengan tujuan si burung merpati dapat berkembang dengan stamina yang lebih kuat dan performa yang lebih bagus.

Racikan jamu ini bisa diberikan kepada merpati tinggian setiap kali pada masa cabutan telur dan juga pada malam hari sebelum merpati tinggian mendapatkan pelatihan dari Anda keesokan harinya.

Menjaga Kebersihan Kandang

Meski hal ini sudah pasti harus dilakukan oleh para penyuka merpati tinggian, banyak dari kita yang mungkin masih luput dalam melakukan perawatan ini dengan benar. Ukuran kandang merupakan suatu hal yang harus diukur dengan benar. Jika kandang terlalu sempit bagi merpati tinggian untuk beristirahat ataupun bertelur, maka hal tersebut bisa mempengaruhi tingkat produktivitas si burung.

Kandang merpati tinggian bisa dibersihkan setidaknya satu kali seminggu atau setiap cabutan telur. Hal ini tentu saja untuk menghindarkan burung merpati dari penyakit. jangan lupa baca juga artikel mengenai Jenis-jenis burung jalak

Advertisement
Cara Merawat Dan Melatih Merpati Tinggian Yang Baik Dan Benar | admin | 4.5